Breaking News

10 Lagu Modern Rock Paling Fenomenal

10 Lagu Modern Rock Paling Fenomenal

Salah satu jenis musik yang mendominasi era tahun 2000an ini adalah modern rock. Termasuk didalamnya, punk alternative, progresif rock, hip-hop rock, pop rock, alternative rock bahkan sampai electronic rockpun, bisa dibilang merupakan bagian dari music yang mengusung era millennium ini.

Kemunculan jenis music ini sebenarnya sudah semenjak punk rock tahun 60an, yang diusung oleh band punk legendaris, Ramones. Tapi, karena saat itu dunia didominasi oleh jenis klasik rock, lalu kemudian hard rock, sehingga belum banyak band yang muncul dengan jenis music seperti ini.

Ketika era millennium tahun 2000an, barulah muncul banyak aliran dan karakter band modern rock ini. Sayangnya, jenis music seperti ini, dianggap membosankan, sehingga banyak band yang kemudian bubar.

Tapi beberapa band modern rock ini, yang justru menjadi legenda diindustri musik, dengan lagu-lagunya yang fenomenal. Berikut, 10 Lagu Modern Rock Paling Fenomenal di dunia.

1. Helena – My Chemical Romance #10

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalHelena adalah lagu oleh band rock Amerika My Chemical Romance, dan merupakan single ketiga dari album studio kedua mereka, Three Cheers for Sweet Revenge.

Lagu ini inspirasi utama kepada anak-anak remaja emo, yang berpakaian dan make up hitam. Lagu ini juga single keseluruhan keenam My Chemical Romance.

Lagu ini sebagai wakil dan suara band, dan karena itu sering digunakan untuk mengakhiri pertunjukan band. Helena adalah hit crossover pertama band yang menyeberang untuk Top 40 radio di nomor 33 di chart Billboard Hot 100.

2. Hyteria – Muse #9

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalHysteria juga dikenal sebagai ‘’I Want It Now’’di Amerika Serikat. Dirilis sebagai single dari album Absolution pada 1 Desember 2003 di Inggris, memuncak pada nomor 17 di UK Singles Chart.

Lagu ini juga terkenal dengan garis bass yang rumit, yang terpilih sebagai garis bass terbaik keenam sepanjang masa di Music Radar. Mencapai nomor 9 di AS pada grafik Billboard Modern Rock Tracks.

Berbicara tentang konsekuensi obat-obatan (terutama heroin) dan dengan cara apa, itu dapat menghancurkan kehidupan seseorang. Lagu ini tetap menjadi pokok pertunjukan live band ini.

3. One last Breath – Creed #8

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalOne Last Breath adalah single oleh band Creed, dari album 2001 mereka Weathered. Di Amerika Serikat, mencapai nomor enam Billboard Hot 100, nomor lima di chart Mainstream Rock, nomor empat di chart Mainstream Top 40, dan nomor dua di chart Adult Top 40. Di seluruh dunia, lagu ini memuncak di nomor 43 di Australia dan nomor 29 di Selandia Baru.

Sedangkan diEropa, lagu tersebut berhasil mencapai nomor 20 di Polandia dan nomor 89 di Jerman, dan di Kepulauan Inggris. Dan memuncak di nomor 47 di UK Singles Chart dan nomor 41 pada Chart Singles Irlandia.

4. Kiss Me – Sixpence None The Richer #7

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalKiss Me adalah lagu yang direkam oleh band pop rock Amerika Sixpence None the Richer dari album self-titled 1997 mereka.

Dirilis sebagai single pada Agustus 1998, lagu itu sukses di seluruh dunia. Dan mencapai No 4 di tangga lagu tunggal Inggris dan Selandia Baru. Serta No 1 di tangga lagu tunggal Australia dan Kanada, menjadikannya single charting tertinggi grup di seluruh dunia.

Juga merupakan single terlaris grup di Amerika Serikat, memuncak pada No 2 dan menghabiskan 16 minggu di 10 dan 35 minggu teratas di chart.

Pada akhir tahun 1999, Billboard peringkat lagu sebagai single terlaris keenam tahun 1999. "Kiss Me" dinominasikan untuk Penghargaan Grammy untuk Penampilan Pop Terbaik oleh Duo atau Grup dengan Vokal.

5. Viva La Vida – Coldplay #6

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalViva La Vida, bahasa Spanyol untuk 'Long Live Life', adalah lagu dari band rock Inggris Coldplay. Ditulis oleh semua anggota band untuk album keempat mereka, Viva La Vida atau Death and All His Friends (2008).

Lirik lagu tersebut berisi referensi sejarah dan Kristen, dengan lapisan lain secara bertahap yang  ditambahkan ketika lagu ini dibuat. Dirilis pada 13 Juni 2008 sebagai single kedua album, debut untuk pengakuan kritis dan kesuksesan komersial. 

Viva la Vida mencapai posisi teratas UK Singles Chart dan Billboard Hot 100, menjadi single nomor satu pertama band di AS dan Inggris. Memenangkan Grammy Award untuk Song of the Year ke-51 Tahunan pada tahun 2009. 

Dan menjadi lagu keenam yang mencapai angka 4 juta unduhan berbayar di Amerika Serikat.  Terjual lebih dari 7,1 juta kopi di seluruh dunia pada tahun 2014, dan lebih dari 6 juta di AS saja pada Juni 2013.

6. Torn – Ednaswap #5

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalTorn adalah lagu yang ditulis oleh Scott Cutler, Anne Preven dan Phil Thornalley pada tahun 1993. Direkam pertama kali di Denmark dan dinamai "Brændt", dalam bahasa Denmark untuk "Burned".

Dua tahun kemudian direkam oleh Cutler dan band rock alternatif Amerika Preven Ednaswap, dan pada tahun 1996 oleh penyanyi Amerika-Norwegia Trine Rein.

Torn terkenal sebagai singel debut penyanyi pop Australia Natalie Imbruglia di tahun 1997. Versinya memuncak di nomor satu di tangga lagu tunggal Flanders, Kanada, Denmark, Islandia, Spanyol dan Swedia, serta di tiga tangga lagu Billboard AS.

7. Scar Tissue – Red Hot Chili Paper #4

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalScar Tissue adalah single pertama yang dirilis pada tahun 1999. Ini adalah salah satu lagu paling sukses dan menghabiskan 16 minggu berturut-turut di atas US Billboard Hot Modern Rock Tracks chart serta 10 minggu di atas Billboard Mainstream Rock Tracks chart, dan mencapai nomor sembilan di Billboard Hot 100. 

Lagu ini juga sukses di Islandia, Selandia Baru dan Kanada, masing-masing mencapai nomor satu, tiga dan empat. Di Inggris, itu memetakan di nomor 15 di UK Singles Chart.

Scar Tissue dianggap mewakili suara rock baru yang lebih melodis yang diujicobakan oleh band tentang Californication (berbeda dengan One Hot Minute yang psychedelic, dan funk kering Blood Blood Sex Magik).

Lagu ini terkenal karena riff gitar intro mellow dan untuk solo gitar slide. Guitar World menempatkan gitar solo ke-63 dalam daftar "100 Greatest Guitar Solo". Scar Tissue" memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Song pada tahun 2000.

8. Numb – Linkin Park #3

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalNumb dirilis sebagai single ketiga dari album studio kedua, Meteora (2003), dan merupakan lagu penutup di album ini. Salah satu lagu Linkin Park yang paling terkenal dan mendapat pujian kritis, "Numb" menduduki puncak tangga lagu Billboard Alternative Songs selama 12 minggu.

Lagu ini menghabiskan enam minggu dipuncak tangga lagu pada tahun 2003 dan enam minggu pada tahun 2004. Juga menghabiskan tiga minggu di atas tangga lagu Billboard Hot Mainstream Rock Tracks dan memuncak nomor 11 di Billboard Hot 100.

Pada Juni 2020, lagu ini memiliki lebih dari 1,4 miliar tampilan dan 8 juta suka di YouTube. Lagu numb yang dirilis versi lain adalah remixed sebagai "Numb / Encore", kolaborasi antara band dan rapper Jay-Z.

Itu adalah hit besar bagi kedua artis yang ditampilkan di album Collision Course dan mendapatkan Grammy Award untuk Best Rap / Song Collaboration. Numb berada di peringkat nomor 95 pada daftar Rhapsody dari "Top 100 Tracks of the Decade".

9. Stand By Me – Oasis #2

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalStand by Me adalah lagu oleh band rock Inggris Oasis, yang ditulis oleh gitaris utama, Noel Gallagher. Ini adalah single kedua yang akan dirilis dari album ketiga band, Be Here Now.

Lagu ini memuncak di nomor dua, tangga lagu Inggris pada September 1997, dibawah posisi teratas "Candle in the Wind 1997" Elton John. 

Meskipun demikian, "Stand by Me" masih menjadi emas di Inggris, dan akhirnya akan mencapai status platinum pada 2019. Berada di nomor 46 tangga lagu akhir tahun di Inggris untuk tahun 1997. Lagu ini juga mencapai nomor dua diIrlandia dan mencapai 10 besar di Finlandia, Islandia, Italia, Norwegia, Spanyol dan Swedia.

10. Creep – Radiohead #1

10 Lagu Modern Rock Paling FenomenalCreep adalah debut single oleh band rock alternatif Inggris Radiohead, dirilis pada 21 September 1992 dan muncul di album studio debut mereka, Pablo Honey 1993.

Lagu ini awalnya tidak sukses, tetapi menjadi hit di seluruh dunia setelah dirilis ulang pada tahun 1993. Radiohead mengambil unsur-unsur dari lagu Hollies '1972 "The Air That I Breathe’’. 

Menurut bassist Radiohead Colin Greenwood, terinspirasi oleh seorang gadis yang diikuti Yorke dan yang secara tak terduga menghadiri pertunjukan Radiohead.

Sebagai single pada September 1992, mencapai nomor 78 di UK Singles Chart, menjual 6.000 kopi. Menjadi hit nasional dan menempati urutan ke 34 di Billboard Hot 100.Single dengan charting tertinggi Radiohead di Billboard Hot 100.

Pada saat Radiohead pergi ke Amerika Serikat, mereka dikejutkan oleh keberhasilan lagu tersebut. Penerbitan ulang tahun 1993 mencapai nomor tujuh di UK Singles Chart dan mengundang kritik dari pers musik dan artis termasuk gitaris Oasis Noel Gallagher.

Creep tetap menjadi single paling sukses Radiohead. Akan tetapi para anggota radiohead mengnganggap bahwa lagu ini terlalu menyedihkan dan menolak untuk menampilkannya selama beberapa waktu.