Breaking News

10 Gitaris Tercepat Dunia


Tidak terhitung banyaknya pemain gitar diseluruh dunia. Dengan berbagai macam keahlian dan ketrampilan, serta penguasaan teknik gitar, yang kualitasnya sama dengan gitaris professional papan atas.

Namun kepiawaian yang tidak dibarengi dengan karya, nyatanya sulit diperhitungkan sebagai seorang gitaris professional dan handal dibidangnya.

Tipe seorang gitaris bermacam-macam, tapi berbicara skill bermain gitar tercepat didunia saat ini, hanya dimiliki beberapa gitaris professional saja. Berikut, 10 Gitaris Tercepat Dunia.

10. The Great Cat


Musik Heavy Metal mati karena ketololanmu. Membunuhnya dengan biusmu, sovinis, pecundang, berpikir kelompok dan sikap merendahkan”,/The Great Kat.

Katherine Thomas paling dikenal dengan nama panggungnya The Great Kat, adalah musisi Inggris yang terkenal karena interpretasi thrash metalnya terhadap musik klasik terkenal.

Kebanyakan fiturnya menggunakan gitar listrik, tetapi di beberapa fitur dia menggunakan biola. Thomas adalah pemain biola yang terlatih secara klasik, lulus dari Juilliard School dan melakukan tur untuk beberapa waktu memainkan musik klasik konvensional sebelum beralih ke musik metal.

Majalah Guitar One mendaftarkannya sebagai salah satu "Penghancur Tercepat Sepanjang Masa". Latar belakang klasiknya, keterampilan teknis, dan promosi diri terkadang dibandingkan dengan Yngwie Malmsteen. Dalam sebuah wawancara di metallian.com dia mengaku sebagai reinkarnasi Beethoven.

Full Name      : Katherine Thomas
Lahir               : Swindon, England 6 Juni 1966
Zodiak            : Gemini
Kebangsaan  : Inggris
Genres           : Metal, Speed, heavy, thrash, neoclassical, power metal, melodic death metal
Afiliasi            : The Great Kat
Instrument    : Guitar, Vocal, Violin
Tahun Aktif   : 1986 – Sekarang

9. John Petrucci


“Jika kau tidak bisa bermain sebagus atau secepat aku, menyerah saja. Jual gitar anda pada ebay dan bunuh diri”, /John Petrucci.

John Peter Petrucci adalah gitaris, komposer, dan produser Amerika. Dia terkenal sebagai anggota pendiri dari band progressive metal Dream Theater. 

Dianggap sebagai "Salah satu gitaris paling terkenal yang masih hidup" oleh Premier Guitar, Petrucci telah tampil sebagai gitaris ketiga di tur G3 sebanyak tujuh kali, lebih banyak dari gitaris undangan lainnya.

Dalam artikel mereka "John Petrucci: The Ultimate Evolved Guitarist", Premier Guitar menyebut Petrucci "Salah satu yang terbaik yang pernah menyentuh fretboard". 

Dia terpilih sebagai "Gitaris Prog Terbaik" oleh The Prog Magazine dan "Gitaris Terbesar" oleh majalah Burrn dan Mariskalrock.

Majalah Guitar World mencantumkan Petrucci di antara "Gitaris Tercepat Sepanjang Masa" dan menyebutnya "gitaris paling terkenal dan populer di dunia metal progresif".

Bisa dibilang pemain paling serbaguna dan mahir di bidangnya, dengan mengembangkan rasa melodi dan teknik memetik alternatif yang hampir tak tersentuh sejauh kecepatan dan presisi ", sementara juga menempatkan dia di antara 5 teratas" Gitaris Terbaik Dekade ".

Full Name      : John Peter Petrucci
Lahir               : Kings Park, Long Island, New York, USA 12 July 1967
Zodiak            : Cancer
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Genres          : Progresiv Rock, Instrumental Rock, Progresive Metal, Heavy Metal
Afiliasi            : Dream Theater
Instrument    : Gitar, Vocal
Tahun Aktif   : 1984 – Sekarang

8. Buckethead


“Jika kau menemukan kebenaran, kau harus mengikutinya”/Buckethead.

Brian Patrick Carroll dikenal secara profesional sebagai Buckethead, adalah musisi multi-instrumental Amerika yang telah menerima pujian kritis untuk permainan gitar listriknya yang inovatif. 

Musiknya mencakup banyak genre, termasuk musik progressive metal, funk, blues, bluegrass, ambient, dan avant-garde. 

Dia telah merilis 314 album studio, empat rilis khusus, dan satu EP. Dia juga tampil di lebih dari 50 album oleh artis lain.

Buckethead telah terpilih sebagai nomor 8 dalam daftar di majalah GuitarOne dari "10 Penghancur Gitar Tercepat Sepanjang Masa", serta termasuk dalam daftar Guitar World dari "25 gitaris paling aneh sepanjang masa" dan "50 gitaris tercepat sepanjang masa". 

Full Name      : Brian Patrick Carroll
Lahir               : Pomona, California, USA 13 May 1969
Zodiak            : Taurus
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Genres          : Heavy,progressive, funk, avant-garde, alternative,hard rock experimental, ambient.
Afiliasi           : Colonel Claypool's Bucket of Bernie BrainsGuns N' Roses dll.
Instrument    : Gitar, Bass
Tahun Aktif   : 1987 – Sekarang

7. Rusty Cooley


“Pick adalah jembatan antara saya dan gitar saya. Itu harus sempurna ”,/Rusty Cooley.

Rusty Cooley adalah seorang gitaris Amerika dari Houston, Texas, Amerika Serikat, yang dikenal karena teknik gitarnya yang sangat halus. 

Dia dianggap sebagai salah satu gitaris tercepat di Amerika Serikat dan master "teknik merobek-robek gitar.Majalah Guitar Player menyebutnya" cahaya utama dari pasca-Malmsteen shred-volution”.

Full Name      : Rusty Cooley
Lahir               : Houston, Texas, USA 27 April 1970
Zodiak            : Taurus
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Genres          : Heavy metal, progressive metal, power metal.
Afiliasi            : Day of Reckoning, Outworld, Austrian Death Machine, Rings Of Saturn.
Instrument    : Guitar
Tahun Aktif   :1985 – Sekarang 

6. Joe Stump


“Banyak pemain gitar yang berbeda memiliki tingkat bakat alami yang berbeda. Itu semua tergantung pada asuhan gitaris dan siapa mereka sebagai pribadi”,/Joe Stump.

Joe Stump adalah seorang Gitarrist dan Komponist Amerika Serikat yang dijuluki master gitar rusak dengan gaya dan teknik mempesona terkenal di kalangan pecinta gitar di seluruh dunia. 

Seorang profesor Berklee sejak 1993, mengkhususkan diri dalam hard rock, shred, dan speed metal berteknologi tinggi. Stump telah merilis lima album solo dan tiga lagi dengan bandnya Reign of Terror.

Dia telah tampil di Amerika Utara, Eropa, dan Asia, dan melakukan tur dengan dan dibuka untuk Steve Vai, Yngwie Malmsteen, Dokken, Savatage, Robin Trower. 

Kecepatan dan keahlian Stump yang luar biasa telah dipuji dalam publikasi seperti Guitar World dan Guitar Shop, dan album 1994-nya, Night of the Living Shred, adalah semifinalis Grammy untuk album instrumental rock terbaik.

Full Name      : Joe Stump
Lahir               : New York, USA 18 September 1960
Zodiak            : Virgo
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Genres          : Instrumental rock, jazz fusion, Neocasical Rock.
Afiliasi             : The Reign Of Terror, Holyhell, Exorcim, Trash Broadway, Raven Lord.
Instrument    : Guitar
Tahun Aktif   : 1993 – Sekarang

5. Sawn Lane


“Suasana dunia berbeda, namun musik selalu ada di sana menunggu untuk diwujudkan”,/Sawn Lane.

Shawn Lane adalah seorang musisi Amerika yang merilis dua album studio dan berkolaborasi dengan berbagai musisi termasuk Ringo Starr, Kris Kristofferson, Johnny Cash, Willie Nelson, Waylon Jennings, Reggie Young, Joe Walsh , Jonas Hellborg dan banyak lainnya.

Setelah belajar piano, dia menguasai gitar, yang dia mainkan dengan kecepatan luar biasa. Lane menderita psoriasis sepanjang hidupnya. 

Lane meninggal di sebuah rumah sakit di Memphis pada 26 September 2003 karena penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Tubuhnya dimakamkan di Memorial Park Cemetery di Memphis.

Meskipun bukan nama yang dikenal di luar lingkaran musisi, virtuoso gitar seperti Rusty Cooley, Michael Romeo, Guthrie Govan, Buckethead, Paul Gilbert , menyebut Lane sebagai "orang paling menakutkan sepanjang masa" selama klinik gitar ketika ditanya tentang pemikirannya tentang Lane keterampilan bermain gitar dan banyak orang lain yang sangat menghargai karya Lane. 

Pada tahun 2008, majalah Guitar World menulis, "Sedikit, jika ada, gitaris dapat bermain lebih cepat daripada Lane, dan sapuan arpeggio dan garis yang dipilih secara presisi menghasilkan nada yang lebih cepat daripada yang bisa dipahami oleh pikiran manusia pada umumnya."

Full Name      : Sawn Lane
Lahir               : Memphis, Tennessee, USA 21 Maret 1963
Zodiak            : Aries
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Genres          : Instrumental rock, jazz fusion, world fusion
Afiliasi            : Black Oak Arkansas, Savage Innocence, D.D.T., The Willys, The Streets
Instrument    : Guitar, piano, keyboard, bass
Tahun Aktif   :1977 – 2003

4. Paul Gilbert


“Jika Anda takut melepaskan kritik dari dalam, pertimbangkan bahwa Anda benar-benar meremehkan kebaikan Anda sendiri”/Paul Gilbert.

Paul Brandon Gilbert adalah gitaris hard rock dan heavy metal Amerika. Dia terkenal sebagai salah satu pendiri band Mr. Big. 

Dia juga anggota Racer X, dengan siapa dia merilis beberapa album. Pada tahun 1996, Gilbert meluncurkan karir solonya, di mana dia telah merilis banyak album solo, dan tampil dalam berbagai kolaborasi dan penampilan tamu di album musisi lain.

Gilbert telah terpilih sebagai terbaik keempat di majalah GuitarOne "10 Penghancur Gitar Terbesar Sepanjang Masa". Dia juga menduduki peringkat dalam daftar "50 Gitaris Tercepat Sepanjang Masa" di Dunia Gitar.

Full Name      : Paul Brandon Gilbert
Lahir               : Carbondale, Lilionis, 6 November 1966
Zodik              : Scorpio
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Genres          : Instrument, Heavy metal, Hard Rock, Progresive, Power Pop, Neoclasical, Speed Metal
Afiliasi            : Mr. Big
Instrument    : Gitar, Vocal, Bass, Keyboard, Percussian, Harmonica, Drums
Tahun Aktif   : 1983 – Sekarang

3. Yngwie Malmsteen


“Cepat hanya keren jika itu merdu dan memiliki kehalusan”/Yngwie Malmsteen.

Yngwie Johan Malmsteen adalah seorang gitaris Swedia, penulis lagu, komposer, dan pemimpin band. Malmsteen pertama kali dikenal pada 1980-an karena gaya bermain neoclassical metal-nya di heavy metal, dan telah merilis 20 album studio dalam karir selama lebih dari 40 tahun. 

Pada tahun 2009, majalah Time menilai Malmsteen sebagai nomor 9 di antara 11 pemain gitar listrik terbesar sepanjang masa.

Full Name      : Lars Johan Yngve Lannerbäck
Lahir               : Stockholm, Sweden 30 Juni 1963 
Zodiak            : Cancer
Kebangsaan  : Swedia
Genres          : Heavy metal neoclassical metal hard rock
Afiliasi            : Steeler Alcatrazz Hear 'n Aid G3
Instrument    : Gitar
Tahun Aktif   : 1978 – Sekarang

2. Chris Impelliteri


"Saya Bermain Gitar Setiap Hari Karena Saya Menyukainya; Itu Penting Karena Otot Memori "/Chris Impelliteri.

Chris Impellitteri adalah gitaris Amerika dan pendiri band heavy metal Impellitteri. Pada tahun 2008 majalah Guitar World menyebut Chris Impellitteri sebagai salah satu gitaris tercepat sepanjang masa.

Selama karirnya, Impelliterri telah menggunakan berbagai merek dan model gitar yang berbeda, termasuk Fender dan Dean. 

Dia saat ini didukung oleh gitar Charvel dengan model khusus. Selain itu, ia juga menggunakan amplifier ENGL dan pickup Seymour Duncan.

Pada tahun 2003, Guitar One Magazine memilih Chris Impellitteri sebagai penghancur gitar tercepat kedua sepanjang masa, di belakang Michael Angelo Batio dan Yngwie Malmsteen.

Full Name      : Michael Angelo Batio
Lahir               : Connecticut, USA, 25 September 1964
Zodik              : Libra
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Genres          : Neo-classical metal, heavy metal, speed metal
Afiliasi            : Impelliteri
Instrument    : Guitar, bass guitar, piano, keyboard
Tahun Aktif   : 1983 – Sekarang

1. Mchael Angelo Batio


“Saya pikir, tidak peduli seberapa keras anda belajar, masih selalu ada lagi yang dipelajari”, /Michael Angelo Batio.

Adalah gitaris utama untuk band glam metal yang berbasis di Los Angeles, Nitro pada akhir 1980-an dan awal 1990-an.

Karya Batio telah mencakup banyak genre, tetapi dia terkenal karena memainkan heavy metal dan subgenrenya seperti neoclassical metal, dan speed metal. 

Batio memiliki pengetahuan lanjutan tentang teori musik, memiliki pemahaman yang mendalam tentang kombinasi tangga nada yang kompleks dan tanda waktu yang membantunya dalam komposisi.

Dia dikenal luas karena penguasaan teknisnya pada fretboard dan arpeggio picking dan sweep pickingnya yang sangat cepat. 

Juga dikenal karena keahliannya dalam pertunjukan, terutama penggunaan teknik "Over-Under", dan kemampuannya untuk memainkan gitar ganda dan quad, menggunakan kedua tangan untuk bermain.

Batio juga terkenal karena DVD instruksi gitarnya dalam seri "Speed Kills" yang mengajarkan teknik gitar rusak dan bagaimana "menguasai seni bermain secepat kilat".

Batio terpilih sebagai "Penghancur Gitar Tercepat No. 1 Sepanjang Masa" oleh Guitar One Magazine pada tahun 2003.

Full Name      : Michael Angelo Batio
Lahir               : Cicago, Lilinois USA, 23 Februari 1956
Zodik              : Pisces
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Genres          : Instrumental neoclassical,heavy, glam,speed,progressive metal
Afiliasi            : Nitro
Instrument    : Gitar
Tahun Aktif   : 1984 – Sekarang

Sumber Referensi :
www.wikipedia.org
Gitar World