Breaking News

13 Manfaat Anggur Bagi Kesehatan Tubuh


Anggur dibuat melalui fermentasi gula yang ada di dalam buah anggur. Ada beberapa jenis minuman anggur yaitu, Red Wine, White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine, dan Fortified Wine.

Red wine merupakan salah satu jenis minuman yang saat ini memang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Red wine sendiri merupakan hasil fermentasi dari anggur merah, yang diolah sedemikian rupa. Lalu kemudian disimpan dalam waktu tertentu sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan red win yang kita kenal hingga saat ini.

Biasanya, semakin lama dan juga semakin baik penyimpanan dan juga proses fermentasi dari red wine, maka akan semakin baik pula dan semakin lezat pula rasa dari red wine tersebut .

Tapi juga tergantung seberapa baik metode penyimpanan dan juga fermentasi yang dilakukan oleh pabrik pengolahan red wine itu sendiri. Berikut 13 Manfaat Anggur Bagi Kesehatan Tubuh.

13. Mencegah Stroke

Manfaat minum red wine berarti juga dapat mencegah dan meminimalisir kemungkinan serangan stroke pada tubuh kita.

Hal ini disebabkan karena memang kandungan alami dari red wine itu sendiri dapat membantu memperlancar peredaran darah, yang kemudian mencegah terjadinya serangan stroke.

12. Anti Kanker

Dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi pada anggur, maka hal ini tentu saja akan sangat baik bagi tubuh dalam mencegah munculnya penyakit kanker.

Minum red wine dapat membantu mencegah dan mengurangi resiko munculnya penyakit kanker, yang merupakan salah sat penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

11. Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiology menemukan bahwa, minum satu gelas anggur merah bisa setara dengan satu jam latihan.

Senyawa resveratrol alami yang ditemukan dalam anggur merah sebenarnya bisa mengganti kinerja olahraga.

10. Menyegarkan Napas

Anggur merah bisa berfungsi sebagai obat kumur, karena flavan-3 yang terkandung dalam red wine ini bisa mengurangi "bakteri jahat" yang ada di mulut Anda.

Bagi anda yang sedang mengalami sakit batuk dan juga radang pada tenggorokan anda, cobalah untuk minum red wine.

Kandungan anti bakteri pada red wine dapat membantu membunuh bakteri dan juga kuman pada tenggorokan, serta dapat membantu melegakan tenggorokan.

9. Atasi Alergi

Beberapa jenis anggur/wine benar-benar bisa membantu meringankan gejala alergi. Red wine juga merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki kandungan anti bakteri.

Dengan adanya akndungan anti bakteri ini, red wine dapat membantu untuk mencegah dan juga menangkal berbagai macam penyakit.

Terutama yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri dan kuman, seperti influenza dan juga penyakit batuk, serta penyakit ringan lainnya.

 8. Mencegah Penyakit Jantung

Anggur mengandung antioksidan dan bisa membantu mencegah penyakit jantung. Minum satu gelas anggur sehari bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung dengan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat).

Minum segelas red wine setiap hari juga bisa membantu mencegah pembekuan darah. Hal ini dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Red wine dapat membantu memperlancar peredaran darah, sehingga dapat membuat suplai dan aliran darah menjadi tidak terhambat, juga berbagai macam gangguan pada organ jantung.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat

Jantung yang sehat dan kolesterol baik berjalan beriringan. Bagi anda yang menderita diabetes, jangan khawatir.

Red wine aman untuk anda yang menderita diabetes, karena dapat membantu mengontrol kadar gula daarah di dalam tubuh anda.

Dengan kadar gula yang rendah, serta kalori yang tidak tinggi, red wine mampu untuk menjaga berat badan tubuh anda dan juga dapat membantu untuk mencegah serta mengendalikan obesitas yang anda alami.

Red wine memiliki kandungan yang bernama flavonoid. Senyawa flavonoid ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh untuk membunuh dan menghilangkan berbagai kolestrol jahat di dalam tubuh, sehingga minum red wine sangat baik untuk anda yang memilki penyakti kolestrol.

6. Mempertajam Memori

Karena anggur membantu mencegah pembekuan darah dan mengurangi peradangan pembuluh darah, maka minuman yang satu ini juga membantu mempertahankan ingatan kita.

Dementia dan jag Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang bersifat degenaeratif atau penyakti yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Dengan minum red wine, kita dapat terhindar dari resiko munculnya penyakit ini.

5. Untuk Imunitas

Menurut sebuah penelitian di Inggris, mereka yang minum segelas anggur sehari mengurangi risiko infeksi sebesar 11 persen.

Ini karena flavan-3 dalam anggur membantu menangkal bakteri helicobacter pylori yang menyebabkan gastritis, bisul dan kanker perut.

Hanya setengah gelas juga bisa mencegah keracunan makanan yang disebabkan oleh kuman seperti salmonella.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat minum red wine sudah terkenal sejak dulu sebagai salah satu minuman yang tinggi dan juga kaya akan antioksidan.

Fungsi terpenting dari antioksidan adalah menangkal radikal bebas sehingga tidak masuk ke dalam tubuh.

Salah satu efek dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh adalah dapat menimbulkan penuaan dini dan juga mempercepat proses aging.

Sehingga, dengan minum red wine, kita otomatis dapat terhindar dan juga dapat mencegah munculnya proses aging dan juga penuaan pada tubuh.

3. Membangun Tulang Yang Kuat

Telah ditemukan bahwa rata-rata wanita yang minum segelas red wine tampaknya memiliki massa tulang lebih tinggi.

Alasannya?, alkohol meningkatkan kadar estrogen yang memperlambat penghancuran tubuh dari tulang yang menua.

Red wine juga sangat baik untuk membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium pada tubuh kita. Ini berarti dapat membantu tulang menjadi lebih kuat dan juga dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang menyerang tulang, seperti osteoporosis dan juga pengapuran tulang.

2. Menghilangkan Insomnia Dan Stres

Minum red wine dapat bermanfaat untuk menghilangkan stress. Hal in disebabkan oleh kandungan alami dari red wine yang mampu membuat syaraf-syaraf menjadi lebih rileks dan menjadi lebih tenang.

Hal ini dapat membantu anda untuk menghilangkan stress dan juga depresi atau tekanan yang berlebihan yang anda alami.

Bagi yang sedang merasa kesal dan marah akan suatu hal, anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi red wine. Dengan minum red wine, maka kondisi modd anda yang tidak stabil, akan menjadi lebih stabil.

Anggur dapat mengendalikan diri serta mood anda dengan baik lagi yang juga dapat terhindar dari kondisi insomnia.

Red wine mampu untuk memberikan efek relaksasi bagi tubuh kita, sehingga membuat kita menjadi lebih cepat tidur.

1. Kesehatan pencernaan

Anggur, yang merupakan bahan dasar pembuatan red wine memilki serat yang tinggi, begitu pun dengan red wine.

Red wine merupakan salah satu minuman yang kaya akan serat, sehingga dengan meminum red wine, dapat menjaga kesehatan pencernaan serta dapat membantu anda mencegah munculnya berbagai macam gangguan pencernaan seperti sembelit dan juga diare.

Itulah beberapa manfaat red wine bagi tubuh kita. Meskipun memiliki berbagai macam manfaat, namun perlu diingat tidak baik minum red wine dalam jumlah yang berlebihan.

Hal ini malahan akan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian.