Breaking News

10 Gitaris Rock Legenda Dunia

10 Gitaris Rock Legenda Dunia

Sangat banyak gitaris didunia ini, tapi hanya beberapa orang saja yang bisa dikatakan sebagai legend. Bukan hanya menjadi icon didunia, mereka juga gitaris yang mampu membawa bandnya sukses maupun bersolo karir, sehingga terkenal dan menonjol.

Berikut ini, daftar 10 Gitaris Rock Legenda Dunia yang secara histori menjadi pelopor dan inspirasi bagi para gitaris diseluruh dunia.


1. John Petrucci #10

10 Gitaris Rock Legenda Dunia “Tetap Fokus saat Anda bermain pertunjukan langsung, sehingga Anda tidak terganggu dengan sesuatu yang sedang terjadi”, /John Petrucci.
 
John Peter Petrucci terkenal sebagai anggota sekaligus pendiri dari band progressive metal, Dream Theater. Bersamanya, Dream Theater menjadi salah satu band rock papan atas yang paling disegani.

Tanpa namanya dimajalah gitar, serasa makanan tanpa garam. John menjadi salah satu gitaris yang dinilai paling banyak mendapat gelar sebagai gitaris didunia rock.

Baik bersama band, berkolaborasi maupun saat bersolo karir, John tetap saja masih digandrungi dan menjadi inspirator bagi banyak gitaris pada era milenial ini.

Keterlibatannya pada berbagai kompetisi dan ajang gitar, menjadikan John sebagai gitar yang paling banyak ditiru dan terlaris dengan aliran progressive rocknya.
 
Full Name : John Peter Petrucci
Lahir : Kings Park, Long Island, New York, USA 12 July 1967
Zodiak : Cancer
Kebangsaan : Amerika Serikat
Genres : Progresiv Rock, Instrumental Rock, Progresive Metal, Heavy Metal
Afiliasi : Dream Theater
Instrument : Gitar, Vocal
Tahun Aktif : 1984 – Sekarang

2. Jimmy Page #9

10 Gitaris Rock Legenda Dunia“Musik adalah satu hal yang selalu ada untukku. Itu tidak mengecewakanku”, /Jimmy Page. 

Pertama kali belajar gitar saat masih muda melalui Spanish gitar pemberian orang tuanya. Ia mulai bermain gitar ketika berusia 13 tahun, karena terpengaruh oleh gaya rock n roll Elvis Presley pada lagu “Baby, Let’s Play House”.

Jimmy Page mencapai urutan ke tiga dari daftar Roling Stone untuk 100 gitaris terhebat sepanjang masa dan singlenya berhasil mencapai puncak tangga lagu Inggris.

Full Name : James Patrick Page
Lahir : Heston, Middlesex, England, UK 9 Januari 1944
Zodik : Capricorn
Kebangsaan : England
Genres : Blues, Hard Rock, Heavy Metal
Afiliasi : Led Zeppelin
Instrument : Gitar
Tahun Aktif : 1957 – Sekarang 

3. Paul Gilbert #8

10 Gitaris Rock Legenda Dunia“Aku telah berjuang dengan pemetikan alternative untuk waktu yang lama, saya tidak menyangka saya bisa melakukannya”, / Paul Gilbert.

Paul Gilbert termasuk salah satu dari sepuluh besar gitaris tercepat didunia. Banyak teknik gitar yang diadopsi dan ditiru dari gitaris lawas ini. Terutama teknik swip picking level dewa.

Bersama MR.Big, Paul membuktikan bahwa dirinyalah yang paling pantas bersama band legendaris tersebut. Sukses sebagai gitaris grup band Mr.Big, Paul gilbert juga sukses bersolo karir sebagai vokalis sekaligus gitaris.

Full Name : Paul Brandon Gilbert
Lahir : Carbondale, Lilionis, 6 November 1966
Zodik : Scorpio
Kebangsaan : Amerika Serikat
Genres : Instrument Rock, Heavy metal, Hard Rock, Progresive Rock, Power Pop, Neoclasical Metal, Speed Metal
Afiliasi : Mr. Big
Instrument : Gitar, Vocal, Bass, Keyboard, Percussian, Harmonica, Drums
Tahun Aktif : 1983 – Sekarang

4. John Frusciante #7

“Musik itu berasal dari tempat kecil dalam diriku. Dan hatiku memperhatikan semua yang aku lakukan”, /John Fruciante.

John aktif diindustri musik dunia semenjak bergabung dengan grup band papan atas amerika serikat Red Hot Chili Paper. Bersama RHCP, setidaknya john dan kawan-kawan sudah merilis 5 album.

Ia juga populer dan disegani karena kepiawaiannya dalam permainan tempo musik yang dianggap mirip dengan permainan gitar Jimy Hendrix.

Ia dinilai yang paling cocok diantara semua gitaris yang pernah bergabung dengan RHCP, dialah yang paling dikenal dan berpengaruh sebagai gitaris RHCP.

Baik itu berkarir bersama bandnya, bersolo karir atau sekedar berkolaborasi, John selalu tetap menjadi gitaris yang diminati dan selalu mempunai tempat dihati para penggemarnya.

Full Name : John Anthony Fruciante
Lahir : Queens, New York City, USA 5 Maret 1970
Zodik : Piesces
Kebangsaan : Amerika Serikat
Genres : Rock, Event Grade, Electronic
Afiliasi : Red Hot Chili Papers
Instrument : Gitar, Vocal, Bass, Keyboard, Synthesizer
Tahun Aktif : 1988 – Sekarang 

5. Slash #6

10 Gitaris Rock Legenda Dunia“Bukan seberapa bagus kau bermain, itu seberapa keren dirimu”, /Slash.

Tidak bisa disangkali, bahwa gitaris yang terkenal dengan rambut gondrong dan topi sulap ini, adalah salah satu pelopor berdirinya grup band rock papan atas dunia, Guns N Roses.

Identik dengan gitar gibsonnya, slash sangat digandrungi dengan gaya yang paling banyak ditiru para pecinta rock dunia.

Bukan hanya gayanya, permainan gitar slash juga paling dikenal melankolis, sehingga banyak instrument gitarnya yang menjadi icon didunia. Saat ini, ia sukses bersolo karir maupun bersolo karir dengan banyak sekali musisi dunia.

Full Name : Saul Hudson
Lahir : Hamstead, London, England, 5 maret 1970
Zodik : Pieces
Kebangsaan : Amerika Serikat
Genres : Heavy metal, Hard Rock, Blues Rock
Afiliasi : Guns N Roses
Instrument : Gitar, Bass, Piano
Tahun Aktif : 1981 – Sekarang 

6. Randy Rhoads #5

10 Gitaris Rock Legenda Dunia“Saya tidak pernah mencari audisi atau pertunjukan, Saya terjebak dalam kebiasaan ", /Randy Roads.

Dikenal sebagai sosok yang pemalu, namun penyayang dikalangan orang-orang terdekatnya. Tidak hanya piawai dalam bermain gitar, Rhoads juga piawai dalam memainkan instrument musik clasik.

Glen Buxton, Alice Cooper dan Mick Ronson adalah dua pengaruh rock awal pada permainannya. Rock dipadukan dengan instrument clasik, mungkin adalah yang paling identik menggambarkan sosok gitaris yang satu ini.

Dengan karirnya yang singkat, ia telah membuktikan eksistensinya sebagai gitaris. Beawal dari theater, kemudian membentuk sebuah band yang diberi nama Quiet Riot. Dari band inilah ia dinilai hebat dan diminta bergabung sebagai gitaris Ozzy Osborn.

Setelah perpindahannya ke Ozzy Osborn, band terdahulunya Quiet Riot kini tidak terdengar lagi eksistensinya, melainkan karir band Ozzy Osbornlah yang menajdi band terpopuler kala itu.

Aransement musik yang diciptakannya kebanyakan menjadi icon gitar dunia seperti instrument yang bisa kita dengar dalam lagu mr. crowley dan crazy train.

Full Name : Randall William Rhoads
Lahir : Santa Monica, California, USA 06 Desember 1956
Zodik : Sagitarius
Kebangsaan : Amerika Serikat
Genres : Heavy Metal, Hard Rock, Neoclasical Metal
Afiliasi : Quiet Riot, Ozzy Osborn
Instrument : Gitar, Piano
Tahun Aktif : 1972 – 1982 

7. Eric Clapton #4

10 Gitaris Rock Legenda Dunia“Setiap kali kau mengambil gitar untuk memainkannya, mainkanlah seperti itu yang terakhir kali", /Erick Clapton.

Erick Clapton adalah salah satu gitaris penting diindustri musik dunia. Kepiawaiannya dalam bermain gitar diperolehnya secara otodidak.

Dijuluki gitaris tangan dewa ini, mendapat urutan ke dua daftar roling stone untuk 10 gitaris terhebat sepanjang masa.

Gitaris legenda ini, sudah malang melintang dipanggung internasional, dengan para musisi-musisi ternama seperti John Lennon, Jimmy Hendrix, Rolling Stone dan lain-lain.
 
Full Name : Erick Patrick Clapton
Lahir : Replay, Surrey, England, UK 30 Maret 1945
Zodik : Aries
Kebangsaan : England
Genres : Blues, Rock
Afiliasi : Erick Clapton Solo
Instrument : Gitar, Vocal
Tahun Aktif : 1962 – Sekarang 

8. Jimmy Hendrix #3

10 Gitaris Rock Legenda Dunia"Yang akan saya lakukan hanyalah melanjutkan dan melakukan apa yang saya rasakan", /Jimmy Hendrix

Jimmy Hendrix paling dominan dengan permainan gitar blues refleksi yang banyak ditiru gitaris-gitaris diseantero jagad raya.

Meskipun karir utamanya hanya berlangsung selama empat tahun, ia secara luas dianggap sebagai salah satu gitaris yang paling berpengaruh dalam sejarah, dan menjadi salah satu musisi paling terkenal di abad ke-20.

Tidak lekang oleh waktu, inspirator bagi para gitaris diseluruh dunia. Itulah kira-kira yang bisa digambarkan dari sosok Jimmy Hendrix. Hall of Fame Rock and Roll menggambarkannya sebagai "instrumentalis terhebat dalam sejarah musik rock".
 
Full Name : Johnny Allen Hendrix
Lahir : Seattle, Washington, USA 27 Novmber 1942
Zodik : Capricorn
Kebangsaan : Amerika Serikat
Genres : Rock, Psychedelic Rock, Hard Rock, Blues, R&B
Afiliasi : Jimmy Hendrix Experience
Instrument : Gitar, Vocal
Tahun Aktif : 1963 – 1970 

9. Brian May #2

10 Gitaris Rock Legenda Dunia“Gitar adalah senjata saya, perisai saya untuk ide di belakang”, /Brian May.

Brian may seorang musisi asal British yang juga salah satu pendiri grup band legendaris queen. pembentukan mereka pada tahun 1970 dan perekrutan pemain bass John Deacon.

Dari pertengahan 1970-an hingga awal 1990-an, Queen adalah kehadiran yang hampir konstan di tangga lagu Inggris dan memainkan beberapa tempat terbesar di dunia, terutama memberikan kinerja yang terkenal di Live Aid pada tahun 1985.

Sebagai anggota Queen, May dianggap sebagai musisi virtuoso dan dia diidentifikasi dengan suara khas yang diciptakan melalui karya gitar berlapisnya, sering menggunakan gitar listrik buatan rumah yang disebut Red Special

Sebuah jajak pendapat Planet Rock melihat May terpilih sebagai gitaris ketujuh terbesar sepanjang masa. Ia menduduki peringkat di No 26 di Rolling Stone daftar 100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa.

Pada tahun 2012, ia menduduki peringkat gitaris terbesar kedua di Polling pembaca majalah Guitar World. Pada tahun 2001, May dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota Queen dan pada tahun 2018 band ini menerima Grammy Lifetime Achievement Award.

Full Name : Sir Brian Harold May
Lahir : Hampton, United Kingdom July 19, 1947
Zodiak : Cancer
Kebangsaan : United Kingdom
Genres : Glam Rock, Hard Rock, Progresive Rock
Afiliasi : Queen Band
Instrument : Guitar, vocal, keyboard
Tahun Aktif : 1963 – Sekarang

10. Eddie Van Halen #1

10 Gitaris Rock Legenda Dunia“Sebenarnya ada 3 bagian dari proses kreatif. Pertama ada inspirasi, lalu ada eksekusi, dan akhirnya ada rilis”, /Eddie Van Halen.

Eddie Van Halen bukan hanya seorang yang piawai dalam bermain gitar, tapi juga layak disebut sebagai gitaris terbaik nomor satu didunia. Secara otodidak menguasai gitar, ia juga berhasil membawa bandnya Van Halen, pada popularitas teratas pada era tahun 70an.

Bukan hanya itu saja, pada tahun 2012, terpilih sebagai nomor satu dalam polling pembaca majalah Guitar World untuk "100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa.

Sejarah membuktikan, Van Halenlah yang secara umum memperkenalkan teknik typing menggunakan tangan kiri dan kanan pada leher gitar, dalam instrumental Eruption.

Gitaris keturunan indonesia ini adalah pengaruh paling besar sepanjang sejarah music rock, yang mempengaruhi seluruh generasi gitar.

Full Name : Edward Lodewijk Van Halen
Lahir : Amsterdam, Noth Holland, Netherlands 26 Januari 1955
Zodik : Aquarius
Kebangsaan : Amerika Serikat
Genres : Hard Rock, Heavy Metal
Afiliasi : Van Halen
Instrument : Gitar, Keyboard, Piano
Tahun Aktif : 1972 – Sekarang


Sumber Referensi :
https://en.wikipedia.org/