Breaking News

Posisi Bermain Sepak Bola


Pada dasarnya, satu tim pemain sepak bola berjumlah 11 orang yang terdiri dari 1 orang penjaga gawang, 2-4 orang pemain bertahan, 2-5 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang.

Sedangkan untuk pemain cadangan biasanya diizinkan 3 orang per pertandingan atau lebih tergantung ajang kompetisi lainnya.

Penggantian pemain bilamana biasanya dilakukan pada babak kedua atau saat pemain cedera, pemain sudah tidak efektif maupun apabila ada perubahan strategi tertentu oleh pelatih.

Pemain yang telah diganti tidak diizinkan terlibat lebih lanjut dalam pertandingan. Berikut Posisi Bermain Sepak Bola.

Kiper/Penjaga Gawang


Kiper adalah satu-satunya pemain yang diizinkan untuk bermain bola dengan tangan atau lengan mereka, asalkan mereka melakukannya dalam area penalty sendiri. Berbagai posisi selain kiper yang ditempatkan oleh pelatih, tidak diatur secara khusus.

Kiper tidak diharuskan selalu di area penalti, mereka diperbolehkan bermain di mana saja di lapangan, dan adalah sebuah hal yang biasa, jika mereka bertindak sebagai bek tambahan, di waktu-waktu tertentu permainan. Tanggung jawab taktis kiper meliputi: 

1. Untuk menjaga gawang secara fisik dan menghalangi tembakan percobaan dengan menggunakan setiap bagian dari tubuh mereka. Kiper diizinkan untuk memainkan bola di manapun di lapangan, tetapi ia tidak dapat menangani bola menggunakan tangannya di luar area penalti. 

2. Untuk mengambil tendangan bebas dan tendangan gawang dari jauh ke dalam wilayah mereka sendiri.

3. Untuk mengatur bek tim ketik bermain defensif seperti tendangan bebas dan tendangan sudut. Dalam hal tendangan bebas, ini termasuk memilih jumlah pemain penghadang.

Bek/Penahan Serangan


Bek atau pertahan belakang adalah jenis pemain dalam sepak bola yang berposisi di belakang para gelandang. Bertugas membantu pertahanan tim bersama sang penjaga gawang.

Para bek umumnya bertubuh besar dan tegap, dan biasanya juga tinggi, meski ada pula beberapa bek bertubuh pendek. Semua bek harus pandai dalam melakukan tekel dan perlu mempunyai keahlian penguasaan bola yang cukup. Jenis dan tugas bek sebagai berikut.  

1. Bek Tengah

Juga dikenal sebagai stoper. Tugas utamanya adalah menghentikan pemain lawan untuk mendekati gawang dan mencetak gol diposisi tengah lapangan dan membuang bola dari area penalti.

2. Libero

Lebih bebas daripada bek tengah, domana Libero dapat berkeliaran di seluruh area pertahanan, bahkan juga turut menyerang. Posisi ini merupakan peran vital pada sistem Grendel.

3. Bek Sisi

Memiliki tugas seperti bek tengah, namun berada diposisi sisi pertahanan (kanan dan kiri). Pada era modern, posisi ini juga berperan dalam penyerangan yang tumpang tindih dengan posisi sisi di depannya.

Gelandang/Pemberi Umpan


Gelandang adalah pemain tengah dalam pertandingan sepak bola, yang berada di antara pemain penyerang dan bek. Fungsi utama mereka adalah mendapatkan dan menjaga penguasaan bola, serta memberikan bola kepada para penyerang.

Namun ada juga gelandang yang tugasnya lebih bertahan, dan ada pula yang posisinya hampir seperti seorang penyerang.

Seorang gelandang mempunyai tugas-tugas yang penting: menerima bola yang ditujukan ke depan, bertahan atau melakukan tekel (tackle) terhadap pemain lawan, mencetak atau membantu menciptakan sebuah gol, sehingga mereka sering dianggap sebagai anggota terpenting dalam sebuah tim.

Para gelandang biasanya menghabiskan paling banyak tenaga dalam suatu pertandingan, karena jarak yang mereka tempuh dalam suatu lapangan. Berikut jenis dan tugas gelandang.

1. Gelandang Serang

Adalah pemain yang bertugas membantu penyerangan, tugas utamanya untuk mendukung para penyerang dengan umpan-umpan jitu. Gelandang serang merupakan motor serangan tim dan diharapkan mempunyai teknik tinggi untuk mendukung tugasnya.

2. Gelandang Bertahan

Adalah pemain yang berposisi di depan pemain belakang untuk mendukung lini pertahanan dengan cara, menahan laju bola di lapangan tengah maupun menjaga pemain lawan sehingga lawan tidak leluasa menyerang.

3. Gelandang Sayap

Merupakan pemain gelandang yang memainkan peran disisi lapangan. Biasanya menyisiri sisi lapangan dan memberi umpan silang pada penyerang.

4. Playmaker

Adalah pengatur permainan dalam tim, yang lebih sering mengatur alur serangan.

Striker/Penyerang


Striker atau penyerang merupakan posisi pemain depan (Forward) dalam sebuah tim sepak bola. Tugas utama seorang penyerang adalah mencetak gol, dapat juga menjadi pembuka ruang penyerangan untuk pemain lainnya. 

Penyerang juga sering disebut sebagai target-man atau goal-getter. Penyerang dapat dikategorikan menjadi 4 jenis, yaitu :

1. Penyerang Bayangan

Berada tepat di belakang penyerang murni. Tugas penyerang bayangan sedikit lebih rumit, karena selain menerima umpan dari pemain di belakang, juga terkadang harus memberi umpan terhadap pemain didepannya (penyerang murni). Penyerang bayangan lebih mengutamakan teknik.

2. Penyerang Sayap

Berada di sebelah kanan/kiri penyerang utama. Penyerang sayap biasanya memberikan umpan lambung ataupun umpang silang untuk penyerang utama.

3. Penyerang Tengah

Biasanya kita temui pada formasi 3-4-3, sehingga terdapat tiga penyerang sekaligus. Penyerang tengah memiliki tugas melakukan penetrasi dan menerima umpan dari penyerang samping kanan/kiri untuk kemudian mencetak gol. 

Bisa juga tugas mencetak gol itu diselesaikan oleh penyerang sayap kanan/kiri sehingga penyerang tengah bertugas menjadi pembuka ruang tendangan ke arah gawang (shooting).

4. Penyerang Tunggal

Adalah pencetak gol dan satu-satunya pemain target umpan dalam kerja sama tim dalam upaya menyerang.


Sumber Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola
https://perpustakaan.id/tag/sepakbola/