Breaking News

10 Lagu Punk Rock Paling Berpengaruh

10 Lagu Punk Rock Paling Berpengaruh

Musik Punk bisa dikatakan juga sebagai bagian dari musik rock yang muncul pada era 1970an. Dikenal dengan aransemen musik yang sederhana, namun berkarakter tinggi.

Salah satu pesohor dalam musik bergendre ini adalah nirvana band yang memperkenalkan kembali musik ini pada era 90an, sehingga mulai dikenal secara luas diseluruh dunia.

Pembahasan umum dalam konsep punk rock tidak jauh beda dengan music rock pada umumnya, seperti gaya hidup, kebebasan dan pergaulan.

Walaupun sering juga dianggap bahwa para penganut punk rock erat kaitannya dengan pemberontakan, anarki dan kehidupan liar, namun sebenarnya mereka lebih rentan dengan perdamaian dan persaudaraan. Keras dan menginspirasi, berikut 10 Lagu Punk Rock Paling Berpengaruh didunia. 
 

1. Still Into You – Parmore #10

10 Lagu Punk Rock Paling Berpengaruh'Still into You' adalah single kedua dari LP self-titled mereka pada tahun 2013. Pada saat line-up persis apa yang mereka lakukan, menulis lagu cinta yang gelisah dengan proporsi stadion.

Bandnya keras, gitarnya berani dan staccato di bait memberikan dinding overdrive yang sangat besar di bagian refrein. Vokal Hayley Williams melambung tinggi, meneteskan karisma dan wataknya, menampilkan ikon dan memamerkan bakat vokalnya yang menakjubkan.

Still Into You melapisi nada yang lebih lembut dengan bassline manis Paramore untuk menciptakan salah satu lagu cinta terbesar pop-punk sepanjang masa.

Terlepas dari ketenaran, masalah, dan mengatasi kupu-kupu hubungan awal, perasaannya tidak berubah sama sekali, dan dia tetap menyukainya seperti sebelumnya.

Lagu ini mendapat peringkat sebagai hit Top 10 di tangga lagu Hot Rock Songs dan Mainstream Top 40 pada satu titik, menjadikannya salah satu lagu tersukses mereka.

Rekaman ini berusia hampir satu dekade, tetapi secara khusus terdengar segar seperti pada hari yang sempurna di bulan Maret 2013.

2. Perfect - Simple Plan #9

10 Lagu Punk Rock Paling BerpengaruhDi tempat nomor satu dalam daftar lagu Simple Plan adalah lagu band yang paling sempurna berjudul “Perfect.”

Lagu “Perfect,” dirilis pada tahun 2002. Itu dikeluarkan sebagai single keempat dari album debut band berjudul No Pads, No Helmets…Just Balls.

Itu akan menjadi lagu charting tertinggi band dalam karir mereka di US Billboard Hot 100 di mana itu memuncak di nomor dua puluh empat.

Dan menjadi lebih sukses di tangga lagu Billboard Airplay di mana lagu ini mencapai hingga nomor lima. Lagu tersebut juga mencapai nomor lima di Tangga Lagu Kanada.

3. All the Small Things – Blink 182 #8

10 Lagu Punk Rock Paling Berpengaruh"All the Small Things" mungkin merupakan single kedua Enema of the State, tetapi dengan cepat melampaui semua upaya mereka sebelumnya untuk menjadi lagu Blink-182 terbesar yang pernah ada.

Dan mudah untuk melihat alasannya: treknya sangat ringkas, dibangun dengan setiap dorongan pop-forward yang dimiliki band, dan dipenuhi dengan energi yang luar biasa.

Lagu yang menarik tentang hal-hal kecil yang dilakukan seseorang untuk menunjukkan bahwa mereka peduli pada Anda adalah lagu yang membuat mereka menjadi superstar.

Itu ada di radio pada saat dirilis, dan video musik ikonik menerima banyak runtime di MTV. "All The Small Things" adalah lagu klasik sejati yang akan dikenang untuk waktu yang lama.

4. Fat Lip – Sum 41 #7

10 Lagu Punk Rock Paling BerpengaruhLagu yang memulai semuanya untuk band. Fat Lip membantu menempatkan band ini di peta, menjadi salah satu video musik yang paling banyak diputar saat itu.

Album "All Killer No Filler", memiliki nama yang berani, tetapi memang benar ini dikemas dengan lagu-lagu hebat, tetapi Fat Lip jelas merupakan krim dari hasil panen.

Belum pernah ada lagu Sum 41 yang mencapai massa seperti ini. Dengan menggabungkan hip-hop dengan pop punk dan membiarkan kepribadian mereka bersinar.

"Fat Lip" tidak hanya menjadi favorit MTV tetapi juga fenomena budaya yang terlihat di film, video game, dan televisi. Dirilis pada musim semi tahun 2001, "Fat Lip" mendapatkan momentum sepanjang tahun dan memimpin band ke gemerlap Saturday Night Live.

Secara lirik, Sum 41 menangkap esensi punk rock bersama dengan pengikut baru jauh di luar Kanada asli mereka.

5. Blitzkrieg Bob – Ramone #6

10 Lagu Punk Rock Paling BerpengaruhBlitzkrieg Bop adalah lagu dari band punk rock Amerika Ramones. Album ini dirilis sebagai single debut band pada bulan Februari 1976 di Amerika Serikat.

Ditulis oleh drummer Tommy Ramone (musik dan lirik) dan bassis Dee Dee Ramone (lirik). Berdasarkan pola tiga-akord yang sederhana, "Blitzkrieg Bop" dibuka dengan nyanyian "Hei! Ho! Ayo pergi!".

Lagu ini populer di acara olahraga di mana "Hei! Ho! Ayo pergi!" kadang-kadang berteriak sebagai seruan.

Blitzkrieg Bop berada dinomor 92 dalam daftar Rolling Stone dari 500 Lagu Terbesar Sepanjang Masa. Pada bulan Maret 2005, majalah Q menempatkannya di nomor 31 dalam daftar 100 Lagu Gitar Terbaiknya, dan pada tahun 2008 Rolling Stone menempatkannya nomor 18 dari 100 Lagu Gitar Terbaik Sepanjang Masa.

Pada tahun 2009 ia dinobatkan sebagai lagu punk rock terhebat ke-25 sepanjang masa oleh VH1.

6. Complicated – Avril Lavigne #5

10 Lagu Punk Rock Paling BerpengaruhComplicated adalah single debut oleh penyanyi-penulis lagu Kanada Avril Lavigne, dirilis pada 23 April 2002 sebagai single utama dari album debutnya, Let Go.

Single ini memuncak di nomor satu di Australia (selama enam minggu), Selandia Baru dan Meksiko (selama sembilan minggu), nomor dua di Billboard Hot 100, dan nomor tiga di Inggris.

Berdasarkan grafik kinerjanya, lagu ini adalah single Lavigne yang paling sukses kedua (hanya di belakang single 2007-nya Girlfriend dan merupakan salah satu rilis paling sukses tahun 2002 dengan penjualan lebih dari 3 juta kopi terjual di seluruh dunia.

Lavigne memecahkan rekor yang dibuat oleh Natalie Imbruglia atas lagu “Torn” ketika "Complicated” memegang posisi nomor satu di chart Adult Top 40 selama 16 minggu berturut-turut.

Complicated adalah lagu yang paling sering diputar keempat di radio di Kanada pada tahun 2002,Complicated dinominasikan untuk dua Grammy Awards untuk Song of the Year dan Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik.

7. Time Bomb – Rancid #4

10 Lagu Punk Rock Paling BerpengaruhTime Bomb adalah lagu dari band punk rock Amerika Rancid. Lagu ini mencapai nomor 8 di Billboard Modern Rock Tracks, menandai single charting awal tertinggi dalam karir Rancid.

Lirik untuk bait pertama dari lagu tersebut diambil dari lagu sebelumnya, "Motorcycle Ride", yang muncul di album band sebelumnya, Let's Go.

Video musik untuk lagu itu disutradarai oleh Marcus Raboy. Itu sebagian difilmkan di 155 Rivington di Lower East Side Kota New York; bangunan ini kemudian menjadi markas Kickstarter.

8. Come Out And Play - The Offspring #3

10 Lagu Punk Rock Paling BerpengaruhSaat pertama kali mendengarkan, 'Come Out and Play' dari Offspring, sepertinya lagu yang sangat menular dengan riff gitar Timur Tengah.

Tapi jika melihat lebih dekat pada liriknya, band ini berbicara tentang kekerasan senjata dan geng di sekolah.

Lagu tersebut, dengan refrein "Gotta keep 'em Separate" yang populer, menjadi lagu pelarian band dan masih menjadi favorit hingga hari ini, mendapatkan posisi No. 1 dalam daftar 10 Lagu punk terbaik dan paling berpengaruh .

9. Basket Case – Green Day #2

10 Lagu Punk Rock Paling BerpengaruhBasket Case adalah lagu oleh band rock Amerika Green Day. Ini adalah lagu ketujuh dan single kedua dari album studio ketiga mereka, Dookie (1994).

Basket Case tidak dapat disangkal adalah salah satu lagu terbaik di album ini, menemukan kesuksesan komersial dan kritis yang besar. Itu menghabiskan lima minggu di nomor satu di tangga lagu Billboard Alternative Airplay dan peringkat 150 di daftar Rolling Stone dari 500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa.

Itu juga mendapatkan nominasi Grammy untuk Penampilan Rock Terbaik Oleh Duo Atau Grup Dengan Vokal.

Lagu ini menghabiskan lima minggu di bagian atas tangga lagu Alternatif Billboard. Pada tahun 2001, lagu tersebut muncul sebagai lagu kelima di album hits terbesar mereka, International Superhits.

Basket Case mengumpulkan nominasi Grammy Award di Best Rock Vocal Performance oleh kategori Duo atau Grup.

Pada tahun 2006, Special di BBC Radio 1, para pendengar memilih "Basket Case" Lagu Punk Terbaik Sepanjang Masa.

Sedangkan pada tahun 2009, dinobatkan sebagai lagu hard rock terbaik ke-33 sepanjang masa oleh VH1.

10. Smells Like Teen Spirit – Nirvana #1

10 Lagu Punk Rock Paling BerpengaruhSingle utama band dari Nevermind, "Smells Like Teen Spirit" melambungkan Nirvana ke mata publik selama tahun 90-an. Sejarah rock mengklaim kerusuhan Bikini Kill menulis kalimat "Kurt Smells Like Teen Spirit" dengan cat semprot di dinding dan Cobain menangkap judulnya.

Bagaimanapun, lagu ini mengandung kegelisahan, ketabahan, dan energi yang sama seperti yang dimiliki seorang remaja.

Tapi apa arti sebenarnya dari "Smells Like Teen Spirit?" Tidak ada yang benar-benar tahu. Cobain mengakui dalam wawancara tahun 1994 dengan Rolling Stone bahwa dia "hanya mencoba untuk menulis lagu pop terbaik" dan mengambil banyak inspirasi dari Pixies.

Lagu ini juga adalah hit terbesar Nirvana dan mendapat pujian kritis luas, termasuk menduduki puncak jajak pendapat Village Voice Pazz & Jop. Lagu itu dijuluki "lagu untuk anak-anak apatis" dari Generasi X.

Pada tahun 2000 Guinness World Records menyebut "Smells Like Teen Spirit" "Most Played Video" di MTV Eropa, dimasukkan dalam daftar The Songs That Shaped Rock and Roll 2001, peringkat lagu di nomor 80 pada daftar Lagu Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA), peringkat lagu nomor dua dalam daftar 100 Singel Terbesar Sepanjang Masa NME 2002, Abad mereka.

Nomor satu dalam daftar "100 Singel Terbesar Sepanjang Masa" versi majalah Kerrang british 2004, dan kesembilan dalam daftar The 500 Greatest Songs of All Time veris rolling stone 2017. Lagu Smells Like Teen Spirit dianggap sebagai salah satu lagu terbesar dalam sejarah musik.

‘’Heboh penampilan harus disertai hebohnya pemikiran’’. Itulah kira-kira yang bisa digambarkan dari penganut musik Punk Rock.