Breaking News

16 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh


Jeruk Nipis tumbuh dan tersebar di Asia Dan Amerika Tengah, dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon ini dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. 

Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. 

Buah ini digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.

Berikut 16 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh.

1. Meningkatkan Imunitas

Banyak sekali kita temui suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Nah, jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami dari vitamin C. 

Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dalam kondisi apapun, akan tetap bugar.

Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang biasa disebut dengan pH merupakan hal penting karena merupakan faktor penentu apakah tubuh sehat ataupun sakit. 

Air jeruk nipis juga bisa mengganti cairan tubuh yang berkurang saat kita tidur malam, sehingga tubuh tidak mudah terserang flu.

Semua jenis jeruk mengandung vitamin C tinggi dan terbukti sebagai sumber terbaik vitamin C. Terutama jeruk nipis karena bisa berfungsi sebagai anti-inflammatory yang membantu tubuh untuk meregenerasi sel sehingga bisa sembuh lebih cepat.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Jeruk Nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet agar berat badan terjaga, minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari agar berat badan ideal Anda terjaga. 

Jeruk nipis dipercaya membuat tubuh Anda lebih langsing. Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. 

Sudah ada banyak sekali orang yang memaksimalkan manfaat jeruk nipis untuk diet dikarenakan kandungan asamnya. Anda bisa mengonsumsi air jeruk nipis untuk diet ini pada pagi hari ataupun waktu lainnya.

3. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Jeruk nipis mengandung magnesium dan potasium tinggi, sehingga jika kamu rutin mengonsumsi air jeruk nipis maka sistem otakmu akan berfungsi maksimal.

Jeruk nipis juga membantu mencegah dehidrasi sehingga kamu akan mampu fokus lebih baik lagi karena kamu memiliki energi yang cukup.

4. Menghilangkan Bau Badan, Ketiak Dan Panu

Manfaat jeruk nipis tidak hanya dirasakan untuk kesehatan tetapi juga berguna untuk menunjang penampilan yaitu mengatasi bau badan.

Caranya :
1. Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian
2. Olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis
3. Setelah itu, oleskan ke ketiak setelah mandi
4. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan cara ini setiap pagi dan sore.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika Anda mengaplikasikan deodoran pada ketika Anda. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

Flavonoid adalah antioksidan yang kuat. Senyawa ini terdapat pada jeruk nipis. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C.

Dalam mengaplikasikannya sebagai cara untuk menghilangkan panu, Anda perlu untuk mencampur jeruk nipis dengan belerang.

Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya zat keratolitik.

Caranya :
1. 1 sdm air perasan jeruk nipis
2. 1 sdm belerang ditumbuk halus
3. Campurkan hingga keduanya menjadi krim
4. Oleskan pada panu
5. Diamkan sampai mongering
6. Lalu bersihkan dengan air hangat

5. Meyehatkan Pencernaan

Air jeruk nipis hangat setiap pagi akan membantu sistem diuretikmu kembali normal. Karena jeruk nipis membantu tubuhmu untuk mengeluarkan racun dari hati melalui enzim detoksifikasi yang ada dalam hati. 

Air jeruk nipis akan membantu organ hati lebih aktif di pagi hari sehingga pencernaan juga akan semakin baik. 

Jeruk nipis mempunyai aroma yang bisa membuat mulut anda menghasilkan air liur lebih banyak. Hal ini juga memberikan manfaat jeruk nipis yang lainnya, yakni untuk pencernaan anda. 

Asam alami yang ada pada jeruk nipis, akan memecah molekul makro yang ada pada makanan, dimana pada akhirnya akan sangat membantu pencernaan dalam tubuh anda. 

6. Menyehatkan ginjal

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal. 

Caranya :
1. Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok the
2. 1 buah jeruk nipis
3. Segelas air panas
4. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
5. Konsumsilah secara rutin

Manfaat jeruk nipis ternyata juga bisa dirasakan oleh organ dalam tubuh, salah satunya adalah ginjal. Dua buah air perasan jeruk nipis dicampur dengan 2 gelas air hangat dapat Anda minum setelah makan. Lakukan cara ini selama 10 hari.
7. Mencegah Penyakit Jantung 

Serat larut yang terkandung dalam jeruk nipis bisa membantu orang dengan masalah diabetes, juga tentunya akan membantu menjaga kadar gula yang ada pada darah. 

Dengan itu maka tekanan darah juga akan menjadi rendah dan menghilangkan kolesterol buruk yang bisa muncul di dalam tubuh. 

Serat ini akan membuang kemungkinan peradangan pada darah sehingga bisa mencegah terjadinya gangguan pada jantung seperti serangan jantung dan lain sebagainya.

Caranya :
1. Belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya
2. Tambahkan 1 gelas air hangat
3. Minum di pagi hari saat baru bangun tidur dan malam hari sebelum tidur
4. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh anda segera berkurang.

Teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

8. Mencegah Kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar. 

Karena mengandung antioksidan, maka jeruk nipis akan mencegah penuaan dini dan mengurangi resiko tubuhmu dalam memproduksi sel kanker. 

Jeruk nipis juga berperan sebagai penetralisir yang membantu tubuh menyeimbangkan kadar asam yang biasanya mempengaruhi pertumbuhan sel kanker. 

9. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Jeruk nipis juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Sediakan 30 lembar daun jeruk nipis lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis.

Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut. Air saringannya dapat diminum 3 kali sehari. Agar manfaat tambahan dapat dirasakan tambahkan madu di didalamnya. 

10. Menurunkan Diabetes 

Penyakit satu ini memang sudah cukup sering ditemukan, terlebih bagi orang Indonesia yang sebagian besar masih belum terlalu peduli dengan keadaan gula di dalam tubuh mereka. 

Menurut American Diabetes Associatin, jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang paling super untuk diabetes.

Kandungan serat baik yang cukup tinggi pada jeruk nipis akan sangat membantu dalam mengatur tubuh dalam urusan penyerapan makanan. 

Akan tetapi, mengkonsumsi jeruk nipis juga haruslah bijaksana, karena jika terlalu dikonsumsi setiap hari, maka dapat menimbulkan efek samping yaitu gangguan pada lambung.

11. Untuk Perawatan Tubuh

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. 

Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami. 

Caranya :
1. Peras 1 buah jeruk nipi
2. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah
3. Diamkan beberapa menit
4. Cuci muka dengan air bersih

Selain mencerahkan wajah, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara mengencangkan wajah yang alami. Caranya pun sama dengan yang sudah dijelaskan diatas.

Sifat antibiotik jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurnya dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

Bagi Anda yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, Anda bisa mengaplikasikan jeruk nipis unuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.

Manfaat lainnya adalah untuk membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam dengan cara kerja yang sama pada poin di atas.

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan.

Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe. 

Anda tidak perlu lagi membuang uang untuk membeli produk kecantikan hanya demi tampil dengan alis tebal dan bulu mata tebal. Anda cukup menggunakan jeruk nipis untuk mendapatkan alis dan bulu mata tebal dan panjang yang alami.

12. Mengobati Penyakit Mulut

Anti bakteri pada jeruk nipis akan membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak. Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang.

Untuk Gusi Bengkak Caranya :
1. Peras 2 buah jeruk nipis
2. Campurkan dengan segelas air hangat
3. Lalu gunakan untuk berkumur.

Untuk sakit gigi Caranya :
1. Sediakan air jeruk nipis
2. Gilingan akar kecubung hitam
3. Gilingan legetan warak
4. Campurkan masing-masing 1 sendok makan
5. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata
6. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring.
7. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang.
8. Lakukan cara ini 4-6 kali sehari.

Selain itu, jeruk nipis juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning. Untuk mengatasinya bisa dilakukan secara rutin.

Caranya :
1. Peras 1 buah jeruk nipis
2. Masukkan dalam segelas air hangat
3. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.
4. Atau : Siapkan 1 sdm air perasan jeruk nipis, sejumput garam, campur hingga berbentuk pasta, oleskan pada gigi.

13. Mengobati Asam Urat

Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi. 

Salah satu penyebab utama datangnya radang sendi ialah asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Sebenarnya, asam urat merupakan salah satu limbah kencing yang normalnya akan membersihkan tubuh. 

Namun jika terlalu banyak, malah bisa menimbulkan masalah seperti ini. Anda juga bisa memaksimalkan manfaat jeruk nipis yang satu ini, dimana jeruk nipis bisa berperan sebagai pelarut, sehingga jumlah eliminasi pada urine juga akan meningkat.

14. Mengobati Demam Atau Flu

Saat tubuh mengalami demam atau flu, obat alami yang bisa kita coba adalah menggunakan jeruk nipis. Hal ini biasanya cukup efektif untuk bisa membuat demam lebih cepat turun. Karena konsentrasi vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis yang bisa menurunkan suhu tubuh secara alami.

Caranya :
1. Peras satu buah jeruk nipis
2. Tambahkan 3 siung bawah merah yang telah dilumatkan
3. Tambahkan juga 1 sendok minyak kelapa
4. Oleskan ramuan ini pada kening penderita.

Jika memang demamnya sudah terasa cukup tinggi, ada baiknya untuk memberikan air jeruk nipis atau lemon pada orang yang sedang sakit tersebut.

15. Menyembuhkan Penyakit Tenggorokan

Masalah radang tenggorokan, dapat menggangu proses pernapasan dan dan gangguan sistem pencernaan maupun kesulitan dalam menelan makanan.

Caranya :
1. Peras 1 buah jeruk nipis
2. Tambahkan 3 sdm madu
3. Minum 2 kali sehari, sekali minum 2 sdm.

Untuk Amandel Caranya :
1. Ambil 3 buah jeruk nipis
2. Potong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas hingga airnya tersisa 3/4.
3. Setelah itu saring air rebusan dan gunakanlah untuk berkumur.
4. Lakukan hal ini 3-4 kali sehari.

Untuk Batuk Caranya :
1. Ambil satu buah jeruk nipis
2. Kemudian diperas
3. Campur dengan satu sendok madu dan sedikit garam
4. Aduk hingga rata lalu saring air campuran jeruk nipis itu
5. Anda bisa meminumnya 2-3 kali sehari.
6. Atau potong satu buah jeruk nipis
7. Kemudian rebus dengan air yang cukup banyak
8. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas
9. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata
10. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

16. Mengobati Ambeien

Banyak orang mengira bahwa manfaat jeruk nipis hanya terdapat daging buahnya saja, padahal akarnya juga menyimpan manfaat. 

Caranya :
1. Ambil akar jeruk nipis sekitar 10 gram.
2. Rebus dengan air 1 liter selama 30 menit.
3. Saring airnya lalu langsung diminum hangat 3 kali sehari. 

Ada juga cara biasa yang dilakukan untuk menghilangkan ambeien secara sederhana yaitu dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan air hangat. Anda bisa menambahkan sedikit gula agar rasanya tidak terlalu kecut.

Minum sebelum tidur malam setiap hari. Hal ini dapat segera menghilangkan ambeien dalam waktu 3 sampai 7 hari.


Sumber Referensi :
Source: https://jempolkaki.com/manfaat-jeruk-nipis/
Disalin dari http://jempolkaki.com/