Breaking News

10 Mobil Off Road Paling Tangguh


Mobil Off Road atau dikenal juga sebagai mobil segala medan, adalah jenis mobil taff yang biasanya digunakan pada medan-medan sulit. Sesuai dengan namanya, mobil ini didesign khusus untuk jalan selain aspal atau jalan utama.

Karena bobot dan mesinnya yang kuat dan tangguh, sehingga umum digunakan pada daerah dengan kondisi medan seperti bebatuan, pengunungan, hutan, padang pasir atau daerah berlumpur yang sulit dijangkau jika menggunakan kendaraan biasa.

Kendaraan ini juga selain digunakan untuk perlombaan Relli, juga banyak digunakan untuk keperluan militer seperti kendaraan taktis. Berikut 10 Mobil Off Road Paling Tangguh disegala medan.

10. Branco – Ford Motor Company


Ford Bronco
yang legendaris kembali dengan gaya retro yang keren, fitur inovatif, dan kemampuan off-road yang mengesankan.
 
Design Ford Branco dimulai dari tata letak interiornya yang sederhana namun sarat dengan teknologi, seperti layar sentuh 12,0 inci yang tersedia dan aplikasi kinerja off-road. 
 
Kabin juga memiliki permukaan tahan air dan tahan lama yang melindungi barang-barang saat pintu dan atap lunak atau atap keras dilepas. Sifatnya yang dapat dikonversi  bersama dengan gaya bodi dua dan empat pintu membuat SUV Ford paling kokoh dengan Jeep Wrangler yang populer. 
 
Dengan sasis dan drivetrain yang sangat mumpuni, Bronco 2021 memiliki peluang yang sah untuk menantang Jeep untuk mahkota trail-rated. 
 
Mesin Ford Branco tidak datang dengan delapan silinder. Sebaliknya, hanya memiliki pilihan empat pot atau V-6, tapi itu yang kuat. Mesin standarnya adalah mesin empat silinder segaris 2.3 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 270 tenaga kuda dan torsi 310 lb-ft.
 
Transmisi otomatis 10 kecepatan dibaut ke dua mesin gas, tetapi manual tujuh kecepatan hanya kompatibel dengan yang lebih kecil. Meskipun diborgol ke mesin dengan torsi lebih sedikit, tujuh kecepatan memiliki rasio crawler 94,75: 1 super rendah, yang berguna untuk mengatasi rintangan pada kecepatan rendah. 
 
Harga Ford Branco model ini dijual dengan harga dasar mulai US$29.995 atau setara Rp 431,5 juta.
 

9. 4Runner TRD Pro – Toyota
 

Toyota 4Runner TRD Pro
memasuki model tahun 2021 sebagai SUV yang pada dasarnya sama dengan lebih dari satu dekade lalu. Meskipun sudah banyak yang kompeten, TRD Pro mendapat manfaat dari kemampuan off-road tambahan untuk tahun 2021.
 
Design Toyota 4Runner TRD Pro terus meningkatkan modelnya yang sudah tua, dan semua 4Runner 2021 mendapat manfaat dari penambahan lampu depan LED dan lampu kabut. 
 
Pencahayaan eksterior bukanlah satu-satunya perubahan pada 4Runner body-on-frame, dan Toyota yang kotak terlihat memanfaatkan kemampuan off-tarmacnya dengan model edisi khusus Trail baru dan sebelumnya telah diluncurkan yang menambahkan roda TRD, a Keranjang kargo atap Yakima, dan pendingin khusus di ruang kargo. 
 
Mesin Toyota 4Runner TRD Pro 2020 ditenagai oleh 270 tenaga kuda, 24-katup DOHC V6 dengan knalpot cat-back bermerek TRD, yang memberikan suara geraman yang kuat pada mesin. Tenaga tersebut dikirim ke roda melalui transmisi lima kecepatan.
 
Harga Toyota 4Runner TRD Pro dibandel dengan harga $ 51.645 tahun 2020 setara Rp. 762.000.000,-.
 
8. Defender – Land Rover
 

Defender
sepenuhnya baru untuk tahun 2020 dan, tidak seperti generasi sebelumnya, rig ini akan tersedia untuk orang Amerika. 
 
Defender 2020 terlihat seperti crossover biasa, tapi ia memiliki kemampuan off-road yang serius dan komponen kokoh yang membantunya memenuhi warisan go-where-nya.
 
Design Defender menawarkan perabotan kabin yang tahan lama, tetapi juga bahan kelas atas dan berbagai fitur mewah. 
 
Ditawarkan dalam gaya bodi dua pintu (model 90) dan empat pintu (model 110), yang dibangun di atas dua wheelbase berbeda dan memiliki jumlah ruang interior yang berbeda. 
 
Model Defender 80 yang lebih kecil diharapkan untuk bergabung dengan lineup, tetapi SUV kompak itu masih beberapa tahun lagi dari produksi.
 
Mesin Defender berkekuatan 2.0 liter empat silinder 296 hp turbocharged — tampak cukup segar dengan mesin P400 opsional enam silinder segaris 395-hp dengan turbocharger dan supercharged dengan bantuan hibrida 48 volt sebagai pilihan yang lebih baik. 
 
Harga Defender seri 110 diperkirakan dibanderol mulai dari 56.416 dollar AS atau sekitar Rp 788 juta. Sementara seri 90 dijual ke pasaran dengan harga 43.647 dollar AS atau sekitar Rp 609 juta.
 
7. Wrangler Rubicon – Jeep
  

Wrangler Rubicon
adalah model siap off-road, yang menawarkan ban off-road 32 inci BF Goodrich Mud-Terrain KM dengan tapak agresif, velg tujuh belas inci, dan banyak lagi. Stiker 'RUBICON' menghiasi kedua sisi kap.
 
Design Wrangler Rubicon menggunakan komponen standar dari paket Rubicon termasuk gandar Dana 44 generasi depan dan belakang dengan loker elektrik, penggerak empat roda Rock-Trac dengan kotak transfer 4: 1, rel batu, gandar belakang 32-spline dengan ring gear 8,8 inci, 4,10 roda gigi gandar, sway bar pelepas listrik, kursi "Yes Essentials" (2007–08), sistem suara infinity 7-speaker, dan opsi lain yang tersedia dapat ditambahkan.
 
Mesin Wrangler Rubicon terbilang cukup kecil disbanding produksi mobil jeep tipe wrangler yang lain yaitu hanya sebesar 1.995 cc saja.
 
Mesin V6 Pentastar 3.6L (3.604cc) yang sudah digunakan Wrangler JK dari 2007 silam hingga diganti oleh V6 3.0L (2.985cc) di tahun 2015, kini memang menjadi semakin kecil. Jumlah silinder juga berkurang dari 6 menjadi 4. Untungnya, figur tenaga dan torsi yang dihasilkan tidak mengecewakan.
 
Mesin GME 2.0L ini sanggup memompa tenaga 270 hp dan torsi 400 Nm. Horsepower: 270 hp, Dimensions: 4,237-4,785 mm L x 1,875 mm W x 1,868 mm H, Engine: 4-cylinder, Curb weight: 1,894 to 2,034 kg, Seating capacity: 4, 5
 
Harga Wrangler Rubicon tahun 2020 sebesar Rp. 1.780.000.000,- jika sudah diindonesia.
 
6. Colorado ZR2 – Chevrolet 
 

Colorado ZR2
ukuran sedang 2021 dan saudara perusahaannya, GMC Canyon, memberikan kepraktisan sehari-hari dan kemampuan yang luas, dengan peringkat derek dan muatan yang cukup besar.
 
Design Colorado ZR2 memiliki ukuran kabin terbesar dan jok belakang kecil, truk ini mempertahankan posisi mengemudi yang menyenangkan dan penanganan atletis. Chevy memastikan setiap model memiliki sistem infotainment modern. 
 
Mesin Colorado ZR2 menawarkan tiga mesin berbeda, termasuk V-6 yang sangat cepat dan diesel empat silinder yang menarik.
 
Colorado menawarkan powertrain untuk hampir semua orang: basis empat silinder dengan transmisi otomatis enam kecepatan (manual enam kecepatan tidak lagi tersedia), V-6 308 hp yang cepat dengan otomatis delapan kecepatan, dan satu-satunya diesel di segmen ini  empat silinder 2,8 liter yang menghasilkan torsi 369 pound-feet yang mengesankan. 
 
Harga Colorado ZR2 adalah $ 48.045 (Rp 675,6 juta), bukan alasan mobil ini dijauhi pembeli, malah sebaliknya. Konsumen harus antre untuk membeli unit ini.
 
5. Hummer H3 – AM General Motors
 

Hummer H3
adalah kendaraan off-road yang diproduksi dari tahun 2005 hingga 2010 oleh General Motors. Model terkecil dari jajaran Hummer, ditawarkan sebagai SUV 5 pintu atau truk pickup 4 pintu yang dikenal sebagai H3T.
 
Design Hummer H3 menampilkan kontrol stabilitas elektronik, rem cakram empat roda anti-lock, kontrol traksi yang dikendalikan rem, jangkar kursi anak LATCH, dan pemantauan tekanan ban adalah fitur standar pada H3. 
 
H3 memiliki fitur kontrol traksi yang dapat menggunakan rem secara independen untuk menghentikan roda kemudi dan meningkatkan traksi sambil menyesuaikan dengan kondisi jalan raya. Ia juga dilengkapi dengan kontrol stabilitas Stabilitrak dan ABS dengan bantuan distribusi gaya rem variabel. 
 
Mesin Hummer H3 diluncurkan dengan mesin L52 silinder lurus-5 3,5 liter yang menghasilkan tenaga 220 hp (160 kW) dan torsi 225 lbf⋅ft (305 N⋅m) dan dipadukan dengan transmisi manual Aisin AR5 lima kecepatan standar atau transmisi manual. transmisi otomatis empat kecepatan Hydra-Matic 4L60-E opsional. 
 
Di bawah standar pengujian EPA yang direvisi ketika dilengkapi dengan transmisi manapun, mesin 5-lurus ini mencapai 14 mpg ‑ AS (17 l / 100 km) di kota dan 18 mpg ‑ AS (13 l / 100 km) di jalan raya dengan gabungan rata-rata 15 mpg ‑ AS (16 l / 100 km).
 
Versi V8 memiliki penghematan bahan bakar yang lebih rendah, diperkirakan mencapai 13 mpg ‑ US (18 l / 100 km) di dalam kota, 16 mpg ‑ US (15 l / 100 km) di jalan raya, dengan gabungan rata-rata 14 mpg ‑ US ( 17 l / 100 km). 
 
Harga Hummer H3 saat ini diperkirakan sebesar Rp. 1.150.000.000,- di Indonesia.
 
4. Ranger Raptor – Ford Motor Company
 
 

Ford Raptor
adalah papan nama yang digunakan oleh Ford Motor Company pada truk pikap "berperforma tinggi". Digunakan sejak model tahun 2010, Raptor adalah versi performa tertinggi dari Ford F-150 dan Ford Ranger. 
 
Namanya diambil dari burung pemangsa dan velociraptor, dimaksudkan sebagai mobil legal jalanan dari kendaraan balap off-road.
 
Design Ford Raptor dioptimalkan untuk penggunaan off-road, Raptor dilengkapi dengan penggerak empat roda sebagai perlengkapan standar, sistem suspensi mid-travel, dan ban segala medan. 
 
Model ini juga dilengkapi dengan mesin paling kuat yang tersedia di lini F-150 / Ranger. Bersama dengan spatbor yang lebih lebar, Raptor dilengkapi dengan gril sendiri, menggantikan lambang Ford Blue Oval dengan huruf "FORD" yang besar di gril.
 
Mesin Ford Raptor dilengkapi dengan mesin diesel 2.0L EcoBlue biturbo, menghasilkan 210 hp. Dibagikan dengan versi Ford Transit dan Ford Everest yang dipasarkan secara global, mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 10 kecepatan (digunakan bersama dengan F-150, termasuk Raptor). 
 
Harga Ford Raptor dijual sekitar $ 130.000 USD atau setara Rp. 1.920.000.000,0 untuk pasaran di Indonesia saat ini.
 
3. Rhino XT – US Specially Vehicle
 

Rhino XT
sudah menjadi fantasi. Ini adalah Jeep Wrangler dengan modifikasi berat yang dibuat oleh Kendaraan Khusus AS di California yang terinspirasi oleh konsep Hummer lama yang tidak pernah dibuat dan menghadirkan gaya militer ke jalanan.
 
Design Rhino XT terinspirasi oleh Hummer HX, hampir tidak dapat dikenali sebagai Wrangler, memiliki tampilan yang sangat agresif dengan spatbor besar yang melebar, bemper kokoh, panel bodi FRP yang diperkuat, kait derek desainer, dan sangkar roll tugas berat yang didesain ulang. 
 
Di dalamnya Anda akan menemukan jok kulit premium, panel pintu berlapis kulit, panel instrumen digital berpenampilan 3D, sistem navigasi Alpine, tampilan kamera belakang, di antara perangkat tambahan lainnya. 
 
Mesin Rhino XT didukung oleh V6 3.6-liter 285 hp yang menghasilkan 285 tenaga kuda. Transmisi juga dasar 5-kecepatan yang digunakan pada Wrangler terbatas.
 
Harga Rhino XT sekitar $ 157.000 atua setara Rp. 2.225.000.000,-.
 
2. Rhino GX - US Specially Vehicle
  

Rhino GX
adalah kendaraan khusus AS, salah satu SUV mewah terbesar di pasar dan berkemampuan off-road sepenuhnya dengan rasio power-to-weight yang luar biasa. 

Design Rhino GX dibangun di atas Ford F450 Super Duty, Rhino GX memiliki kabin berpartisi dengan televisi 40 inci dan interkom, sistem hiburan premium, dan penerima satelit. 

Interior Rhino GX yang elegan menampilkan kulit yang lembut dan berkualitas, lapisan kayu dan sentuhan akhir yang sangat halus, menciptakan lingkungan yang modern namun nyaman. Dengan teknologi intuitif di ujung jari Anda, ini adalah pilihan sempurna untuk tamasya apa pun.

Mesin Rhino  GX sangat powerful karena dibekali dengan jantung pacu Diesel Turbo PowerStroke V8 6,7 liter yang dikawinkan dengan gearbox otomatis 5-kecepatan. 

Menggunakan penggerak empat roda, kemudi berbantuan daya, stir dengan fitur anti guncangan, sistem suspensi hidrolik, roda khusus 20 inci, panel bodi baja dan spatbor atau bumper komposit.

Harga Rhino GX dibandel sekitar $ 330.000 atau seharga Rp. 4.892.000.000,-.

1. Hummer H2 – AM General Motors


Hummer H2
adalah SUV besar yang dipasarkan oleh Hummer dan dibuat oleh AM General dari tahun 2002 hingga 2009, didasarkan pada Chevrolet 2500 HD GMT820 yang dimodifikasi di depan dan 1500 frame di belakang. 

Versi truk pickup empat pintu dengan pintu tengah yang membuka interior kendaraan ke tempat tidur kargo eksternal diperkenalkan pada tahun 2005 sebagai H2 SUT (truk sport).

Design Hummer H2 memiliki fitur standar termasuk AC dengan kontrol iklim tiga zona, roda kemudi berlapis kulit miring dengan kontrol radio, cruise control, jok kulit, kursi depan dan belakang berpemanas, kursi depan daya 8 arah, sistem memori ganda, sistem suara premium BOSE, pemutar CD / kaset tunggal dan kemudian pada tahun 2004, pengubah CD 6-disk, kemudian pada tahun 2008, pemutar CD tunggal dengan kemampuan MP3, jack input tambahan dan pemutar DVD, indikator suhu luar, kompas, kontrol radio belakang, suspensi batang torsi depan independen, suspensi pegas koil 5-link belakang yang khusus dibuat untuk H2, ban besar dengan roda HUMMER, pembuka pintu garasi universal, dan start mesin jarak jauh (2008-2009).

Mesin Hummer H2 berkekuatan 393 daya kuda dengan silinder 6,2 liter. Mesin bensin itu juga memiliki konfigurasi V-8. Dengan ban berukuran 35 inci dan pelek 20 inci, ditopang oleh dapur pacu berkapasitas silinder 7.000 cc. 

Harga Hummer H2 berkisar antara 1.1 Milyar sampai dengan 3.9 Milyar rupiah, baik yang bekas maupun yang baru, tergantung tahun keluaran.