Breaking News

11 Manfaat Daging Bagi Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Daging Bagi Kesehatan Tubuh


Ada dua jenis daging yang kita kenal yaitu daging merah dan daging putih. Daging merah mengandung lebih banyak serat otot sempit yang cenderung beroperasi dalam waktu lama tanpa istirahat. Contoh : Sapi, Kambing, kuda, domba, dan babi.

Daging putih mengandung serat yang lebih luas, yang cenderung bekerja secara singkat semburan cepat. Contoh : Ayam, Kalkun, ikan (ada beberapa ikan memiliki daging merah seperti salmon).

Manfaat utama daging adalah sumber energi untuk melakukan aktivitas. Akan tetapi, dagng juga mempunya manfaat khusus bagi kesehatan. Berikut ini, 11 Manfaat Daging Bagi Kesehatan Tubuh.


1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daging sapi yang selanjutnya yaitu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Dimana protein yang terkandung pada daging sapi merupakan suatu senyawa yang sangat berperan penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut.

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Salah satu manfaat daging sapi yang diburu oleh para orang tua adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Kandungan daging merah terbaik sangat bagus untuk membantu tumbuh kembang anak.

Beberapa kandungan daging sapi yang bagus untuk menutrisi otak anak tersebut diantaranya asam lemak omega 3, protein, dan juga omega 6. Dengan berbagai zat penting tersebut maka kemampuan kognitif anak akan terus meningkat secara efektif.

Meningkatkan kecerdasan otak merupakan salah satu khasiat daging sapi yang terbaik untuk masa tumbuh kembang anak.

3. Sebagai Sumber Energy

Daging merah sebagai sumber energy ideal bagi tubuh. Dalam setiap 100 gr daging sapi memberikan sekitar 250 kkal energi. Hal ini menjadi jumlah energi yang cukup, sehingga kebutuhan harian tubuh dapat terpenuhi dengan sempurna, di samping sumber karbohidrat.

Daging babi juga mengandung lemak yang cukup tinggi, yang baik bagi tubuh, karena tubuh membutuhkan lemak yang cukup untuk kemudian dirubah menjadi energi.

4. Menambah Massa Otot

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kandungan protein pada daging merah turut berperan dalam menambah massa otot, menguatkan sekaligus mengencangkan.

Para atlet binaragawan biasanya menyertakan olahan daging sebagai menu harian mereka. Oleh karena itu, bagi yang sedang membentuk tubuh agar menjadi lebih berotot, maka baik untuk mengonsumsi daging ini.

5. Meningkatkan Produksi Sperma

Manfaat daging merah untuk membantu meningkatkan produksi sperma sudah banyak dikenal sejak dahulu. Sperma yang dihasilkan setelah mengkonsumsi daging sapi dengan kandungan nutrisi tinggi lebih aktif dan lebih berkualitas.

6. Menjaga Kesehatan Kulit


Manfaat daging sapi yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan daging ini memiliki berbagai kandungan mineral, vitamin, serta protein yang berperan penting untuk meregenerasi sel kulit, sehingga kesehatan kulit dapat tetap terjaga.

Sedangkan daging bebek dapat melembabkan kulit, karena kandungan lemaknya dan mencegah anemia karena sarat akan kandungan zat besi serta membantu menghangatkan tubuh.

7. Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh

Nutrisi dan gizi penting di dalam daging merah bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang berburu daging sapi sebagai menu harian, meskipun harganya lumayan mahal.

Berbagai nutrisi yang terkandung didalam daging sapi ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Mencegah Obesitas

Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging sapi sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai pengganti diet. Daging merah memiliki kandungan nutrisi penting dan bagus untuk mendukung program diet.

Kandungan ini seimbang dengan rendahnya lemak dalam daging merah. Daging merah sangat bagus, karena setiap asupan yang kita makan akan diambil untuk membangun massa otot.

9. Mencegah Anemia

Daging merah mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi merupakan salah satu penyusun utama dari sel darah merah. Jika produksi sel darah merah dalam tubuh meningkat maka kebutuhan darah dalam tubuh dapat tercukupi.

Dengan demikian tubuh kita akan terhindar dari resiko kekurangan sel darah merah atau yang biasa disebut dengan istilah anemia.

Kandungan zat besi yang terdapat dalam daging sapi merupakan salah satu struktur penyusun utama sel-sel darah merah. Produksi sel darah merah pun dapat meningkat dan mampu mencukupi kebutuhan tubuh.

Dapat mencegah dari penyakit kekurangan darah merah atau anemia. Daging babi juga mengandung natrium yang cukup tinggi dan dan dapat menaikkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita darah rendah.

10. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat kekurangan kadar insulin dalam tubuh yang bermanfaat untuk merombak gula darah.

Dengan mengkonsumsi olahan daging merah secara rutin, dan sesuai aturan maka tubuh akan terhindar dari resiko penyakit diabetes.

11. Mencegah Serangan Stroke

Salah satu akibat terjadinya serangan stroke adalah sel-sel syaraf yang tidak mendapatkan cukup banyak asupan oksigen dari pembuluh darah kapiler.

Daging merah mengandung asam lemak jenuh yang bermanfaat untuk melancarkan sistem sirkulasi darah. Namun daging merah ini harus diolah dengan cara yang benar, agar mendapatkan hasil yang benar.

Cara pengolahan daging merah yang tepat bisa dengan direbus ataupun dipanggang. Kandungan asam lemak jenuh dalam daging sapi dapat memperlancar sistem sirkulasi darah.

Beberapa jenis daging, ada juga yang harus diwaspadai jika seseorang memiliki kelainan atau penyakit. Seperti Daging kambing menyebabkan darah tinggi + kolesterol, daging sapi,cumi-cumi, udang dan kepiting juga menyebabkan kolesterol dan beberap alergi.

Intinya, semua yang kurang itu tidak baik, juga yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Daging memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, asalkan digunakan sewajarnya.