Breaking News

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi Wisatawan

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi Wisatawan

Sebagian orang menjadikan wisata sebagai sebuah hobi.Berwisata dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat pariwisata, maupun pada situs-situs peninggalan sejarah dunia atau tempat-tempat terkenal lainnya.

 Namun, ada beberapa negara didunia ini yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan pergi berkunjung kesana. Berikut ini, 12 Negara Paling Tidak Aman Bagi Wisatawan.


1. Vietnam #12

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanNegara yang pernah berseteru dengan amerika serikat ini, sebenarnya memiliki aset wisata alam yang sangat bagus. Diantaranya yang paling terkenal didunia adalah, hang son doong dan ha long bay.

Ha son doong merupakan situs wisata gua terbesar didunia. Menurut situs lokal vietnam oxalis.com.vn konon, gua hang son doong dibentuk oleh sungai rao thuong yang mengikis batu kapur hingga membentuk terowongan yang sangat besar.

Sedangkan ha long bay adalah sebuah kawasan pantai dengan beraneka ragam jenis pulau. Ha long bay memiliki kurang lebih 1.600 pulau besar, dan beberapa pulau kecil yang membentuk gumpalan batuan kapur putih yang indah dan menakjubkan.

Meski demikian, aset wisata alam ini menjadi pemicu aksi kriminalitas dinegara ini. Kriminalitas dengan korban wisatawan asing banyak terjadi di kota-kota vietnam, yang biasanya melibatkan taksi, cyclo, penjual makanan, agen perjalanan, bahkan hotel.

Hampir semua wisatawan asing yang meninggalkan negara ini mengeluh mengalami tidak kriminalitas, yang paling banyak adalah penipuan menggunakan jasa.

Meski para wisatawan asing divietnam masih tergolong cukup diperhatikan, namun pihak pemerintah vietnam tetap saja masih kesulitan menangani tindak kriminal dinegaranya.

Hal itu karena, banyaknya kasus kriminal yang cenderung tidak dapat ditangani secara hukum. Untuk itu, walaupun traveling dengan rombongan, harus tetap waspada jika berada di vietman.

2. Korea Utara #11

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanKeingintahuan masyarakat dunia dengan negara ini, menjadikan korea utara sebagai salah satu negara yang banyak dikunjungi para wisatawan asing.

Sebagai negara oposisi, korea utara dianggap sebagai salah satu negara yang bisa dikatakan tidak cukup aman untuk menjamin hak-hak para wisatawan.

Sistem pemerintahannya yang dianggap otoriter menjadikan korea utara sebagai negara tertutup dengan tingkat kewaspadaan tinggi terhadap dunia luar.

Bukan karena konfliknya dengan korea selatan, malainkan karena status korea utara yang cenderung mengisolir diri dari dunia luar. Kecenderungan segala hal yang dilakukan dinegara ini, melibatkan pemerintahan dan hukum ketat.

Tak jarang, ketertinggalan masyarakatnya akan perkembangan dunia saat ini, menjadikan negara ini secara ekonomi dan kemanusiaan, sangat tidak terkendali.

Walaupun negara ini tidak melarang kedatangan turis asing, akan tetapi untuk masuk kekorea utara, bukanlah hal yang mudah. Harus melewati proses pemeriksaan yang ketat. Segala barang bawaan harus diteliti dan didaftarkan satu persatu.

Tidak ada yang namanya kitab suci dan barang-barang menyangkut ideologi. Jika demikian, kita harus berhubungan dengan pihak militer korea utara, dan tidak melalui proses singkat.

Selain itu, sepanjang perjalanan dikorea utara, harus dipandu guide khusus yang notabene dari pihak pemerintah. Tidak diperbolehkan mendokumentasikan hal-hal yang berbau kemanusian, seperti makam dan keadaan rakyat jelata.

Bahkan setelah meninggalkan korea utarapun, tak ada jejak dipaspor. Visitor card pun ditarik. Tak terdeteksi kalau kita pernah ke korea utara. Tak ada bukti, kecuali foto. Hal ini menyebabkan sulitnya proses hukum jika kita tiba-tiba menghadapi masalah di negara ini.

3. India #10

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanBagi para pecinta bollywood, pasti tak asing dengan negara yang satu ini. Bagaimana tidak, film-filmnya sangat menjamur dimancanegara, khususnya diasia tenggara.

Selain budayanya yang khas, india juga menjadi salah satu negara yang memiliki situs warisan dunia sebagai salah satu keajaiban dunia. Taj mahal, adalah monument yang terletak di agra india.

Situs ini sebagai salah satu dari situs warisan dunia yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing setiap tahunnya. Akan tetapi, banyak orang mungkin tidak menyangka, bahwa india merupakan salah satu negara yang rawan terhadap wisatawan asing, khususnya diibu kotanya new delhi.

Di india, walaupun angka pembunuhannya terbilang rendah, namun setiap harinya banyak terjadi kasus kriminal, seperti pencopetan yang sering melibatkan tourist dan wisatawan asing.

Jumlah penduduknya, tercatat sebagai salah satu penduduk tebanyak didunia setelah china, namun tidak tersedia banyak lapangan pekerjaan. Hal yang menjadi faktor penyebab maraknya aksi pencurian dan angka kejahatan di sini cukup tinggi, khususnya terhadap wisatawan asing yang hendak berlibur disana.

4. Peru #9

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanNegara ini adalah negara yang terkenal kental dengan peradaban. Banyak sekali terdapat situs peninggalan bersejarah dinegara ini. Salah satunya adalah manchu pichu, atau dikenal dengan peradaban suku inca yang merupakan salah satu peradaban tertua didunia.

Keragaman budaya dan tempat wisata unik dapat ditemukan dinegara ini. Sayangnya, peru merupakan salah satu negara dengan tingkat kriminalitas terhadap tourist dan wisatawan asing, termasuk tertinggi didunia.

Hampir sama dengan india, tingkat kejahatan di peru cukup tinggi, yaitu di kota lima. Turis maupun wisatawan yang berkunjung ke kota ini, tidak sedikit yang menjadi korban pencopetan.

Aparat penegak hukum di sana sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menekan angka kriminalitas. Tapi setiap harinya tindak kejahatan rupanya masih merajalela.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa negara-negara di amerika latin memang dipenuhi aksi kriminal tertinggi dunia. Jangankan pencurian, tindak kriminal seperti pemerkosaan, produksi dan pengedaran narkoba, geng atau gembong mafia, perampokan dan pembunuhan saja seperti makanan sehari-hari bagi mereka.

Hal tersebut membuat masyarakat mulai gerah dan mulai melakukan aksi main hakim sendiri, yang diharapkan dapat menurunkan tingkat kriminalitas dikota peru.

5. Nigeria #8

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanNigeria terkenal dengan cagar alamnya yang sangat menarik dikunjungi. Salah satu yang paling terkenal adalah yankari national park.

Di taman nasional ini, terdapat kehidupan satwa liar langka yang hidup di alam bebas. Macam-macam keanekaragaman satwa liar dapat kita lihat secara langsung.

Tidak seperti situs wisata lain, nigeria adalah termasuk situs wisata yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan asing dari mancanegara. Tercatat kurang lebih 20 ribu pengunjung tiap tahunnya datang dari berbagai negara.

Akan tetapi, nigeria sampai sekarang masih saja dianggap sebagai salah satu negara yang tidak dapat sepenuhnya menjamin keamanan para wisatawan asing.

Sebagai negara di afrika yang paling padat, nigeria dianggap sama seperti rusia dalam hal perdagangan manusia. Menurut the thomson reuters foundation, sudah puluhan ribu perempuan nigeria dijual ke eropa untuk kebutuhan seksual.

Parahnya lagi, ada banyak kelompok hak asasi manusia yang menuduh militer negara melakukan penyiksaan, pemerkosaan, dan membunuh warga sipil.

Aksi penyiksaan dan eksploitasi seksual terhadap anak di bawah umur sangat lumrah terjadi. Tak hanya itu, diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, etnik dan agama membuat negara ini semakin kacau.

Pertahanan dan keamanan yang lemah, dibarengi dengan praktek korupsi dalam tubuh pemerintahan, meyebabkan angka kriminalitas dinegara ini cukup tinggi. Hal ini mengancam keselamatan para wisatawan asing yang datang berkunjung.

6. Filiphina #7

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanSalah satu wisata alam negara filiphina yang terkenal sampai kemanca negara adalah kawasan falls. Letaknya berada di dalam area pegunungan barangay matutinao, badian, central visayas, sekitar 130 km sebelah selatan dari pusat kota cebu, filipina.

Daerah ini adalah wisata air terjun yang tiap tahunnya ramai dikunjungi wisatawan asing. Meski begitu, dengan wisata alam yang menakjubkan, negara ini selalu saja terjadi konflik yang mengerikan.

Banyak kasus kriminalitas di ibu kota filipina, manila. Semua orang, termasuk pemilik penginapan dan staf informasi di terminal EDSA-pasay, selalu mengingatkan untuk berhati-hati.

Bahkan, saat masih di kota davao, sebelum melanjutkan perjalanan ke manila, warga di sana sudah mengingatkan untuk berhati-hati karena tingkat kriminalitas di metro manila, cukup tinggi.

Perjalanan menelusuri kawasan metro manila pun tidak bisa dinikmati sepenuhnya, lantaran sejumlah informasi negatif. Mulai dari pencopetan, dibius sampai dengan pelecehan seksual.

Dalam laman gobackpacking.com disebutkan bahwa di manila sering sekali terjadi penipuan terhadap turis, di antaranya melalui teknik pembiusan melalui obat yang dicampurkan dalam minuman. Biasanya, ada warga lokal yang pura-pura akrab dan baik hati, sehingga turis menaruh rasa percaya dan mengajak orang tersebut makan dan minum.

Tanpa disadari, saat itulah si pelaku menjalankan aksinya. Bukan hanya itu, pemerintah filiphina sedang giat-giatnya memerangi narkoba dan terorisme di marawi dengan ISIS. Begitu banyak kondisi konflik sehingga menjadikan filiphina sebagai destinasi wisata yang mungkin perlu diwaspadai.

7. Meksiko #6

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanMeksiko terkenal dengan pantainya dan tempat-tempat indah dan unik. Salah satu yang merupakan situs wisata tenama dunia yang ada dimeksiko adalah naica mine.

Ini adalah gua kristal raksasa yang terhubung dengan tambang naica 300 meter (980 ft) dibawah permukaan kota naica, chihuahua, meksiko.

Dalam tahun-tahun terakhir ini, pariwisata meksiko cenderung sepi terkait perang pihak kepolisian dan geng kartel-kartel meksiko yang tak kunjung usai.

Meksiko cukup dikenal sebagai negara sarangnya mafia, banyak sekali gangster serta mafia yang menjamur di sana. Mexico city sendiri merupakan pusatnya tindakan kejahatan, yang sering kali terjadi di negara tersebut.

Setiap harinya banyak terjadi kasus pembunuhan, pencurian, tidak jarang di sana juga kerap terjadi kasus penculikan. Kekerasan yang terjadi di meksiko disebabkan oleh banyak hal, di mana perdagangan obat-obatan terlarang termasuk salah satunya.

Walaupun angka pembunuhan dimeksiko tidak sebesar dibrazil, jamaika dan venezuela, akan tetapi, bagi turis asing yang ingin berkunjung kesana, sebaiknya waspada, karena tak jarang kasus kriminalitas disana melibatkan para wisatawan.

8. Brazil #5

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanJika kita berbicara mengenai brazil, mungkin akan sangat familiar dengan sepak bola. Bagaimana tidak, juara dunia sepakbola 5 kali ini menjadi salah satu icon negara sepakbola dunia.

Banyak pemain sepakbola hebat yang lahir dari negara ini, seperti pele, ronaldo, dan sekarang neymar. Selain itu, brazil juga terkenal dengan eksotismenya yang khas, seperti tari samba dan capoeira yang menjadi salah satu icon budaya dunia.

Tidak hanya itu, brasil juga memiliki situs wisata indah yaitu fernando de noronha. Salah satu wisata alami yang popular dimancanegara.

Akan tetapi, segala kekaguman itu hilang tatkala kita mengetahui kondisi asli negara tersebut. Tentang kerawanan kriminalitas di brazil, bukan rahasia umum bagi turis lokal maupun turis mancanaegara.

Tingkat kriminalitas diibukota rio de janeiro sangat tinggi, bahkan sampai puluhan kali lipat dari negara-negara lain. Pembunuhan adalah kejadian fatal yang kerap menimpa para pelancong saat perampokan.

Orang-orang sering menjadi korban pembunuhan akibat perampok frustrasi ketika tak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Fenomena lain, adanya peningkatan eskalasi kejahatan dikota-kota besar brazil.

Akhir-akhir ini beredar istilah "Arrastao" (pukat) yang berarti tangkapan besar. Ini adalah operasi barisan pencuri yang bersiaga di pantai. Mereka merampok sasaran dengan operasi secepat kilat.

Pencopet dikota rio de janeiro yang dijuluki 'tikus' tak kalah hebat dengan pesulap legendaris david copperfield. Telepon anda akan raib sebelum anda dapat mengatakan 'abrakadabra'.

9. Jamaika #4

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanNegara kelahiran bob marley ini, mungkin tidak terdengar asing ditelinga kita. Musik regae menjadi ciri khasnya. Beragam budaya dan panorama, adalah daya tarik wisatawan asing setiap tahunnya datang berkunjung.

Golden eye hotel, St. mary sebagai salah satu situs wisata ternama didunia, yang menyajikan nuansa eksotis layaknya didaerah tropis. Sayangnya, kebudayaan dan panorama indah tidak dibarengi dengan keamanan untuk para wisatawan.

Sejumlah kasus kriminal, seakan tidak pernah lepas menjadi pemberitaan dimedia masa. Selama bertahun-tahun, jamaika menjadi pusat terror dan konflik pemerintah dan gembong narkoba.

Kejadian tragis mencatat pada bulan juni 2010 sedikitnya 60 orang tewas dalam bentrok antara pasukan keamanan Jamaika dengan kelompok pedagang narkoba. Pertempuran itu merupakan imbas perburuan gembong narkoba terkenal, christofer dudusco.

Negara ini, memiliki rata-rata pembunuhan 5 kasus dalam satu harinya, khususnya didaerah kingston, montego bay, dan spanish town. Dikutip dari times, sebanyak 1.350 pembunuhan, 1.216 baku tembak, 449 perkelahian, dan 480 kasus pemerkosaan yang terjadi di Jamaika sepanjang tahun 2016.

Bahkan beberapa turis asingpun sempat menjadi korban pembunuhan tragis saat berwisata dinegara tersebut.

10. Venezuela #3

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanVenezuela memiliki situs wisata alam yang terbilang unik yaitu mount roraima. Dikatakan unik karena datar seperti permukaan meja yang berada di awan dan tingginya mencapai 400 meter.

Selain itu, venezuela juga terkenal penghasil model-model cantiknya yang mempesona. Akan tetapi, negara telenovela ini, sudah tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat kriminalitas tertinggi didunia. Sehingga tentu saja akan sangat berbahaya bagi para traveler.

Kemiskinan yang jadi sebabnya hingga negara ini terancam bangkrut!. Kekurangan bahan makanan, air dan listrik membuat kejahatan sangat merajalela di venezuela. Perampokan, penculikan hingga pembunuhan adalah makanan sehari-hari warga venezuela.

Penculikan dilaporkan terjadi setiap 6 jam sekali, sedangkan angka pembunuhan dengan rasio 100 orang setiap 100 ribu penduduk. Setelah diurutkan sesuai skor, hasilnya menunjukkan, jika venezuela menempati posisi buncit dan pernah didaulat sebagai negara yang paling tak aman.

Tingkat kepercayaan masyarakat Venezuela terhadap kepolisian hanya mencapai angka 14 %. Rekor ini bukan yang terburuk bagi Venezuela, tapi tergolong paling buruk di antara negara-negara lain selama satu dekade terakhir.

Salah satu negara di kawasan amerika tengah ini punya rekam jejak kekerasan dan kriminalitas yang panjang. Turis-turis jarang yang mau berkunjung ke sana meski punya potensi wisata yang aduhai.

11. Afrika Selatan #2

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanNegara ini memiliki salah satu wisata alam yang khas. Kalau di jepang bunga sakura, maka diafrika jacarandas walk. Hal ini membuat banyak para wisatawan asing ingin berkunjung kenegara ini.

Apalagi setelah piala dunia yang digelar tahun 2010 silam. Meski begitu, afrika selatan menyimpan sejumlah kasus kekerasan khususnya terhadap turis asing.

Menurut data, di afrika selatan terjadi hampir 50 kasus pembunuhan dengan 40 korban jiwa dari 100.000 penduduk setiap harinya, terdapat satu anak yang diculik setiap 5 jam, dan satu dari 3 perempuan mengalami pemerkosaan.

Namun selama 20 tahun terakhir, negara ini telah mengalami perbaikan ketika angka pembunuhan turun 20%, dan angka kekerasan turun sekitar 10%.

Akan tetapi, tetap saja negara ini belum sepenuhnya menjamin keamanan bagi wisatawan asing. Lebih dari 5300 senjata api dicuri dari gudang senjata milik polisi selama dua tahun terakhir.

Banyak orang menganggap negara ini tidak aman, termasuk para turis. Sejumlah kejadian pembunuhan yang menimpa turis asing pun sempat menjadi berita di sejumlah media dunia.

Kekerasan yang terjadi di afrika selatan sama seramnya dengan yang terjadi di brazil dan Jamaika. Perampokan, pencurian, penjambretan dan pemalakan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang harus dihadapi warga.

Tidak heran, penduduk di sana pun melengkapi diri mereka dengan senjata api, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kejahatan.

12. Ukraina #1

12 Negara Paling Tidak Aman Bagi WisatawanNegara ini memiliki salah satu objek wisata ternama dunia yang disebut masyarakat setempat yaitu love of tunnel. Adalah trowongan jalur kereta api yang menakjubkan seperti di negri dongeng.

Trowongan ini banyak menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, yang ingin sekedar mengabadikan momen ditempat ini yang sangat indah.

Tidak seperti terowongan lain pada umumnya yang terbuat dari tembok atau berupa gua, melainkan terbuat dari pepohonan hijau yang khas sepanjang 3 km.

Walaupun dengan objek wisata ternama didunia ini, ukraina dianggap sebagai salah satu negara yang berbahaya bagi para wisatawan asing berdasarkan laporan yang dibuat oleh IEP.

Daerah-daerah diukraina seperti crimea, donetsk oblast, lunask oblast sedang diperebutkan antara pemerintah ukraina dengan separatis yang ingin memisahkan diri.

Pertempuran seperti ini menjebak warga sipil dalam pertarungan tiada ujung. Perang di timur ukraina telah berjalan selama lebih dari tiga tahun. Perang ini sempat mereda, tapi kemudian kembali memanas.
 
Menurut perkiraan PBB, jumlah korban perang di timur ukraina tak kurang dari 9.800 jiwa. Angka ini termasuk para tentara dan warga sipil, serta 298 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat Boeing-777, yang ditembak jatuh di wilayah donetsk pada 17 Juli 2014 lalu, dan menewaskan seluruh penumpang.

Diitambah lagi perang yang sudah dalam skala besar saat ini melibatkan Rusia secara langsung. Sudah lebih dari 100 ribu orang korban perang yang dimulai februari 2022 ketika presiden Rusia Vladimir Putin mengumumka oprasi militer di kiev ibu kota Ukraina.

Hal ini semakin menjadikan Ukraina bukan saja sebagai daerah yang tidak aman bagi wisatawan asing, tapi juga terlarang.



Suber Referensi :
http://www.tribunnews.com/