Breaking News

Daftar Mobil Lamborghini


Awalnya adalah pengusaha traktor, Ferruccio Lamborghinipun berubah menjadi kaya raya dan akhirnya menggeluti hobi mahal dengan membeli sebuah Ferrari 250 GT.

Namun, mobil tersebut justru menimbulkan kekecewaan. Sebab, ia justru frustasi karena permasalah kopling hingga akhirnya menemui Enzo Ferrari untuk meminta saran.

Bukan jawaban yang ia dapat, Enzo Ferrari justru melemparkan komentar yang membuat Ferrucio Lamborghini tersinggung. "Masalahnya bukan pada mobilnya, tapi pada pengendaranya!" kata Ferrari.

Yang parahnya lagi, Ferrari pun melontarkan ucapan pedas dengan menyuruh Lamborghini untuk mengurusi traktornya saja.

Merasa dihina, Lamborghini pun bersumpah untuk menciptakan sebuah kendaraan yang bakal mematahkan pesona Ferrari. Berikut Daftar Mobil Lamborgini.

Lamborgini Urus



Tahun : 2018–present
Engine : Twin Turbo 4.0 litre V8
Top speed : 305 km/h (190 mph)
Designer :
1. Filippo Perini (concept)
2. Mitja Borkert (production version)
Model/Jumlah Produksi (Unit): SUV: In production
Price : Rp. 8.5 Milyar

Background :
Lamborghini Urus diresmikan pada 4 Desember 2017 dan dipasarkan untuk model tahun 2018. Namanya berasal dari urus, nenek moyang sapi domestik modern, juga dikenal sebagai aurochs.

Konsep Lamborghini Urus diresmikan di Beijing Auto Show 2012 pada 23 April 2012. Kemudian, SUV itu juga ditampilkan di Pebble Beach pada tahun 2012.

Lamborgini Huracán


Tahun : 2014–present
Engine : V10 5.2-litre
Top speed : 325 km/h (202 mph)
Designer :
1. Filippo Perini
2. Mitja Borkert (LP640-4, facelift)
Model/Jumlah Produksi (Unit): Evo: In production
Price : Rp. 8.9 Milyar

Background :
Nama Huracán (huracán menjadi kata Spanyol untuk badai) terinspirasi oleh banteng petarung Spanyol. Huracán adalah banteng yang dikenal karena keberaniannya yang bertarung pada tahun 1879.

Huracán terungkap melalui online pada bulan Desember 2013, kemudian membuat debutnya di seluruh dunia di Geneva Auto Show 2014, dan dirilis di pasar pada kuartal kedua tahun 2014.

Lamborgini Aventador


Tahun : 2011-present
Engine : V12 6.5-litre (397 cid)(New L539)
Top speed : 349 km/h (217 mph)
Designer :
1. Filippo Perini (original design)
2. Mitja Borkert (Aventador S)
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Aventador : In production
2. Aventador J: 1
3. LP700-4: 2563
4. LP700-4 Roadster: 1075
5. LP720-4 50th Anniversary Coupe: 100
6. LP720-4 50th Anniversary Roadster: 100
7. LP750-4 SV: 600
8. LP750-4 SV Roadster: 500
9. LP740-4 S: In Production
10. LP740-4 S Roadster: In Production
11. LP770-4 SVJ: 963
12. LP770-4 SVJ Roadster: 863
Price : Rp. 6.4 Milyar

Background :
Diluncurkan pada 28 Februari 2011 di Geneva Motor Show, lima bulan setelah peluncuran pertamanya di Sant'Agata Bolognese, kendaraan tersebut, secara internal diberi nama kode LB834, dirancang untuk menggantikan Murcielago yang berusia satu dekade sebagai model andalan baru.

Lamborgini SC20

Tahun : 2021
Engine : V12 6.5litre
Top speed : -
Designer : -
Model/Jumlah Produksi (Unit): SC20 : 1 
Price : Rp. 6.5 Milyar

Background :
Pada bulan Desember 2020, Lamborghini memperkenalkan SC20, satu unit yang berfokus pada trek yang dibuat untuk pelanggan di bawah kolaborasi erat dengan divisi motorsport Lamborghini Squadra Corse.

Ia menggunakan mesin yang sama dengan Aventador SVJ LP770-4. Tidak memiliki kaca depan seperti Aventador J, tetapi legal di jalan raya dan lampu belakangnya mirip dengan Sián FKP 37.

Lamborgini Sián


Tahun : 2020
Engine : 6.5 litre V12 and a supercapacitor hybrid system
Top speed : 349 km/h (217 mph)
Designer : Mitja Borkert
Model/Jumlah Produksi (Unit): Sián : 63
Price : Rp. 53 Milyar

Background :
Nama Sián berasal dari kata Bolognese yang berarti kilatan petir. Nama tersebut dipilih untuk menyoroti fakta bahwa mobil tersebut adalah kendaraan pertama yang diproduksi oleh perusahaan yang menyertakan komponen superkapasitor hibrida, bahkan, merupakan hibrida pertama dari perusahaan tersebut. FKP 37 adalah inisial dari mendiang ketua Grup Volkswagen Ferdinand Karl Piëch.

Lamborgini SC18 Alston


Tahun : 2018
Engine : V12 6.5litre
Top speed : -
Designer : -
Model/Jumlah Produksi (Unit): SC18 Alston : 1
Price : Rp. 72.4 Milyar

Background :
Diperkenalkan pada November 2018, SC18 Alston adalah satu-satunya yang berfokus pada trek yang dibuat untuk pelanggan di bawah kolaborasi erat dengan divisi motorsport Lamborghini Squadra Corse.

Lamborgini Centenario


Tahun : 2016-2017
Engine : V12 6.5litre
Top speed : 349 km/h (217 mph)
Designer : -
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Coupe: 20
2. Roadster: 20
Price : Rp. 31 Milyar

Background :
Lamborghini mengembangkan Centenario untuk memamerkan kemajuan teknologi baru dan juga sebagai test bed untuk pengembangan model Lamborghini baru.

Centenario adalah mobil Lamborghini pertama yang digunakan dengan kemudi roda belakang. Sistem ini dirancang untuk memberikan kemampuan manuver tambahan pada kecepatan rendah, di lingkungan mengemudi di kota, dan meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Lamborgini Veneno


Tahun : 2013-2014
Engine : V12 6.5-litre (397 cid)
Top speed : 356 km/h (221 mph)
Designer :
1. Filippo Perini
2. Michele Tinazzo
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Prototype: 2 (1 for show, 1 for test)
2. Coupe: 3
3. Roadster: 9
Price : 70 Milyar

Background :
Berdasarkan Lamborghini Aventador, Veneno dikembangkan untuk merayakan ulang tahun ke-50 Lamborghini. Itu diperkenalkan di Geneva Motor Show 2013. Saat diperkenalkan, harganya $4.000.000 USD. menjadikannya salah satu mobil produksi termahal di dunia.

Lamborgini Sesto Elemento  


Tahun : 2012
Engine : V10 5.2-litre (317 cid)
Top speed : 355 km/h (221 mph)
Designer : Filippo Perini
Model/Jumlah Produksi (Unit): Sesto Elemento : 20
Price : Rp. 44 Milyar

Background :
Lamborghini Sesto Elemento ("elemen keenam") adalah mobil trek edisi terbatas berperforma tinggi yang memulai debutnya di Paris Motor Show 2010. Nama Sesto Elemento mengacu pada nomor atom karbon, mengacu pada serat karbon yang digunakan

Lamborgini Reventón


Tahun : 2008-2010
Engine : V12 6.5-litre (400 cid)
Top speed : 330 km/h (210 mph)
Designer : -
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Coupe: 20+1 for museum
2. Roadster: 15
Price : Rp. 23.5 Milyar

Background :
Mobil ini dinamai banteng aduan, sejalan dengan tradisi Lamborghini. Banteng, dibesarkan oleh Don Heriberto Rodriguez, terkenal karena membunuh matador terkenal Meksiko Felix Guzman pada tahun 1943.

Reventón adalah mobil sport bermesin tengah yang memulai debutnya di Frankfurt Motor Show 2007. Siaran pers resmi menyatakan bahwa hanya 20 kendaraan yang akan dijual ke publik,dengan satu mobil tambahan (ditandai sebagai 00/20) yang diproduksi untuk museum Lamborghini. Setiap mobil dicap dengan nomornya berurutan 35 antara kursi pengemudi dan penumpang.

Lamborgini Murciélago


Tahun : 2001–2010
Engine : V12 6.2-litre (380 cid), V12 6.5-litre (400 cid)
Top speed : 330 km/h (210 mph)-341 km/h (212 mph)
Designer : Luc Donckerwolke
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Murciélago : 3084
2. 40th Anniversary: 50
3. Concept: 1
4. Roadster: 899
5. LP760-4 Super Veloce: 186
6. LP670-4 SV China Edition: 10
Price : Rp. 5.1 Milyar

Background :
Murcielago adalah kata Spanyol untuk kelelawar. Dalam bahasa Spanyol Kastilia yang diucapkan di sebagian besar Spanyol, kata tersebut diucapkan [muɾˈθjelaɣo], dengan frikatif gigi tak bersuara [θ] (seperti dalam bahasa Inggris).

Namun, pembuat mobil Italia sering menggunakan pengucapan Spanyol Selatan dan Spanyol Amerika Latin, [muɾˈsjelaɣo], dengan suara [s].

Penerus Diablo dan unggulan V12 dari lineup pembuat mobil, Murcielago diperkenalkan sebagai coupé pada tahun 2001. Mobil ini pertama kali tersedia di Amerika Utara untuk model tahun 2002.

Lamborgini Gallardo


Tahun : 2003–2013
Engine : V10 5.0-litre (303 cid), V10 5.2-litre (317 cid)
Top speed : 309 km/h (192 mph)-325 km/h (202 mph)
Designer :
1. Fabrizio Giugiaro at Italdesign (initial design)
2. Luc Donckerwolke (final design)
3. Walter de Silva (mid-cycle refresh)
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Gallardo : 7221
2. Spyder: 3353
3. SE: 250
4. Nera: 185
5. LP550-2 Valentino Balboni: 250
6. LP570-4 Super Trofeo Stradale: 150
7. Squadra Corse: 50
Price : Rp. 3.9 Milyar

Background :
Ini adalah model terlaris Lamborghini dengan 14.022 unit yang dibuat selama produksi berjalan.Dinamakan berdasarkan jenis banteng aduan yang terkenal, Gallardo bertenaga V10 telah menjadi pemimpin penjualan Lamborghini dan pasangan stabil untuk suksesi model unggulan V12 — pertama hingga Murcielago (4.099 dibangun antara 2001 dan 2010), kemudian hingga saat ini andalannya, Aventador.

Lamborgini Diablo


Tahun : 1990–2001
Engine : V12 5.7-litre (350 cid), V12 6.0-litre (370 cid)
Top speed : 330 km/h (210 mph)
Designer :
1. Marcello Gandini (initial design)
2. Tom Gale[3] at Chrysler Styling Center (final design)
3. Luc Donckerwolke (Diablo 6.0 VT)
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Diablo : 900
2. VT Mk1: 400
3. SE30: 135
4. SE30 Jota: 15
5. VT Mk1 Roadster: 200
6. SV Mk1: unknown
7. VS Special: 1
8. SV Mk1 Roadster: 6
9. SV Mk1 Monterey Edition: 20
10. Alpine Edition: 12
11. VT Mk2: unknown
12. SV Mk2: 100
13. VT Mk2 Roadster: 100
14. GT: 83
15. VT Mk2 Roadster Momo Edition: 12
16. GTR: 32
17. Millennium Roadster: 30
18. VT Mk2 6.0: 337
19. VT MK2 6.0 SE: 44
Price : Rp. 2.7 Milyar

Background :
Nama Diablo berarti "setan" dalam bahasa Spanyol. Lamborghini memulai pengembangan apa yang diberi nama kode Project 132 pada Juni 1985 sebagai pengganti Countach, mobil sport andalan Lamborghini. Laporan singkat tersebut menyatakan bahwa kecepatan tertinggi mobil baru harus setidaknya 315 km/jam (196 mph).

Lamborgini LM002


Tahun : 1986–1993
Engine : V12 5.17-litre (315 cid)
Top speed : 210 km/h (130 mph)
Designer : -
Model/Jumlah Produksi (Unit): LM002 : 328
Price : Rp. 3.9 Milyar

Background :
Lamborghini membangun kendaraan militer pertamanya, sebuah prototipe kendaraan dengan nama kode "Cheetah", pada tahun 1977. Lamborghini telah merancang kendaraan tersebut dengan harapan dapat menjualnya kepada perusahaan-perusahaan di industri eksplorasi dan produksi minyak.

Lamborgini Jalpa


Tahun : 1981–1988
Engine : V8 3.5-litre (213 cid)
Top speed : 249 km/h (155 mph)
Designer :
1. Giulio Alfieri
2. Carrozzeria Bertone
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. P350: 410
2. Spyder: 2
Price : Rp. 1.4 Milyar

Background :
Jalpa adalah pengembangan dari Silhouette sebelumnya yang dimaksudkan untuk mengisi peran sebagai Lamborghini yang lebih "terjangkau", karena jauh lebih murah daripada Countach andalannya dan juga dirancang oleh Bertone.

Nama Jalpa Kandachia berasal dari jenis banteng aduan yang terkenal, sebuah tradisi yang kemudian diikuti dengan Gallardo.

Lamborgini Silhouette


Tahun : 1976–1979
Engine : V8 3.0-litre (182.8 cid)
Top speed : 260 km/h (160 mph)
Designer : Bertone
Model/Jumlah Produksi (Unit): Silhouette : 55
Price : Rp. 1.8 Milyar

Background :
Secara resmi dipresentasikan di Geneva Auto Show 1976, Silhouette dimulai sebagai latihan gaya oleh Carrozzeria Bertone dari Italia. Didasarkan pada Lamborghini Urraco sebelumnya, tetapi dibedakan dari Urraco dengan gaya yang lebih bersudut.

Silhouette adalah Lamborghini pertama yang menggunakan atap targa atas. Kemudian berevolusi menjadi Lamborghini Jalpa yang tampak serupa tetapi lebih sukses.

Lamborgini Countach


Tahun : 1974–1990
Engine : V12 4.0-litre (240 cid), V12 5.0-litre (290 cid), V12 5.2-litre (320 cid)
Top speed : 254 km/h (158 mph)-299 km/h (186 mph)
Designer :
1. Marcello Gandini at Bertone (LP500 prototype)
2. Paolo Stanzani (production version)
3. Horacio Pagani (25th Anniversary)
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. LP500 Prototype: 1
2. LP400: 157
3. LP400S: 237
4. LP500S: 321
5. LP500S QV: 610
6. 25th Anniversary: 650
7. Evoluzione: 1
8. "Alfieri": 1
Price  : Rp. 3.4 Milyar

Background :
Setelah satu tahun pekerjaan pengembangan intensif, prototipe Countach pertama, yang diberi nama LP500, ditampilkan kepada publik di Geneva Motor Show 1971. Selanjutnya, tim teknik Lamborghini menghabiskan tiga tahun untuk menyempurnakan prototipe radikal ini menjadi LP400 Countach yang siap produksi, yang memulai debutnya pada tahun 1974.

Nama Countach berasal dari akhir 1970 atau 1971, menjelang awal proyek LP112.Sebagian besar nama mobil Lamborghini sebelumnya dan selanjutnya dikaitkan dengan banteng dan adu banteng yang terkenal, tetapi Countach melanggar tradisi ini. Nama ini berasal dari kata contacc (diucapkan [kʊŋˈtɑtʃ]), sebuah seruan keheranan dalam bahasa Piedmont.

Lamborgini Urraco


Tahun : 1973–1979
Engine : V8 2.0-litre (122 cid), V8 2.5-litre (153 cid), V8 3.0-litre (183 cid)
Top speed : 230 km/h (140 mph)
Designer : Marcello Gandini at Bertone
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Protype: 2
2. P250: 520
3. P300: 190
4. P200: 66
5. 'Bob': 1
Price : Rp. 1.2 Milyar

Background :
Mobil ini adalah coupé 2+2 dengan bodi yang dirancang oleh Marcello Gandini, saat itu bekerja untuk Carrozzeria Bertone. Daripada menjadi mobil sport top lainnya, seperti Lamborghini Miura, Urraco dimaksudkan untuk menjadi lebih terjangkau dan alternatif dari Ferrari Dino dan Maserati Merak kontemporer.

Lamborgini Jarama


Tahun : 1970–1976
Engine : 3,929 cc V12
Top speed : 240 km/h (150 mph)
Designer : Marcello Gandini at Bertone
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. 400 GT: 177
2. 400 GTS: 150
3. 400 GT 'Bob': 1
Price : Rp.1.7 Milyar

Background :
Pada tahun 1968 Lamborghini mulai memproduksi Islero untuk memenuhi permintaan pasar Amerika. Ketika tiba saatnya untuk menggantinya, alih-alih hanya mendesain ulang Islero, Lamborghini malah membuat Jarama, mengisi tempat yang seharusnya diambil oleh generasi kedua Islero.

Diperkenalkan pada tahun 1970 di Geneva Motor Show, Lamborghini membangun Jarama untuk memenuhi standar AS menggunakan versi sasis Espada yang jarak sumbu rodanya diperpendek 10,7 inci.

Iso Lele dan Lamborghini Jarama memiliki kesamaan dalam gaya eksterior mereka dan keduanya ditata oleh Marcello Gandini.

Lamborgini Islero


Tahun : 1968–1969
Engine : 3,929 cc V12
Top speed : 248 km/h (154 mph), S: 259 km/h (161 mph)
Designer : Mario Marazzi at Carrozzeria Marazzi
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Islero : 125
2. Isero s : 100
Price : Rp. 3.2 Milyar

Background :
Islero diperkenalkan di Geneva Auto Show 1968 bersama Lamborghini Espada. Sementara kedua mobil menampilkan gaya bodi coupé 2+2, Islero dimaksudkan untuk menjadi alternatif yang lebih konservatif secara visual dibandingkan Espada yang radikal, sesuai dengan gaya tradisional 400 GT sebelumnya.

Nama Islero berarti banteng Miura yang membunuh matador Manuel Rodriguez "Manolete" pada 28 Agustus 1947.

Lamborgini Espada


Tahun : 1968–1978
Engine : 3,929 cc V12
Top speed : 245 km/h (152 mph)
Designer : Marcello Gandini at Bertone
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. Prototype: 1
2. Series I: 186
3. Series II: 575
4. Series III: 465
Price  : Rp. 2.7 Milyar

Background :
Marcello Gandini di Bertone mendapat inspirasi dan petunjuk dari dua mobil pameran Bertone-nya dari tahun 1967, Lamborghini Marzal dan Bertone Pirana.

Espada adalah GT empat tempat duduk dan awalnya dijual bersama Islero dan Miura bermesin tengah. Espada dan Islero keduanya menggantikan 400 GT 2+2 dan memiliki dasar mekanis yang serupa, dengan Espada alternatif yang lebih berani secara visual dibandingkan Islero yang relatif konservatif dan diskrit.

Nama Spanyol "Espada" (diucapkan [esˈpaða]) berarti "pedang", mengacu pada pedang yang digunakan torero untuk membunuh banteng di corrida.

Lamborgini Miura


Tahun : 1966–1972
Engine : 3,929 cc V12
Top speed : 290 km/h (180 mph), S: 276 km/h (171 mph)
Designer : Marcello Gandini at Bertone
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. P400: 275
2. P400 S: 338
3. P400 SV: 150
4. Roadster: 1
5. Jota: 1
Price : Rp. 14.4 - 34.7 Milyar

Background :
Mobil ini adalah supercar pertama dengan tata letak dua kursi bermesin tengah belakang, diperkenalkan pada tahun 1964. Tata letak ini telah menjadi standar untuk olahraga performa tinggi dan supercar.Ketika dirilis, itu adalah mobil jalan produksi tercepat.

Lamborgini 400 GT


Tahun : 1966-1968
Engine : 3,929 cc V12
Top speed : 249 km/h (155 mph)
Designer : Carrozzeria Touring
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. 400 GT : 23
2. GT 2+2: 250
3. GT Flying Star II: 1
4. GT Monza: 1
Price : Rp.7.9 Milyar

Background :
400 GT atau 400 GT Interim, pada dasarnya adalah 350 GT lama yang menampilkan mesin V12 3.929 cc yang diperbesar, dengan output daya 320 bhp (239 kW). Dua puluh tiga dari mobil ini dibuat, dengan tiga menampilkan bodywork aluminium.

Lamborgini 350 GT


Tahun : 1964 – 1966
Engine : 3,464 cc V12
Top speed : 254 km/h (158 mph)
Designer : Carrozzeria Touring
Model/Jumlah Produksi (Unit):
1. 350 GT : 118
2. GTS: 2
3. 3500 GTZ : 2
Price : Rp. 201.3 Juta

Background :
Lamborghini 350 GT adalah kendaraan produksi pertama yang diproduksi oleh Lamborghini. Dilengkapi dengan mesin V12 3,5 liter dan bodi coupé 2 pintu oleh Carrozzeria Touring.

350 GT memulai debutnya di Geneva Motor Show Maret 1964 dan produksi dimulai pada Mei berikutnya. Keberhasilan model ini memastikan kelangsungan hidup perusahaan, menjadikannya sebagai pesaing yang layak dengan pabrikan saingannya Ferrari.


Sumber Referensi :
https://garasi.id
https://intersport.id www.wikipedia.org