Breaking News

10 Kendaraan Taktis Tempur Terkuat


Untuk keperluan militer, sebuah negara tidak akan segan-segan mengeluarkan anggaran besar. Meski hanya untuk sebuah kendaraan yang kuat dan mampu mendukung setiap aktivitas dimedan tempur, maupun untuk kepentingan pertahanan dan keamanan.

 Salah satunya, adalah kendaraan taktis. Dimana jenis kendaraan ini sengaja didesign dan diperuntukan untuk keperluan angkutan militer disegala medan.

Karena kendaraan ini terbilang sangat kuat dan tangguh, sehingga banyak juga diadopsi sebagai kendaraan sipil, baik untuk keperluan security, pribadi maupun dalam suatu ajang perlombaan seperti Relli. Berikut ini, 10 Kendaraan Taktis Tempur Terkuat yang pernah diciptakan.

10. Humvee HMMWV – AM General


Humvee HMMWV
dikenal sebagai kendaraan Multiguna dengan Mobilitas Tinggi, penggerak empat roda, truk militer dan kendaraan utilitas yang diproduksi oleh AM General.

Humvee digunakan secara luas dalam Perang Teluk 1991, di mana digunakan untuk menavigasi medan gurun yang berbahaya.  Penggunaannya, membantu menginspirasi versi Hummer yang digunakan untuk sipil. 

Kendaraan ini sebagian besar telah menggantikan peran  jip asli, dan lainnya seperti jip M151 era Perang Vietnam, M561 "Gama Goat", versi ambulans M718A1 dan M792 mereka, Kendaraan Kargo Utilitas Komersial (CUCV), dan truk ringan lainnya. 

Terutama digunakan oleh militer Amerika Serikat, juga digunakan oleh banyak negara dan organisasi lain. Humvee digunakan secara luas dalam Perang Teluk 1991, di mana ia menavigasi medan gurun yang berbahaya.

Design Humvee HMMWV dirancang terutama untuk personel dan transportasi kargo ringan di belakang garis depan, bukan sebagai kendaraan tempur garis depan. Seperti jip sebelumnya, HMMWV dasar tidak memiliki perlindungan terhadap ancaman kimia, biologis, radiologis, atau nuklir. 

Namun, kemampuan bertahan kendaraan ini, memungkinkan sebagian besar kru bisa kembali ke tempat aman jika dalam kondisi kritis dimedan tempur. 

Meskipun dengan begitu banyak modifikasi, HMMWV tidak pernah dirancang untuk menawarkan perlindungan terhadap tembakan senjata kecil yang intens, apalagi senapan mesin dan granat berpeluncur roket. 

Mesin Humvee HMMWV menggunakan mesin V8, diesel 6,2 atau 6,5 liter yang dipasangkan dengan transmisi otomatis tiga atau empat kecepatan. 

Model yang sebanding saat ini, M1097A2, memiliki berat hanya 700 lbs. lebih banyak tetapi dapat membawa hampir dua kali lipat muatan (GVW 10.300 lbs). 

Model M1113 Expanded Capacity Vehicle (ECV) produksi saat ini memiliki muatan 5.100 lbs. M1113 memiliki diesel 6,5 liter V-8 turbocharged. 

Harga Humvee HMMWV per unitnya adalah $ 220.000,- USD, atau setara RP. 3.240.000.000,-.

9. Knight XV - Conquest Vehicles


Knight XV
diresmikan oleh Conquest Vehicle pada tahun 2008 di Speciality Equipment Market Association (SEMA), Las Vegas Nevada. 

XV adalah singkatan dari "Kendaraan Ekstrim". Kendaraan ini membutuhkan waktu sekitar 4.000 jam untuk dibangun di fasilitas produksi di Toronto, Ontario, Kanada.

Design Knight XV adalah design kendaraan penakluk dari William Maizlin, seorang eksekutif yang mengkhususkan diri dalam industri kendaraan lapis baja. 

Ia melakukan konversi kendaraan berdasarkan desain militer menjadi kendaraan sipil lapis baja mewah dan pada tahun 2008. Bekerja sama dengan perancang otomotif, insinyur, dan ahli lapis baja, Conquest Vehicle mengoordinasikan penelitian, pengembangan, dan produksi Knight XV.

Pabrikan menawarkan peningkatan dan opsi termasuk kit survival oksigen built-in, sistem deteksi attachment magnetik di bawah kendaraan, beberapa level armor dan sistem kotak hitam. Knight XV dilapisi baja balistik, dengan fender dan bumper fiberglass balistik.

Mesin Knight XV menghasilkan torsi 325 hp (242 kW) dan 400 pound-feet (540 N⋅m), sedangkan mesin diesel menawarkan torsi 300 hp (220 kW) dan 660 pound-feet (890 N⋅m). Paket kinerja tersedia untuk kedua jenis mesin. 

Memiliki bahan bakar 63 galon AS (240 l; 52 imp gal) dan menggunakan empat ban run-flat balistik. Pelek kendaraan 20 inci (51 cm) dirancang khusus dan direkayasa menggunakan bahan aluminium 6061 tempa yang kokoh.

Harga Knight XV dibandol sebesar $ 120.000,- USD, atau setara Rp. 1.765.512.000.,-.Namun hanya diproduksi khusus sebanyak 100 unit diseluruh dunia.

8. Sentry APC – Inkas 


Sentry APC
adalah SUV lapis baja dari produsen Armoured Vehicles asal kanada, yang mampu menahan amunisi 7.62 × 51 SC, amunisi NATO Ball 7.62 × 51 M80, dan diuji untuk memenuhi standar balistik NIJ-STD-0108.01 Level III. Ini adalah salah satu kendaraan teraman yang dapat dibeli dengan uang.

Design Sentry APC khusus untuk digunakan dalam SWAT dan situasi militer, Sentry telah dikerahkan di sejumlah negara, termasuk Afrika, Amerika Latin, dan Asia.

Mesin Sentry APC ini didukung oleh mesin diesel 6,7 liter V8 yang mampu menghasilkan 362 tenaga kuda. Ia juga hadir dengan sejumlah fitur baru, termasuk perangkat akustik dan peringatan yang kuat, penghalang yang dipasang di kendaraan, dan kerangka bodi yang tahan lama dengan tingkat perlindungan balistik yang tinggi.

Harga Sentry APC awal adalah sekitar $ 197.000 USD, atau setara Rp. 2.900.000.000,-. Setiap warga sipil yang ingin membeli salah satu SUV lapis baja ini, harus melalui birokrasi terlebih dahulu, tergantung pada kebijakan dan peraturan setempat.

7. Gurkha RPV – Terradyne Armored Vehicle


Gurkha RPV
adalah salah satu kendaraan taktis yang didesign untuk militer. Namu berbeda dengan beberapa produk Gurkha sebelumnya, mobil ini satu-satunya yang didesign untuk sipil dengan model CIV.

Mobil ini memberikan perlindungan dari peluru penusuk lapis baja dan tembakan senjata logam kecil. Bisa dikatakan,mobil ini juga dianggap sebagai kendaraan bertahan hidup paling brutal diberbagai situasi.

Design Grukha RPV Ini memiliki panjang 244 inci dan lebar 96 inci, beratnya 15.500 pound. Kabin Super 4 × 4. Karena setiap Gurkha dibuat sesuai pesanan, tidak ada dua contoh yang identik. Mobil ini dapat dipesan dan dirancang dengan penambahan komponen atau aksesoris sesuai kebutuhan.

Pilihan lainnya termasuk kompresor udara onboard dan kamera night vision 360 derajat yang dipasang di atap. GVW mendekati 20.000 lbs berkat pelapis lapis baja CEN B7. 

Mesin Gurkha RPV dimulai dari fondasi yang kokoh, sasis komersial Ford F550, RPV ditenagai oleh diesel Powerstroke 6,7 liter. Dengan 300 hp dan torsi 660 lb-ft, tidak ada masalah berkendara dengan nyaman di jalan raya.

Harga Gurkha RPV dijual dengan harga $ 699.000 USD atau setara RP. 10.284.107.000, dan itu untuk model bekas dengan jarak sekitar 8.800 mil pada odometer atau sekitar 128 Km/Jam.

6. Sentry MPV – Inkas


Sentry MPV
2020 adalah Iterasi baru yang dibangun di atas platform Sentry APC terdahulu. Kendaraan ini dirancang untuk menambahkan lebih banyak fleksibilitas dan opsi penyesuaian sambil tetap mempertahankan perlindungan dan kenyamanan superior yang diharapkan.

Solusi ini telah menyempurnakan model sebelumnya untuk merancang kendaraan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan apa pun.
Karena bobotnya yang lebih ringan dan kemampuan off-road yang canggih, Sentry MPV yang baru dapat berada di lokasi lebih cepat, menjadikannya solusi yang ideal untuk penanggap pertama, penegak hukum, SWAT, dan badan pengawas perbatasan.

Design Sentry MPV baru dapat menampung empat hingga enam orang termasuk pengemudi, dan pengaturan tempat duduk yang dapat dikonfigurasi, memungkinkan penumpang untuk mengoperasikan MPV sambil mempertahankan semua posisi taktis.

Kendaraan ini juga lebih ringan daripada Sentry APC tradisional, yang meningkatkan kemampuan manuver sekaligus menjaga kenyamanan penumpangnya di hampir semua iklim dan medan.

Desain baru yang inovatif telah menghasilkan kendaraan lapis baja multiguna dengan tempat tidur belakang bergaya "truk pikap" yang sesuai dengan keandalan dan kemampuan beradaptasi. Sentry MPV fleksibel untuk memenuhi misi apa pun. 

Mesin Sentry MPV adalah turbodiesel 6,7L 8 silinder yang sama masif, terhubung ke gearbox otomatis enam kecepatan. Ini dapat menghasilkan 390 tenaga kuda dan torsi 800 pon kaki. 

Dengan kekuatan dan kemampuan off-road canggih ini, Sentry MPV baru dapat merespons berbagai kebutuhan keamanan atau transportasi dengan lebih cepat. 

Harga Sentry MPV berkisar $ 250.000,- USD atau setara Rp. 3.680.000.000,-.

5. Sand Cat Stomer – Plasan


Sand Cat Stormer
adalah kendaraan lapis baja komposit yang dirancang oleh Plasan Israel. SandCat, ditampilkan kepada publik untuk pertama kalinya di AUSA selama Oktober 2005.
 
SandCat didasarkan pada sasis Ford F-Series komersial . Sekitar 700 SandCat telah diproduksi sejak 2004, dan meskipun Plasan tidak pernah merilis detail lengkap, ini diketahui setidaknya dugunakan 16 negara di lima benua, dan digunakan dalam berbagai keperluan seperti kepolisian, palang merah maupun pertempuran.
 
Design Sand Cat Stormer dirancang dari tahun 2004 dan untuk berbagai keperluan. Kendaraan ini sebagai pengganti untuk jip Badai AIL dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF), dan untuk penggunaan yang lebih luas sebagai kendaraan ringan terlindungi, yang mampu melakukan peran pada operasi militer.

Kebanyakan SandCats tertutup sepenuhnya, meskipun beberapa model generasi pertama dan kedua diproduksi dengan ruang kargo belakang kecil dengan atap terbuka.
 
Plasan juga menyatakan bahwa desain tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan kepada mitra pelanggan OEM, bahwa perusahaan dapat menggunakan platform otomotif apa pun dan merancang lambung lapis baja untuk segala keperluan militernya.
 
Mesin Sand Cat Stormer didasarkan pada sasis pick-up komersial Ford Super Duty yang telah terbukti baik untuk mengurangi biaya, dan mobil yang digunakan di semua generasi, sedapat mungkin menggunakan standar Ford.
 
Model generasi keempat terbaru yang ditenagai oleh mesin diesel V8 6,7 liter Ford PowerStroke yang menghasilkan tenaga 330 hp dan digabungkan dengan transmisi otomatis enam kecepatan Ford TorqShift. 
 
Gandar penggerak standar F550 dipertahankan, namun koil depan dan pegas daun belakang ditambah rem dinaikkan / disetel agar sesuai dengan berat pengoperasian dan mampu melesat dengan kecepatan 110 km/jam.
 
Pada model generasi kedua, pegas daun belakang ditukar dengan pegas koil desain Plasan dan set-up lengan belakang. Beberapa elemen dari sistem kelistrikan ditingkatkan untuk memenuhi persyaratan tertentu, dengan 24 V tersedia jika diperlukan.
 
Harga Sand Cat Stormer diperkirakan pada angka $ 250.000,- USD atau setara Rp. 3.686.000.000,-.

4. Gurkha LAPV – Terradyne Armored Vehicle


Gurkha LAPV
atau Kendaraan Personil Lapis Baja Ringan (LAPV) Terradyne Gurkha adalah binatang buas yang mungkin tidak memenangkan banyak balapan, tetapi akan bertahan hampir dari apa pun yang dilemparkan ke padanya, termasuk peluru menembus baju besi dan bahan peledak. 

Di bawah bodi baja yang diperkuat adalah jantung dari truk Ford F550, bersama dengan diesel 7,3 liternya. Kendaraan ini sempat ditampilkan dalam add-on Fast & Furious Car Pack untuk Forza Horizon 2 dan Forza Motorsport 6.

Design Gurkh LAPV didasarkan pada sasis lambung ringan truk Ford F550. Tata letak tradisional menempatkan mesin di depan, kabin kru di tengah, dan bagian pasukan / kargo di belakang. Gurkha ditawarkan dalam tiga konfigurasi taktis. Dua anggota kru ditampung di kabin kru.

Memiliki panjang keseluruhan 6,3 m, lebar 2,4 m, dan tinggi 2,4 m. Berat kotor kendaraan Gurkha adalah 8.845kg. Kendaraan itu bisa membawa muatan 2.041kg yang juga dapat menampung hingga delapan personel tergantung pada konfigurasinya. Masuk dan keluar untuk awak dilakukan melalui empat pintu samping dan pintu keluar kargo / awak belakang.

Mesin Gurkha LAPV ditenagai oleh mesin V8 6,7 L turbocharged yang dipasang di depan dari Ford F-550 dengan 300 hp (224 kW) dan torsi 660 ft • lb (895 N • m).

Kendaraan ini digerakkan oleh transmisi enam kecepatan yang menggerakkan keempat roda. Dengan berat 16499 lb (7484 kg), merupakan kendaraan terberat yang dapat dimainkan di seri Forza.

Harga Gurkha LAPV adalah $ 450.000 USD atau setara Rp. 6.620.670.000,-.

3. Sand Cat Storm Rider – Plasan


Sand Cat Storm Rider
adalah pengembangkan versi baru dari Plasan,  SandCat 4 × 4 yang disebut StormRider dengan bobot kendaraan kotor hingga 11,5 ton.

Dikembangkan pada awal 2000-an dan diluncurkan pada 2005, SandCat LAV didasarkan pada sasis Ford F-350 yang disingkat. Kendaraan menerima beberapa peningkatan sejak diperkenalkan meskipun konfigurasi struktural aslinya - terdiri dari sasis terpisah yang mendukung kabin yang dilindungi - tetap dipertahankan. 

Design Sand Cat Storm Rider memiliki fitur lambung monocoque yang dilengkapi dengan sistem suspensi independen yang terdiri dari pegas koil di atas peredam kejut.
Panjangnya 6,03 m, lebar 2,53 m, dan tinggi 2,62 m, dengan track dan wheelbase masing-masing 2,13 m dan 3,68 m.

Mesin Sand Cat Storm Rider ini, memiliki kecepatan jalan maksimum 105 km / jam dan dilengkapi dengan kotak transfer dua kecepatan yang dioperasikan secara elektronik yang melengkapi gearbox 10 kecepatan, memungkinkan mesin untuk menghasilkan torsi 1.010 Nm pada 2.000 rpm dan power-to. rasio berat melebihi 30 hp / ton. 

Didukung oleh mesin Ford 6.7-liter V8 OHV Power Stroke turbodiesel dengan daya 330 hp dan ini digabungkan dengan transmisi otomatis 10-kecepatan TorqShift.

Beberapa peningkatan mobilitas lainnya juga telah dimasukkan, termasuk peningkatan kapasitas bahan bakar dari 150 menjadi 200 liter, dan ban 365/80 R20 yang lebih besar dibandingkan dengan 285/70 R19.5 yang digunakan pada model SandCat sebelumnya.

Harga Sand Cat Storm Rider diperkirakan hampir sama dengan seniornya yaitu $ 250.000,- USD atau setara Rp. 3.686.000.000,-.

2. Senator APC – Roshel Defense Solutions


Senator APC
adalah kendaraan yang diperkenalkan oleh Roshel Defense Solutions, produsen kendaraan lapis baja yang berbasis di Ontario. Kendaraan ini sebagai transportasi multi-tujuan seluler tinggi, yang secara khusus dikembangkan untuk pemeliharaan perdamaian dan aplikasi penegakan hukum. 

Platform taktis ini memiliki kemampuan manuver tingkat tinggi serta kemampuan off-road yang canggih, membuatnya efisien dalam menyelesaikan misinya di medan perkotaan dan lintas negara. 

Jangan biarkan nama binatang ini membodohi Anda, karena kendaraan ini bukan dimaksudkan untuk menemani politisi sombong dari satu kampanye ke kampanye berikutnya. 

Selain menjadi Pengangkut Personel Lapis Baja, platform serbaguna ini menawarkan berbagai modul fungsi yang dapat dipertukarkan, seperti Evakuasi Medis, Anti-huru-hara, Pusat Komando & Kontrol, EOD, NBC, Pengintaian, dll.dan dengan mudah memenuhi syarat sebagai salah satu produk terkuat di industri.

Design Senator APC menyediakan kemampuan integrasi canggih yang memungkinkan platform dilengkapi dengan sistem keamanan yang komprehensif, seperti observasi dan pengawasan, pencitraan termal dan inframerah, komunikasi dua arah dengan pusat kendali komando, penglihatan malam, api deteksi sumber, pencari jarak laser, senjata kendali jarak jauh, perlindungan bahan kimia dan banyak lagi.

Model dasar Senator dilengkapi dengan perimeter gunport, pintu keluar darurat, kamera pandangan perimeter, sistem ekstraksi gas, sistem sirene / PA, penerangan darurat, kursi perlindungan ranjau kelas militer, sabuk pengaman tingkat militer 3 titik dan banyak sistem keamanan lainnya dan peralatan darurat.

Mesin Senator APC secara mengejutkan bisa bermanuver dengan ukuran wheelbase 3.302mm, dapat memuat hingga selusin prajurit  lengkap, memiliki penggerak empat roda, dan berjalan pada mesin turbodiesel 6,7 liter yang bertenaga.

Didukung oleh turbodiesel 6.7-L V8, Senator mendapatkan 330 hp dan torsi 750 lb-ft yang mengesankan. Torsi itu dialirkan melalui transmisi otomatis 6-spd dan kemudian dikirim ke keempat roda untuk memudahkan melintasi jalanan yang dipenuhi puing-puing atau medan bertanda ledakan.

Pabrikan hanya menggunakan bahan balistik dan komponen tugas berat, yang telah diuji oleh laboratorium Amerika Utara dan Eropa yang diakui secara internasional, untuk memenuhi standar perlindungan balistik.

Harga Senator APC dalam kisaran $ 120.000,- USD atau setara Rp. 1.760.000.000,-.

1. Oshkosh L-ATV – AM General


Oshkosh L-ATV
(Light Combat Tactical All-Terrain Vehicle) adalah kendaraan serbaguna / tempur multi-peran yang memenangkan program Joint Light Tactical Vehicle (JLTV) yang dipimpin oleh militer AS.

Pada tahap-tahap awal program, disarankan agar JLTV akan menggantikan Kendaraan Beroda Multiguna Mobilitas Tinggi (HMMWV) AM Umum dengan basis satu-untuk-satu. Sekarang disarankan bahwa JLTV akan mengganti sebagian HMMWV.

Design Oshkosh L-ATV ini dirancang untuk menangani banyak misi dan bermanuver dalam segala hal mulai dari pasir lembut hingga aspal keras, berkat kontrolnya yang dapat disesuaikan, dan kemampuannya untuk mengakomodasi berbagai peralatan tergantung pada misinya.

Angkatan Darat menambahkan baju besi untuk melindunginya dari bahan peledak, tetapi itu mengorbankan mobilitas. Kerentanannya terhadap bom pinggir jalan merupakan masalah besar.

Cukup ringan untuk diangkut melalui udara dan cukup pendek untuk transportasi amfibi oleh Marinir. Ia juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi daripada Humvee untuk meminimalkan kerusakan akibat bom ranjau.

Suspensi dan tekanan bannya mudah diatur, memungkinkan kendaraan ini berganti kondisi medan. Itu dapat dilengkapi dengan mount penembak untuk menampung berbagai senjata. Interiornya dikonfigurasi untuk peralatan komunikasi dan radio "plug and play" untuk berbagai misi.

Mesin Oshkosh L-ATV adalah diesel 340 tenaga kuda, transmisi otomatis enam kecepatan, dan empat kursi dengan nyaman. 

Tenaga mesin disediakan oleh mesin diesel Gale Banks Engineering 866T V-8 yang dikontrol secara digital. Dapat melaju dengan kecepatan 110 km/jam. Output daya mesin Duramax LML standar saat ini mencapai 397 hp (296 kW) pada 3.000 rpm. 

Harga Oshkosh L-ATV per unit sebesar $ 433.539,- USD atau setara Rp. 6.392.000.000,-.

 

Sumber Referensi :
en.wikipedia.org