Breaking News

17 Jenis Aliran Seni Lukis

17 Jenis Seni Lukis Dan Sejarahnya

Kemunculan seni lukis sebenarnya sudah sejak dahulu kala, dimana seni ini menjadi salah satu bagian dari seni rupa yang diekspresikan melalui bidang dua dimensi, sperti papan, kertas, kanvas dan lain-lain.

Seni lukis memiliki aliran yang beragam, dan berkembang seiring perkembangan zaman. Seni ini juga lebih mengedepankan ekspresi dari sang seniman, sehingga kental dangan kesan artistic dan dramatis. Berikut 17 Jenis Aliran Seni Lukis dari masa ke masa.
 

1. Klasikisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaAliran Klasikisme adalah aliran pemikiran yang muncul di Eropa yang ditandai dengan gaya arsitektur klasik Eropa, sekitar tahun 3000 SM ( jaman Yunani ) sampai abad ke – 17 dan 18 ( Jaman Barok dan Rokoko ), dan aliran ini memberi pengaruh kuat kepada kebudayaan saat itu secara keseluruhan.

Aliran seni ini menampilkan gambar secara klasik, serta mempunyai karakter dan ciri tersendiri. Aliran ini sangat diminati, karena memiliki arsitektur unik, klasik dan dianggap sebagai arsitektur yang bermutu tinggi, sehingga gaya baru ( neo klasikisme ) seakan hilang dan aliran klasikisme semakin kuat.

2. Abstraksionisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaSecara bersejarah, seni lukisan abstrak sangat terikat dengan sketsa. Warisan prasejarah membuktikan bahwa dari ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia sudah mulai menciptakan gambar pada tembok-tembok gua untuk melukiskan bentuk-benting penting dari kehidupan mereka.

Seni Abstrak adalah salah satu jenis kesenian kontemporer yang tidak memvisualisasikan wujud dalam dunia murni, tetapi memakai warna dan wujud dalam cara non representasional.

Lukisan abstrak merupakan bentuk khayalan seni yang di buat oleh seniman dalam memilih dasar bentuk wujudnya, sehingga bentuk dari rupanya menjadi eksklusif, yang tidak akan diingat meskipun ditemui dalam alam konkret.

3. Realisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaRealisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Prancis pada pertengahan abad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.

Realisme menjadi terkenal sebagai gerakan kebudayaan di Prancis, sebagai reaksi terhadap paham Romantisme yang telah mapan di pertengahan abad 19. Gerakan ini biasanya berhubungan erat dengan perjuangan sosial, reformasi politik, dan demokrasi.

Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya, sebagaimana tampilan dalam kehidupan sehari-hari, tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu.

Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa untuk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Realisme kemudian mendominasi dunia seni rupa dan sastra di Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat di sekitar tahun 1840 hingga 1880. Penganut sastra realisme dari Prancis meliputi nama Honoré de Balzac dan Stendhal. Sementara seniman realis yang terkenal adalah Gustave Courbet dan Jean François Millet.

4. Gotik

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaSeni Gotik adalah gaya seni abad pertengahan bagian seni Romawi yang berkembang di Prancis Utara pada abad ke 12 Masehi. Seni Gotik kemudian menyebar ke semua Eropa sampai abad ke-16.

Seni gotik biasanya digunakan untuk menentukan periode seni di semua masa. Pada awal perkembangan seni Gotik, yang paling terkenal adalah patung-patung monumen yang umumnya dibangun di dinding Katedral dan biara.

Seni ini juga lebih dominan dan kental dengan nuansa kekristenan yang sering tampak di Alun-alun sepanjang Eropa di Abad Pertengahan. Seperti seni Romawi, seni Gotik dicirikan sebagai seni religius

Kristen dan Maria yang luar biasa; dapat diamati dalam patung, lukisan dan bahkan dalam esensi simbolis dari kaca patri gothic dari katedral.

5. Naturalisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaJohn Amos Comenius seorang filsuf yang hidup pada abad ke-16, tepatnya tahun 1592-1670, dianggap sebagai seorang filsuf yang pertama kali memperkenalkan aliran naturalisme dalam pendidikan.

Naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam.

Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah, pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam. Ini seni lukis yang menyerupai realisme, tapi ditambahkan menjadi lebih indah.

Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker, yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini.

6. Romantisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaAliran seni ini, berawal dari sastra dan merambah hingga ke gerakan intelektual secara umum pada abad 18, pada masa revolusi industry di eropa barat.

Istilah Romantisisme pertama kali digunakan di Jerman pada akhir 1700-an oleh para kritikus August dan Friedrich Schlegal yang menulis buku kritik berjudul romantische Poesie (puisi romantik). Dan digagas oleh penyair inggris William Wordsworth di tahun 1815-an.

Romantisisme sudah mulai mengeksplorasi bentuk estetis lain yang tidak hanya mencari keindahan suatu objek belaka, tapi juga menggali nilai luhur yang agung dari suatu subjek, sebagai pengganti kecantikan dan keindahan fisik.

Aliran Romantisme merupakan aliran seni lukis yang berusaha menampilkan suatu lukisan dengan indah dan fantastik. Aliran Romantisme melukiskan tentang suatu hal yang bersifat romance, seperti sebuah tragedi, sejarah maupun pemandangan alam.

7. Impresionisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaAliran Impresionisme muncul dari abad 19 yang dimulai dari sekelompok seniman yang berbasis di Paris pada tahun 1860an. Nama ini awalnya dikutip dari lukisan Claude Monet, "Impression, Sunrise" ("Impression, soleil levant"). 

Impresionisme merupakan seni lukis dengan sapuan kuas yang relatif kecil, tipis, namun terlihat, komposisi terbuka, penekanan pada penggambaran cahaya yang akurat dalam kualitasnya yang berubah-ubah (sering menonjolkan efek berlalunya waktu), materi pelajaran biasa, inklusi gerakan sebagai elemen penting dari persepsi dan pengalaman manusia, dan sudut pandang yang tidak biasa.

Perkembangan impresionisme dalam seni visual segera diikuti oleh gaya analog di media lain yang kemudian dikenal sebagai musik impresionis dan sastra impresionis.

8. Pointilisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaPola seni ini dimulai sekitar tahun 1880-an, yang mana ‘Pointilisme’ merupakan nama yang diberikan kemudian dimaksudkan untuk mengejek gaya tersebut.

Pointilisme disebut pertama kali dengan nama divisionisme. Dengan karakteristik warna-warna yang bukan merupakan warna primer, dibentuk secara visual dengan mendekatkan beberapa warna primer.

Sementara pointilisme menggambarkan sebuah objek menggunakan titik-titik. kecil untuk menciptakan bentuk dan struktur, dengan maksud, memanipulasi ketidaksensitifan mata dalam meneliti detail kumpulan titik, hingga mampu memberikan kesan keberadaan bidang atau warna baru.

9. Fauvisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaFauvisme merupakan aliran dan gaya seni yang berkembang di Perancis pada akhir abad ke-19. Aliran seni rupa (lukis) ini merambah pula sampai ke beberapa tempat di Eropa, dengan landasan kekaryaan berpegang pada konsep ekspresionisme yang telah dipelopori van Gogh.

Konsep dasar fauvisme disebut pertama kali pada tahun 1888, dari komentar Paul Gauguin kepada Paul Sérusier. "Bagaimana kau menginterpretasikan pepohonan itu? Kuning, karena itu tambahkan kuning.

Lalu bayangannya terlihat agak biru, karena itu tambahkan ultramarine. Daun yang kemerahan? Tambahkan saja vermillion."

Aliran Fauvisme tidak memperlihatkan teknik yang sama dan konsisten, tetapi selalu mengandung ciri-ciri yang sama yaitu kekuatan warna, garis blabar yang putus-putus, dan penampilan yang serba tidak teratur (disorganized appearance).

Fauvisme adalah aliran yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang hendak dilukis.Tidak seperti karya impresionisme, pelukis fauvis berpendapat bahwa, harmoni warna yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam tersebut.

10. Ekspresionisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaGerakan aliran Ekspresionisme berlangsung dari sekitar 1905 hingga 1920 dan menyebar ke seluruh Eropa bahkan dunia. Pengaruhnya akan terasa sepanjang sisa abad ini dalam seni Jerman. Akar Ekspresionisme dapat ditelusuri ke seniman Post-Impresionisme seperti Vincent Van Gogh.

Istilah aliran Ekspresionisme juga pada awalnya sering digunakan untuk mengkategorikan para seniman Post -Impresionisme. Itu sebabnya mengapa Vincent Van Gogh juga sering disebut sebagai pengusung aliran Ekspresionisme.

Vincent juga dapat dikatakan sebagai seorang ekspresionis, Karena ia merupakan salah satu Tokoh penting dari kemunculan aliran ini. Para Ekspresionis hanya berusaha untuk mengekspresikan dunia yang diingat dan dirasakan oleh mereka.

11. Kubisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaDalam karya seni kubisme, benda dipecahkan, dianalisis, dan diatur kembali dalam bentuk abstrak—daripada menampilkan objek dari satu sudut pandang, dimana seniman menampilkan subjek dari berbagai sudut pandang untuk menjelaskan subjek dalam konteks yang lebih besar.

Cabang pertama kubisme, yaitu Kubisme Analitis, adalah gerakan seni radikal dan berpengaruh yang muncul antara 1907 dan 1911 di Prancis. 

Kubisme adalah sebuah gerakan seni avant garde abad ke-20 yang dirintis oleh Pablo Picasso dan Georges Braque. Gerakan seni ini membuat revolusi dalam lukisan dan pahatan Eropa, dan menginspirasi gerakan sejenis dalam musik dan sastra.

12. Dadaisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaBerawal dari sekumpulan artis muda Eropa yang muak terhadap pemikiran-pemikiran konservatif yang menyeret mereka ke perang dunia ke 1 kala itu.

Mereka hendak membuat sebuah pergerakan yang menegaskan oposisi mereka terhadap permasalahan-permasalahan di Eropa kala itu, khususnya pemikiran para borjuis nasionalis dan kolonial kapitalis.

Dadaisme adalah aliran yang tidak ingin membuat suatu karya indah secara fisik, namun bermuatan kritik tajam, pesan perdamaian atau pesan sosial lain dengan cara membuat sindiran tidak langsung, hingga ke ungkapan langsung yang provokatif terhadap kaum-kaum yang dianggap memberikan pengaruh negatif pada kelangsungan hidup manusia.

Aliran dadaisme menggunakan tema-tema yang bertentangan dengan seni tinggi Eropa yang dianggap sebagai aliran mainstream pada masa itu.

Mereka menggunakan tema-tema yang mengerikan, terkadang justru kekanak-kanakan atau naif, hingga ke tema-tema mistis yang menyeramkan, atau apapun yang tidak menunjukan keindahan estetis bergaya seni yang telah mapan sebelumnya.

13. Futurisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaAliran seni futurism didirikan di italia oleh Filippo Thommaso Marinetti, pada tahun 1908. Seni ini terinspirasi dari kehidupan yang berubah karena penemuan mesin yang menghasilkan unsur gerak dan kecepatan, dan sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia di abad ke 20.

Futurisme merupakan aliran seni lukis yang mengimbangi segala sesuatu yang serba cepat dan dinamis. Aliran ini mendukung perkembangan tipografi sebagai unsur ekspresi dalam desain. Artinya bahwa, huruf digunakan sebagai lambang rupa untuk menyampaikan suatu makna. Bagaimana menangkap unsur gerak dan kecepatan dalam lukisan.

14. Surealisme

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaBanyak seniman dan penulis surealis yang memandang karya mereka sebagai ungkapan gerakan filosofis yang pertama dan paling maju.

Surealisme adalah aliran yang menghadirkan kontradiksi antara mimpi dan realita menjadi nyata dalam gambar yang memperlihatkan objek nyata, keadaan yang tidak mungkin terjadi, seperti dalam mimpi atau alam bawah sadar manusia.

Aliran Seni Rupa Surealisme adalah salah satu gerakan yang paling besar di abad ke-20. Alirann ini diproklamirkan oleh Andre Breton, seorang Sastrawan Dada dalam tulisan Manifesto Surealisnya pada tahun 1924. Aliran ini bermula dari dunia sastra, dan berujung menular ke dunia seni rupa.

Beberapa ahli berpendapat bahwa aliran ini telah muncul dari tahun 1917, melalui karya Giorgi de Chirico, the Grand Metaphysical Interior. Lukisan ini menghadirkan pemandangan tengah kota dengan gaya yang tampak seperti halusinasi.

15. Optical

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaMunculnya seni optik tidak terlepas dari berbagai peranan termasuk Bauhaus, konsep konstruktivisme, abstrak geometris yang dasar pemikirannya eksak, matematik, geometris serta bentuk-bentuk tiga dimensional yang pengerjaanya melalui ilmu cahaya dan ilmu warna untuk menampilkan efek kedalaman dan presisi tinggi.

Pada tahun 1930 seniman grafik asal belanda M.C Escher, membuat karya seni Litografi yang dia buat di Italia. Karyanya merupakan pengolahan yang mendasar antara ruang dan prespektif yang sangat unik dengan bentuk-bentuk yang mendetail.

Karya Escher waktu itu berbentuk figur dan latar, dengan melalui pengolahan bentuk ground dan langit menjadi bentuk burung yang tepat dan sempurna.

Seni optikal adalah metode melukis yang memperhatikan interaksi antara ilusi dan menggabungkan pengertian serta penglihatan.

16. Pop Art

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaPop Art merupakan sebuah gerakan seni yang muncul di Inggris pada tahun 1950-an di awal-awal zaman post modern art, zaman di mana semua orang mulai bosan dengan gaya modern. Ini menjadi aliran seni yang mendobrak batas-batas artian seni yang agung.

Pop art yang berasal dari kata popular art adalah aliran seni yang memanfaatkan simbol-simbol dan gaya visual yang berasal dari media massa yang populer seperti surat kabar, televisi, iklan, media sosial, dan lain-lain.

17. Kontemporer

17 Jenis Seni Lukis Dan SejarahnyaSeni Kontemporer adalah perkembangan seni yang terpengaruh dampak modernisasi, dan digunakan sebagai istilah umum sejak istilah Contemporary Art berkembang di Barat sebagai produk seni yang dibuat sejak Perang Dunia II sekitar tahun 1960an.

Seni kontemporer merupakan salah satu jenis dari seni rupa yang terakhir setelah seni rupa tradisional dan seni rupa modern.

Kontemporer juga dapat disebut sebagai masa kini, dimana dalam setiap hasil kesenian yang diperoleh, tidak terikat oleh zaman dahulu dan merupakan dampak dari berkembangnya modernisasi saat ini.

Jika dikupas secara rinci, kontemporer ini terdiri dari 2 kata, Co dan Tempo. Co memiliki arti bersama, sedangkan tempo memiliki arti waktu. Bisa juga diartikan bahwa, kesenian yang dihasilkan mengikuti trend saat ini.
 

Sumber Referensi :
https://serupa.id/
www.wikipedia.org