Breaking News

10 Manfaat Sayur Bagi Kesehatan Tubuh


Sayuran dan buah-buahan sama, mereka rendah lemak namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. Semua jenis sayuran, seperti sayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta – karoten, vitamin B – kompleks, vitamin C, vitamin A , dan vitamin K. 

Berikut 10 Manfaat Sayur  Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi Penuaan Dini

Memakan sayuran berwarna – merah, oranye, kuning, dan hijau tua – maka Anda akan memasok berbagai macam vitamin penting bagi tubuh, terutama A , B , C dan K , serta mineral. Dengan demikian, sirkulasi darah akan mencapai tingkatan yang maksimal, dan sel-sel tubuh akan menjadi lebih sehat. 

Dengan demikian kulit kita akan menjadi bersih, mata cerah, rambut mengkilap dan gigi yang kuat. Tampak segar dan cantik/gagah dan awet muda adalah hasil akhirnya, sebagai kebalikan dari tampak pucat, lemah, tua dan sakit-sakitan.

Kandungan berbagai nutrisi dalam sayuran dapat membantu menutrisi kulit sehingga lebih sehat, lebih halus dan cerah alami, salah satunya  bayam yang kaya akan zat besi dan mineral penting yang mampu menjaga kesehatan kulit.

Kandungan nutrisi vitamin C dalam sayuran dapat membantu merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Seperti  yang kita ketahui  manfaat kolagen  dapat membantu peremajaan kulit , menghilangkan garis halus dan tanda-tanda penuaan, kulit lebih kenyal dan kencang. 

Banyak sayuran mengandung air 85% sampai 95%, yang membantu melembabkan kulit dan mengurangi keriput. Dan fitonutrien yang ditemukan di semua sayuran dapat mencegah penuaan dini dengan mencegah kerusakan sel dari stres, matahari, polusi dan racun lingkungan lainnya. 

Bayam kaya akan vitamin A yang dapat menjadi antioksidan untuk kulit. Antioksidan ini dapat membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat dan memperbaiki dari kerusakan sehingga dapat menghambat penuaan. 

Konsumsi bayam ini sangat disarankan saat kulit banyak berhadapan dengan radikal bebas dari makanan atau polusi udara. Radikal bebas ini dapat menghancurkan sel dan mempercepat proses penuaan.

2. Menyehatkan Otak Dan Mata

Otak membutuhkan makanan sebagai nutrisi meningkatkan kinerja dan energi otak, salah satu asupan makanan yang dibutuhkan otak adalah sayuran seperti seledri, kemangi, bawang putih, cabe, dan lainnya, kandungan nutrisi dalam sayuran dapat membantu meningkatkan konsentrasi, meningkatkan mood baik sehingga lebih bahagia, mencagah kerusakan saraf, membantu komunikasi sel-sel otak, membantu proses berfikir, merangsang perkembangan otak. 

Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.

Mengkonsumsi sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya kesehatan  mata, kandungan vitamin A dalam sayuran   wortel.  

Manfaat wortel untuk mata memang sudah terbukti dapat membantu menjaga kesehatan mata. Berlama-lama di depan layar monitor baik itu smartphone, laptop maupun televisi dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mata.  

Sayuran seperti wortel, alpukat, blueberry, bayam dan brokoli memberikan nutrisi untuk mata anda sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit seperti katarak, rabun dan lain sebagainya.

Bayam sangat tinggi akan kandungan beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa sehat. Selain itu, mengkonsumi bayam secara rutin juga dapat mencegah peradangan dan iritasi mata.

3. Mencegah Dan Mengurangi Stres Berlebihan

Dengan kandungan nutrisinya, Sayuran dapat menstimulasi berbagai jenis hormon dan kelenjar di dalam tubuh kita sehingga merangsang mood anda untuk selalu merasa senang dan bahagia.
Sayuran dan buah-buahan yang dapat mencegah stres antara lain; ubi, sayurah hijau, tomat, cer, labu, jamur, paprika, buncis, kacang merah, bit, pisang dll. 

Protein yang terkandung dalam bayam juga dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, menyisipkan bayam dalam menu sehari-hari juga akan membuat perut tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

4. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan berbagai nutrisi dan manfaat antioksidan yang tinggi dalam sayuran mampu menangkal bahaya  radikal bebas yang akan masuk kedalam tubuh, sehingga daya  tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. 

Polusi yang tinggi,  radikal bebas, dan sisa-sisa makanan menumpuk didalam tubuh sehingga menjadi racun yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, racun tersebut harus dikeluarkan atau disebut detoksifikasi dengan manfaat detoksifikasi tubuh akan lebih sehat. 

Proses detoksifikasi dapat dilakukan secara alami dengan cara mengkonsumsi banyak sayuran seperti bawang putih, kecambah brokoli, seledri, bawang merah, kubis dan lainnya zat-zat dalam sayuran tersebut dapat melawan racun-racun dan dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. 

Mengkonsumsi sayuran adalah cara terbaik untuk menghilangkan efek polusi di dalam tubuh kita yang memang secara alami menetralisir racun dalam organ dalam melalui proses yang dinamakan detoksifikasi.Nah, untuk membuat proses ini bisa berjalan sempurna, selain dengan tidur yang sempurna 7-8 jam sehari dan banyak minum air putih juga dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Namun sayuran juga harus dilindungi dari pencemaran itu sendiri untuk memberikan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita, contohnya mencuci sayuran sebelum di konsumsi untuk menghindari zat-zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di bagian luar sayuran dan buah-buahan. 

Sayuran, buah-buahan dan jenis makanan lain terbaik untuk detoksifikasi adalah; selada air, kubis, bawang putih, brokoli, jahe, rumput laut, kunyit, serai, lemon, rumput laut dan jeruk bali.

5. Mencegah Kelebihan Berat Badan

Mayoritas jenis sayuran yang ada adalah sangat rendah lemak dan kalori. Daftar panjang sayuran yang mengandung kalori rendah kurang dari 20 per 100 g, adalah seperti blonceng, pare, kubis, sawi, terong, bayam, labu,  dll. 

Penelitian menunjukkan bahwa makan-makanan yang rendah kalori, namun kaya nutrisi akan membantu tubuh tetap fit dan bebas penyakit. 

Jadi lebih banyak makan sayuran akan membuat Anda tetap sehat, sementara mencegah dari obesitas. Jika ingin menyingkirkan masalah berat badan atau kamu sedang menjalani program diet, sangat dianjurkan  mengkonsumsi banyak sayuran selain buah-buahan. 

Karena sayuran dan buah-buahan kaya sumber serat yang bebas lemak dan rendah kalori, sehingga dapat membantu mengatasi masalah obesitas. 

Sayuran untuk diet terbaik adalah tomat, brokoli, wortel, ubi jalar, terong, bawang, ubi jalar, bayam, paprika.

6. Untuk Sistem Pencernaan

Sayuran banyak mengandung serat larut dan serat tidak larut. Zat yang disebut dengan serat ini berguna untuk menyerap kelebihan air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran, dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh.

Dengan demikian, asupan serat yang cukup menawarkan perlindungan dari  wasir, kanker usus besar, sembelit kronis, dan fisura. 

Sayuran dikenal memiliki kandungan yang kaya akan serat alami yang berfungsi untuk menyehatkan pencernaan, mempermudah proses pembuangan kotoran sehingga membantu metabolisme tubuh yang membantu penyerapan nutrisi lebih maksimal. 

Buang air besar atau BAB adalah proses pembuangan sisa-sisa makanan yang telah diserap tubuh, namun adakalanya proses ini terhambat karena faktor gaya hidup dan sebagainya. 

Untuk mengatasi masalah seperti ini sayuran dan buah-buahan berguna untuk memberikan asupan serat pada organ pencernaan kita.

Sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi antara lain; bayam, kubis, wortel, pepaya, kacang-kacangan dll.

7. Mengurangi Infeksi Dan Peradangan

Kandungan zat sulfur dalam kecambah atau tauge, dapat membantu meminimalkan infeksi dan peradangan. Bayam memiliki zat antiinflamasi yang cukup tinggi. 

Zat tersebut berperan untuk mencegah dan juga mengobati peradangan akibat kuman dan bakteri. Mengkonsumsinya secara rutin juga dapat mencegah munculnya atheroklerosis, penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri.

8. Mencegah Kelahiran Bayi Cacat

Sayuran juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan Ibu selama masa kehamilan dan juga mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat, asam folat sayuran memberikan sumber zat besi terbaik seperti yang terkandung dalam kacang-kacangan dan sereal.

Singkatnya adalah, ketika seorang Ibu diet sayuran sehat selama masa kehamilan maka sama dengan membantu kesehatan janin, nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil diantaranya Vitamin B12, asam lemak omega 3 , vitamin D dan asam folat. 

Sedangkan sayuran dan buah-buahan dengan kandungan asam folat tinggi antara lain; bayam, brokoli, selada, seledri, lobak, bunga kol, kubis, kecambah, paprika hijau, jeruk, tomat, pepaya. 

Untuk membuat janin sehat anda bisa kombinasikan asupan gizi dengan makanan yang mengandung nutrisi lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya (vitamin B12, asam lemak omega 3 , vitamin D).

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kolesterol jahat (LDL) dapat menimbulkan resiko terkena penyakit kronis seperti jantung koroner, yang terjadi karena  tersumbat nya aliran darah karena plak-plak kolesterol jahat yang menempel pada dinding pembuluh darah. 

Sayuran merupakan makanan yang dapat menangkal kolesterol jahat karena  mempunyai  nutrisi yang lengkap seperti kandungan likopen yang dapat menurunkan kolesterol secara alami.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker  merupakan penyakit yang ditakuti, karena banyak nya penderita kanker yang tidak terselamatkan, sel-sel kanker menggerogoti penderitanya dan mudah menyebar ke organ tubuh lain.

Sebetulnya penyakit kanker dapat dicegah dengan menjaga pola hidup sehat,  terutama menjaga pola makan, dengan banyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak nutrisi seperti terong ungu, kemangi, kubis, bawang putih, kunyit, tomat, bayam, wortel, jahe, paprika, manfaat sayur-sayuran tersebut dapat mencegah sel-sel  kanker,  agar terhindar dari penyakit menakutkan tersebut.

Penyakit serangan jantung dan kanker bisa dikatakan sebagai dua penyakit mematikan di dunia, selain disebabkan pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini dapat disebabkan juga oleh beban kerja yang terlalu berat.

Sayuran terbaik untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker adalah lobak, labu dan jamur, bisa juga paprika merah dan bayam yang berguna untuk melemahkan benih kanker dalam tubuh seseorang.