Breaking News

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi Tubuh

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi Tubuh

Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan.

Penelitian dibidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit.

Gaya hidup masa kini yang serba instan, kadangkala membuat kita sulit memilih nitrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut 12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi Tubuh.


1. Daging #12


12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhDaging adalah salah satu bahan makanan yang umum bagi masyarakat diberbagai kalangan. Selain memiliki rasa yang nikmat, daging juga bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan sesuai dengan selera.

Olahan daging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti untuk menjaga metabolisme tubuh, menjamin sistem imun tubuh dan membantu tumbuh kembang badan.

Inilah kenapa banyak produk makanan bayi berbahan dasar daging. Bahkan juga, beberapa jenis daging dapat mencegah munculnya penyakit kronis seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.

Tapi dari semua fungsi daging secara umum, manfaat daging yang utama adalah sebagai sumber tenaga terbaik bagi tubuh manusia.

2. Anggur #11

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhAnggur atau juga populer disebut dalam bahasa Inggris wine adalah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi anggur. Karena adanya keseimbangan kimia alami, anggur dapat berfermentasi tanpa tambahan gula, asam, enzim, air atau nutrisi lainnya.

Dalam proses fermentasi, ragi akan mengkonsumsi kandungan gula dari anggur dan mengubahnya menjadi etanol serta karbon dioksida.Wine telah diproduksi selama ribuan tahun, terbukti dengan ditemukan sebuah kendi wine berumur 8000 tahun di Georgia.

Walaupun sepanjang sejarah menyatakan bahwa wine dikonsumsi sebagai minuman untuk memabukkan, tapi sebenarnya adalah efek samping dari mengkonsumsi wine secara berlebihan.

Wine adalah suatu jenis nutrisi alami yang termasuk dalam salah satu nutrisi serba manfaat. Mulai dari penyembuhan penyakit kronis, penuaan bahkan juga sebagai bahan kuliner.

Wine memiliki kadar alkohol yang berbeda dari minuman beralkohol kebanyakan, karena berasal dari fermentasi buah murni, sehingga membutuhkan proses yang lama untuk membuat seseorang menjadi mabuk.

Dikarenakan wine memiliki serat yang sangat tinggi dibanding nutrisi yang lain, maka manfaat yang utama wine bagi tubuh ialah memperbaiki gangguan sistem pencernaan.

3. Sayuran #10

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhZaman dulu, sayur menjadi salah satu sumber makanan pokok, karena berada disekitar manusia sehingga mudah diperoleh sebagai konsumsi.

Sayuran kaya akan vitamin, mineral dan serat, yang semuanya penting untuk diet sehat. Penelitian juga menunjukkan bahwa, semakin banyak makan sayuran, maka semakin besar kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit.

Kandungan berbagai nutrisi dan manfaat antioksidan yang tinggi dalam sayuran mampu menangkal bahaya radikal bebas, sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Makan Sayuran adalah sebuah keharusan sebagai salah satu bahan pokok yang perlu dan penting dikonsumsi tubuh disamping produk hewani.

Tubuh juga memerlukan banyak protein dan asam lemak, dan ini yang banyak ditemukan dari sumber hewan. Dengan begitu, tubuh memiliki keseimbangan untuk melaksanakan fungsinya dengan baik.

4. Buah #9

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhBuah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium).

Buah terdiri dari dua sifat, yaitu buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan yang digolongkan sebagai bahan rempah-rempah dan buah dalam pengertian botani adalah bersifat buah yang sejatiya dapat dikonsumsi secaa langsung.

Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri, karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid.

Manfaat buah-buahan untuk dikonsumsi setiap hari sangat banyak dan beragam tergantung jenis buah itu sendiri, karena setiap buah mengandung nutrisi yang berbeda-beda.

Buah merupakan salah satu makanan yang menyehatkan bagi tubuh dalam siklus makanan. Mudah didapat dengan harga variatif.

Walaupun buah memiliki berbagai kasiat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, namun secara umum, buah memiliki kasiat sebagai penyeimbang gizi dalam tubuh.

5. Jeruk Nipis #8

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhJeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) adalah jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di asia dan amerika tengah dan dikenal juga sebagai jeruk pecel.

Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C, minyak atsiri dan asam sitrat. Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jeruk nipis mempunyai banyak sekali kasiat seperti untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.

Jeruk nipis juga umum digunakan sebagai pembersih organ pencernaan dan terbukti ampuh mengobati sembelit dan diare. Begitu banyak fungsi dan manfaat dari jeruk nipis, namun kasiat utama dari jeruk nipis adalah mencegah dan menghentikan peradangan seperti radang tenggorokan, batuk, amandel dan efektif membersihkan organ dalam tubuh seperti system pernapasan dari radikal bebas.

6. Roti #7

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhRoti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi. Tapi ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu.

Roti termasuk makanan pokok di banyak negara barat. Dalam beberapa budaya, roti dipandang sangat penting sehingga menjadi bagian ritual keagamaan.

Penelitian menunjukkan 100 gram roti bisa memberikan lebih banyak energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan besi dibandingkan 100 gram nasi putih.

Kandungan roti yang benar-benar bermanfaat bagi tubuh adalah jenis roti gandum tidak beragi atau roti tawar tanpa bahan pemanis tambahan.

Selain sebagai penambah tenaga, roti gandum juga mengandung protein dan vitamin melimpah yang dapat meningkatkan ketajaman otak. Itu sebabnya, roti gandum dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengoptimalkan perkembangan otak bayi.

7. Ikan #6

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhIkan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.

Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inch). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai ikan, seperti I gurita atau cumi, lobster dan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.

Sampai saat ini, ikan pada umumnya dikonsumsi secara langsung, namun Ikan dapat juga diolah menjadi berbagai produk industri seperti sarden, maupun produk buatan seperti ikan kering, dendeng ikan, abon ikan dan ikan asin

Selain untuk konsumsi, ikan memiliki nutrisi alami yang tidak diproduksi tubuh manusia. Minyak yang terkandung dalam jaringan organ ikan, mengandung 2 omega-e PUFAs yang sangat penting yaitu asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). DHA dan EPA atau disebut juga omega-3 yang adalah asam lemak tak jenuh ganda atau PUFA.

Minyak ikan terbaik berasal dari lemak cold water fish (ikan air dingin)seperti salmon liar. Namun, beberapa jenis ikan laut juga terbilang kaya nutrisi seperti ikan putih, herring, ikan teri, sarden, tuna, salmon, dan makarel.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri merekomendasikan mengonsumsi minyak ikan sebanyak 250–500 mg setiap harinya untuk menjaga kesehatan.

Mengonsumsi ikan bukanlah tren semata melainkan terbukti membawa manfaat bagi kesehatan. Omega-3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau dalam bentuk suplemen minyak ikan yang banyak diproduksi.

Rutin mengkonsumsi ikan terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.

8. Minyak zaitun #5

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhMinyak zaitun atau minyak olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania

Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Minyaknya dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak.

Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan, karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Yang dapat diminum atau dikonsumsi adalah jenis extra virgin olive oil, dikonsumsi setiap hari sekitar 1-2 sendok makan. Ada yang menyarankan mengonsumsinya pagi hari sebelum beraktivitas dan ada pula yang menganjurkan meminum minyak zaitun sebelum tidur.

Manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi menyak zaitun yang utama adalah dapat meregenerasi jaringan dan organ tubuh, karena mengandung omega-3, omega-6, vitamin E, dan vitamin K yang dapat memperbaiki sel-sel organ tubuh manusia. Itu sebabnya minyak zaitun sangat cocok digunakan untuk bahan kosmetik dan kecantikan.

9. Kacang-Kacangan #4

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhKacang adalah istilah non-botani yang biasa dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan. Pengertian kacang tidak sama dengan nut dalam bahasa Inggris, namun lebih dekat dengan pengertian pulse ditambah dengan kedelai, kacang tanah dan sejumlah sayuran legum (kacang panjang).

Kacang biasanya mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi, sehingga dianggap sebagai bahan pangan yang penting. Kacang tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Kacang kini digemari masyarakat dunia dalam produk makanan ringan, bahan selai roti hingga menjadi campuran bumbu masakan.

Manfaat mengkonsumsi kacang itu sendiri sangat banyak sekali untuk kesehatan, namun lebih dianggap sebagai bahan kuliner dibandingkan obat-obatan. Sama halnya dengan beberapa jenis nutrisi yang sudah disebutkan diatas, kacang memberi manfaat sangat besar untuk kesehatan tubuh khususnya saat proses kehamilan.

Hal itu dikarenakan nutrisi alami yang terkandung dalam kacang-kacangan dapat mencukupi semua jenis kebutuhan ibu saat proses kehamilan. Kacang mengandung lemak tak jenuh yang memberi protein lebih saat kehamilan, juga kandungan asam float yang membantu tumbuh kembang si kecil.

Kandungan biovlafonoid, vitamin B2 dan B3, dapat memperlancar aliran darah, memicu aktivitas daya ingat dan menjaga fungsi kognitif pada otak. Wanita hamil yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius hingga 70%. Untuk itu, kacang sangat dianjurkan untuk ibu hamil selama proses keamilan.

10. Telur #3

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhTelur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa. Akan tetapi telur yang lebih kecil seperti telur ikan, kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar).

Telur menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Sudah menjadi bahan makanan penting yang dibutuhkan sehari-hari.

Jenis nutrisi yang terkandung didalam telur adalah vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam telur, maka tak heran bahwa telur merupakan bahan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Kadang-kadang juga digunakan untuk kecantikan sebagai bahan kosmetik.

Juga sebagai sumber energi alami yang umum menjadi bahan makanan pada saat akivitas berat seperti atletik.Tapi, dari semua manfaat telur yang diketahui sejauh ini, telur memiliki satu manfaat utama bagi manusia yaitu untuk kesuburan baik pria maupun wanita.

Protein yang melimpah dan Vitamin B yang ditemukan didalam telur membantu pembentukan hormone sex. Jadi Pasangan yang mempunyai program kehamilan, perlu mengkonsumsi telur secara teratur.

11. Madu #2

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhMadu adalah cairan yang menyerupai sirup, kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.

Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula namun bukan gula.

Manfaat madu sangat banyak sekali, selain untuk kesehatan, madu juga bermanfaat untuk berbagai penyakit dan keluhan lain yang berkaitan dengan tubuh manusia.

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik dan salah satu benda cair yang sangat ajaib dan sangat hebat bagi kesehatan tubuh. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang didalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6%.

Karena begitu melimpahnya nutrisi dalam madu, sehingga madu sering digunakan sebagai produk obat-obatan untuk penyembuhan penyakit kronis mematikan seperti, penyakit jantung, kolesterol, diabetel, menurunkan tekanan darah tinggi, stoke, ginjal dan segala jenis kanker pada umumnya.

Kasiat madu sudah teruji sejak dahulu kala. Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa.
 
12. Susu #1

12 Bahan Nutrisi Alami Yang Wajib Bagi TubuhSusu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat.

Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos.

Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc. Pendapat lain menambahkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu.

Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini adalah agar orang tertarik untuk membeli dan meminum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.

Sejarah sudah digunakan dari zaman dahulu kala dan menjadi nutrisi pokok bagi manusia yang baru lahir kedunia ini jauh sebelum perkembangan ilmu pengetahuan kedokteran. Itu sebabnya susu merupakan nutrisi nomor satu diantara segala nutrisi alamai yang ada didunia.