Breaking News

12 Peradaban Kuno Tertua Didunia

12 Peradaban Kuno Tertua Didunia

Peradaban kuno dapat dikatakan juga sebagai zaman purba, dimana zamaan ini sebagai zaman awal manusia mengenal sistem kemasyarakat, namun masih sangat kental dengan budaya dan praktek-praktek prasejarah.

Sedangkan ilmu pengetahuannya, masih sebatas pada pertahanan diri dan teritori, tapi juga mempengaruhi berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dizaman modern.


Beberapa peradaban kuno masih dipraktekan sampai sekarang, namun sebagian besar telah musnah dan berganti dengan peradaban yang lebih maju. Berikut adalah 12 Peradaban Kuno Tertua Didunia yang pernah ada.

1. Inca #12

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban inca bermula sebagai suku di daerah cuzco, ketika inca pertama bernama manco capac mendirikan kishawn cuzco sekitar tahun 1438 m sampai dengan 1533 m.

Di bawah kepemimpinan keturunan manco capac, inka berkembang dengan menyerap masyarakat di sekitar pegunungan andes dan menjadi kekaisaran terbesar di benua amerika pra kolumbus.

Kekaisaran inca terpecah karena perang ritual untuk memutuskan siapa yang akan menjadi inca hanan dan siapa yang akan menjadi inca hurin dan menyebabkan perang saudara antara huascar dan atahualpa.

Pada tahun 1533, para conquistador yang dipimpin oleh francisco pizarro gonzález mengambil kesempatan dalam keadaan itu untuk menaklukkan sebagian besar wilayah Inka dan menguasai seluruh kawasan andes.

Masa akhir inca tahun 1572, namun tradisi budayanya tetap ada dalam beberapa kelompok etnis seperti orang quechua dan aymara yang sekarang disebut peru.

2. Aztec #11

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban aztec adalah peradaban mesoamerika yang berkembang di kawasan tengah Meksiko pada zaman pascakuno sejak tahun 1300 sampai 1521 masehi.

Peradaban kawasan tengah meksiko mencakup budi daya tanaman jagung, penggolongan masyarakat menjadi kaum ningrat dan rakyat jelata.

Kekaisaran aztek merupakan konfederasi tiga negara kota yang terbentuk pada tahun 1427 masehi yakni tenochtitlan, texcoco dan tlacopan.

Penyembahan terhadap banyak dewa seperit tezcatlipoca, tlaloc dan quetzalcoatl. Sistem penanggalan disebut xiuhpohualli atau tarikh masehi sama dengan system penanggalan 365 hari yang kita gunakan saat ini, namun disisipi sistem penanggalan tonalpohualli dengan jumlah 260 hari.

Yang khas dari orang mexica tenochtitlan adalah dewa perang atau dewa matahari sebagai pelindungnya yang bernama huitzilopochtli, piramida-piramida kembar, dan tembikar yang dikenal dengan sebutan aztec I sampai III.

Masa akhir aztek pada tahun 1519 masehi menjelang kedatangan henan cortes dari spanyol yang bersekutu dengan negara-negara kota lainnya dilembah meksiko, untuk meruntuhkan kekaisaran aztek pada tanggal 13 agustus 1521.

Spanyol mengambil alih meksiko dan menyebarkan ajaran kristen serta membentuk pemerintahan colonial spanyol.

3. Maya #10

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban maya adalah sebuah peradaban yang muncul di mesoamerika, terkenal akan aksara tertulisnya yang berasal dari masa pra-columbus, juga terkenal akan kebudayaannya yang spektakuler, arsitektur, serta sistem matematika dan astronominya yang unik.

Peradaban maya bermula pada periode pra-klasik, yang berkembang pada periode klasik sekitar 250 m sampai 900 m, dan berlanjut sampai periode pos-klasik sampai kedatangan bangsa spanyol di yucatan.

Kekaisaran maya khususnya pada zaman keemasannya, negeri maya adalah salah satu negeri terpadat dan berbudaya paling dinamis di dunia.

Pengaruh maya dapat ditemukan sejauh mexico tengah, lebih dari 1000 kilometer dari pusat negeri maya. Pengaruh ini didapat dari hasil pertukaran budaya serta perdagangan tanpa adanya penundukan eksternal.

Masa akhir maya semenjak kedatangan penjelajah bangsa spanyol conquistadores dan kolonisasi spanyol yang berturut-turut, namun tidak menyebabkan peradaban ini punah.Hanya saja menggeser peradaban maya menjadi lebih kepada era modern

Saat ini, maya dan keturunannya membentuk populasi yang masih mempertahankan tradisi dan kepercayaan, dengan hasil akulturasi dan ideologi katolik roma yang diadaptasi sejak zaman pra-columbus dan masa pos-pendudukan.

Bahasa maya tetap menjadi bahasa utama mereka saat ini. Salah satu bentuk budaya mereka, rabinal achí, yaitu sebuah drama tradisional, dimasukkan ke dalam daftar karya agung warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia oleh UNESCO pada tahun 2005.

4. Norte Chico #9

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban norte chico juga disebut caral atau adalah komunitas pra-colombus yang terdiri dari 30 pusat populasi utama di wilayah yang kini merupakan region norte chico di pantai utara-tengah peru.

Peradaban ini merupakan peradaban tertua di benua amerika (200 m – 1400 m). Nam lain peradaban ini, caral-supe yang artinya berasal dari caral di lembah supe.

Kekaisaran norte chico berlangsung selama lebih dari 1.200 tahun dan dikenal sebagai kebudayaan dengan teknologi canggih tertua di benua amerika yang di wilayah peru.

Tampaknya mereka juga sudah mengembangkan sistem irigasi yang rumit yang belum dikenal pada masa itu. Uniknya, tak ditemukan satu karya seni pun di reruntuhan kota kuno.

Masa akhir norte chico sama seperti peradaban lain pada umumnya yang disebut juga periode alkaik akhir akibat kedatangan colonial colonial yang secara perlahan-lahan menyebabkan populasi penduduk norte chico punah.

Kebudayaannya memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan budaya di amerika selatan sesudahnya. Salah satunya adalah peradaban chavin yang dimulai beberapa ratus tahun setelah jatuhnya norte chico.

Tetapi sama seperti kebudayaan-kebudayaan kuno lainnya, tak banyak bukti sejarah mengenai kebudayaan ini yang ditemukan dan bisa dipelajari.

5. Romawi #8

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban romawi kuno adalah sebuah peradaban yang tumbuh dari negara-kota roma yang didirikan di semenanjung italia sekitar abad ke-8 tahun 753 sm.

Eksistensinya selama 12 abad, kebudayaan romawi berubah dari sebuah monarki ke sebuah republik oligarki sampai ke kekaisaran yang luas dan mendominasi endominasi eropa barat dan wilayah di sekitar laut tengah melalui penaklukan dan asimilasi.

Kekaisaran romawi seringkali dikelompokan sebagai "klasik antik" bersama dengan yunani kuno, sebuah peradaban yang menginspirasikan banyak budaya.

Romawi kuno menyumbangkan banyak kepada pengembangan hukum, perang, seni, literatur, arsitektur, dan bahasa dalam dunia barat dan sejarahnya terus memiliki pengaruh besar dalam dunia sekarang ini.

Beberapa peninggalan kebudayaan romawi yang masih digunakan hingga saat ini adalah arsitektur lengkung dan kubah, serta campuran semennya yang tahan lama, bahasa latin yang menjadi akar dari banyak bahasa di seluruh dunia, angka romawi, dan permainan tic-tac-toe.

Masa akhir romawi yang menyebabkan kemerosotannya adalah karena perpecahan kekaisaran sebelah barat, termasuk hispania, gaul, dan italia dan menjadi kerajaan merdeka pada abad ke-5.

Sedangkan sebelah timur disebut kekaisaran romawi timur yang diatur konstantinopel sebagai raja. Setelah kejatuhan romawi tahun 476 sm adalah awal kelanjutannya zaman pertengahan.

6. Yunani #7

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban yunani kuno sudah dimulai sejak zaman kegelapan tahun 1100 sampai dengan 750 sm. Kemudian dususul periode yunani arkais pada abad ke 8 tahun 750 sm, sampai abad ke 6 tahun 500 sm.

Memasuki abad pertengahan awal, yunani dipimpin oleh negara kota athena dan berhasil menghalau serangan kekaisaran persia.

Peradaban yunani kuno juga sangat berpengaruh pada bahasa, politik, sistem pendidikan, filsafat, ilmu, dan seni, mendorong renaisans di eropa barat, dan bangkit kembali pada masa kebangkitan neo-klasik pada abad ke-18 dan ke-19 di eropa dan amerika.

Kekaisaran yunani memiliki masa keemasan yang bermula saat takluknya athena kepada sparta dalam perang peloponnesos pada tahun 404 sm.

Seiring penaklukan oleh aleksander agung, kebudayaan yunani, yang dikenal sebagai peradaban hellenistik, berkembang mulai dari asia tengah sampai ujung barat laut tengah.

Oleh sebagian besar sejarawan, peradaban ini dianggap merupakan peletak dasar bagi peradaban barat. Budaya yunani memberi pengaruh kuat bagi kekaisaran romawi, yang selanjutnya meneruskan versinya ke bagian lain eropa.

Masa akhir yunani dimulai saat periode Hellenistik yang bermula pada 323 SM, ditandai dengan berakhirnya penaklukan Aleksander Agung.

Diakhiri dengan penaklukan Yunani oleh Republik Romawi pada 146 SM. Meskipun demikian berdirinya kekuasaan Romawi tidak memutuskan kesinambungan sistem sosial kemasyarakatan dan budaya Yunani, yang tetap tidak berubah hingga bangkitnya agama Kristen, yang menandai runtuhnya kemerdekaan politik Yunani.

7. Bharata Khanda #6

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban bharata khanda dalah istilah yang digunakan dalam sastra hindu, meliputi weda, mahabharata, ramayana, dan purana, untuk merujuk kepada area geografis yang pada masa kini merupakan bagian dari negara afghanistan, bangladesh, india, pakistan, nepal, bhutan,sri Lanka, dan myanmar.

Secara singkat, sebagian besar daerah yang kini termasuk asia selatan. Konteks sejarah dalam penggunaan istilah tersebut adalah periode weda (1700–600 sm), mahajanapada (600 sm) dan daerah-daerah pasca kemaharajaan maurya (322 sm), sebagai permulaan bagi zaman keemasan sastra sanskerta klasik.

Kekaisaran bahrata khanda mencakup banyak hal mengenai situasi politik dan keadaan geografi yang dapat disimak dalam kitab mahabharata.

Kitab ramayana juga dapat memberikan sedikit informasi. Sebelum adanya kitab mahabharata, regweda menguraikan situasi politik dan keadaan alam pada masa India kuno.

Zaman keemasan India kuno menurut data klasik terentang selama millenium pertama. Pada zaman prasejarah India, ilmu politik dipercaya muncul bersamaan dengan ditulisnya Weda yang pertama, yaitu Regweda (sekitar tahun 1500 SM).

Masa akhir bharata khanda ketika munculnya Kerajaan Maurya tahun 321 SM. Tidak ada informasi jelas mengenai runtuhnya kekaisaran bharata khanda, namun diperkirakan akibat perebutan kekuasaan.

Setelah zaman mahabharata berakhir, menyusul munculnya zaman purana, yaitu masa penulisan kitab-kitab mitologi, yang juga memaparkan situasi politik dan geografi di sekitar india pada masa itu.

8. Lembah Sungai Indus #5

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban lembah sungai indus sejak tahun 2800 sm–1800 sm, merupakan sebuah peradaban kuno yang hidup sepanjang sungai indus yang sekarang merupakan wilayah pakistan dan india barat yang terdapat sungai saraswati veda yang mungkin kering pada akhir 1900 sm.

Bahasa dan aksara yang mereka gunakan dalam artefak-artefak yang ditemukan di sana masih belum dapat dipecahkan hingga sekarang.

Kota kuno lembah sungai indus diperkirakan didirikan oleh orang-orang dravida. Riwayat mereka tak dapat ditelusuri hingga sekarang. Sehingga menjadi tanda tanya bagi para arkeolog.

Uniknya di kota tersebut tidak ditemukan bangunan untuk kegiatan religius dan tanda-tanda sistem kasta.

Hal ini mengakibatkan para peneliti berspekulasi kalau masyarakat mohenjo daro dan harappa merupakan peradaban yang hidup bergantung sepenuhnya pada ilmu pengetahuan sudah meninggalkan praktik keagamaan dan memiliki filosofi hidup yang tinggi, terlihat dari ketiadaan sistem kasta dalam hierarki social.

Masa akhir lembah sungai indus menurut teori sejak tahun 2000-an SM karena adanya pendatang baru yaitu bangsa arya yang menyebabkan kehidupan bangsa dravida mulai berubah.

Mereka termasuk rumpun berbahasa Indo-Eropa dan berkulit putih. Bangsa Arya ini mendesak bangsa Dravida ke bagian selatan India dan membentuk Kebudayaan Dravida namun, sebagian lagi ada yang bercampur antara bangsa Arya dan Dravida yang kemudian disebut bangsa Hindu. Oleh karena itu, kebudayaannya disebut kebudayaan Hindu.

9. Media Persia #4

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban media persia bermula pada daerah yang sekarang menjadi negara iran, adalah peradaban kaum elarnit, yang telah bermukim di daerah barat daya iran sejak tahun 3000 sm.

Pada tahun 1500 sm, suku arya mulai bermigrasi ke iran dari sungai volga utara laut kaspia dan dari asia tengah.

Dua suku utama dari bangsa arya yaitu suku persia dan suku medes, bermukim di iran. Satu kelompok bermukim di daerah barat maut dan mendirikan kerajaan media.

Kelompok yang lain hidup di iran selatan, daerah yang kemudian oleh orang yunani disebut sebagai persia.

Bagaimanapun juga, baik suku bangsa medes maupun suku bangsa persia menyebut tanah air mereka yang baru sebagai iran, yang berarti tanah bangsa arya.

Kekaisaran media persia dimulai pada tahun 728 sm sampai dengan tahun 531 sm. Kekaisaran ini telah menjadi simbol pendiri bangsa, dan juga kekaisaran Iran, yang yang didirikan oleh koresh yang agung.

Koresh agung juga terkenal sebagai pemerintah pertama yang mewujudkan undang-undang mengenai hak-hak kemanusiaan, tertulis di atas artefak yang dikenal sebagai silinder koresh.

Ia juga merupakan pemerintah pertama yang memakai gelar agung dan juga shah iran. Di zamannya, perbudakan dilarang di kawasan-kawasan taklukannya termasuk persia.

Gagasan ini kemudian memberi dampak yang besar pada peradaban-peradaban manusia setelah zamannya.

Dilanjutkan kekaisaran persia yang diperintah oleh cambyses selama tujuh tahun (531 sm – 524 sm) dan kemangkatannya disusul dengan perebutan kuasa. Akhirnya darius yang agung (524 sm 486 sm) menang, dan dinyatakan sebagai raja.

Masa akhir media persia menyusul atas serangan alexander agung the great dari yunani pada tahun 330 sm. Kekaisaran media persia menjadi sebuah kekaisaran yang terbesar, dan terkuat di dunia zaman itu.

Pencapaian utamanya ialah sebuah kekaisaran besar pertama yang mengamalkan sikap toleransi, dan menghormati budaya-budaya, dan agama-agama lain di kawasan jajahannya.

10. China #3

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban china atau disebut juga peradaban lembah sungai kuning karena pertama kali muncul di lembah sungai kuning (hwang ho atau yang sekarang disebut huang he) kurang lebih tahun 3100 sm.

Disebut sungai hwang ho atau sungai kuning karena membawa lumpur kuning sepanjang alirannya. Pada tahun 2070 sm, dinasti xia menjadi kekaisaran yang pertama kali memerintah seluruh china seperti yang ditulis dalam kronik sejarah kuno.

Kekaisaran china dimulai dengan nama dinasti han yang didirikan oleh kaisar kuning pada tahun 2700 sm.

Dinasti ini memiliki sejarah paling beragam di antara dinasti china yang pernah ada yang kemudian menyebabkan lahirnya banyak dinasti dan berlangsung untuk memerintah china daratan.

Masyarakat china umumnya bercocok tanam gandum, padi, teh, jagung, dan kedelai. Kegiatan pertanian china kuno memang sudah dikenal sejak zaman neolitikum, dan tanaman pangan utama yang ditanam adalah padi.

Pada zaman perunggu, prioritas pokok dalam pertanian rakyat china adalah padi, teh, kacang kedelai, dan rami. Kegiatan pertanian mengalami kemajuan pesat dalam pemerintahan dinasti qin (221-206 sm).

Pada masa itu, masyarakat tionghoa telah menerapkan sistem pertanian yang intensif dengan penggunaan pupuk, irigasi yang baik, dan perluasan lahan gandum.

Masa akhir dinasti han mengalami pergantian antara periode persatuan dan perpecahan politis yang kadang-kadang dikuasai oleh suku bangsa asing (non-Han), yang sebagian besar terasimiliasi ke dalam populasi Suku Han.

Pandangan konvensional terhadap sejarah Tiongkok adalah bahwa Tiongkok merupakan suatu negara yang Pengaruh budaya dan politik dari berbagai wilayah di Asia, yang dibawa oleh gelombang imigrasi, ekspansi, dan asimilasi yang bergantian, menyatu untuk membentuk budaya Tiongkok modern.

Hasil kebudayaan china yang sangat terkenal hingga saat ini adalah tembok besar china yang dibangun pada masa dinasti qin untuk menangkal serangan dari musuh di bagian utara china.

Kaisar qin shi huang menghubungkan dinding-dinding pertahanan yang telah dibangun tersebut menjadi tembok raksasa dengan sepanjang 7000 km dan menadi salah satu aset budaya dunia yang dapat dikunjungi sampai sekarang.

11. Mesir #2

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban mesir kuno adalah suatu peradaban di bagian timur laut afrika. Peradaban ini terpusat di sepanjang hilir sungai nil dengan unifikasi mesir hulu dan hilir sekitar tahun 3150 sm dan selanjutnya berkembang selama kurang lebih tiga milenium.

Sejarahnya mengalir melalui periode kerajaan-kerajaan yang stabil, masing-masing di antarai oleh periode ketidakstabilan yang dikenal sebagai periode menengah.

Kekaisaran Mesir kuno mencapai puncak kejayaannya pada masa kerajaan baru yang diperintah oleh firaun ramsee agung.

Selanjutnya, peradaban ini mulai mengalami kemunduran akibat ditaklukan oleh kekuatan-kekuatan asing pada periode akhir.

Masa akhir mesir pada masa kekuasaan firaun secara resmi sekitar tahun 31 sm, ketika kekaisaran romawi menaklukkan dan menjadikan wilayah mesir ptolemeus sebagai bagian dari provinsi romawi.

Meskipun ini bukanlah pendudukan asing pertama terhadap mesir, periode kekuasaan romawi menimbulkan suatu perubahan politik dan agama secara bertahap dilembah sungai nil, yang secara efektif menandai berakhirnya perkembangan peradaban merdeka mesir.

Akan tetapi peninggalan sejarah peradaban mesir sampai sekarang masih dapat dilihat berupa piramida dan fosil mumi.

12. Mesopotamia #1

12 Peradaban Kuno Tertua DiduniaPeradaban mesopotamia berlangsung dari tahun 3200 sm sampai dengan tahun 20 m. Nama mesopotamia sendiri berasal dari dua kata, yaitu mesos yang berarti tengah dan potamus yang berarti sungai.

Lembah sungai eufrat dan tigris yang subur menjadi tempat kelahiran kota perdagangan yang sekarang disebut irak.

Sungai eufrat dan tigris merupakan sungai yang bersumber dari pegunungan armenia (turki), dan keduanya berada di mesopotamia.

Wilayah mesopotamia secara alami terbagi ke dalam dua bagian, yaitu mesopotamia atas dan mesopotamia bawah atau babilonia.

Bangsa-bangsa yang pernah mengembangkan peradabannya di mesopotamia adalah sumeria, akadia, babolonia, asiria, dan babilonia baru.

Kekaisaran mesopotamia menuju puncak kejayaannya setelah nebukhadnezzar memerintah babilonia dan membangun dinding besar di sekeliling kota, lalu menamai gerbang utama menurut nama dewi Ishtar.

Ia juga membangun Taman Gantung, yaitu taman yang berada di atas kota. Dan juga jembatan besar di atas Sungai Eufrat, dan ziggurat raksasa yang diberi nama Kuil Marduk atau Baal (Menara Babel).

Tanah subur ini telah menumbuhkan banyak peradaban kuno yangg megah yang secara kolektif dikenal sebagai peradaban mesopotamia.

Menurut keyakinan kristen dan yahudi seperti dalam perjanjian lama, ada usaha menghubungkan keluarga abraham (yang lalu disebut "bapa orang beriman" dan diakui oleh tiga agama monoteistik dunia, islam, kristen, dan yahudi dengan mesopotamia.

Dalam kitab kejadian 11:31 dikatakan, pada suatu masa keluarga abraham berpindah dari ur kaśdim ke haran sebelum akhirnya berpindah ke kanaan daerah israel dan palestina sekarang.

Lokasi ur kaśdim biasanya dirujuk pada tell el-muqayyar, situs bekas reruntuhan kota ur kuno dari periode sumeria. Sedangkan haran terletak di bagian utara mesopotamia, di tepi sungai efrat.

Masa akhir mesopotamia setelah raja cyrus II dari Persia menyerang babilonia Kemudian Koresy menyerbu Babilonia dan kemudian merebut kota Babel tahun 539 SM.

Babilonia kemudian diperintah oleh bangsa Persia selama lebih dari dua abad, hingga kemudian ada seorang raja yang masih muda yang bernama Alexander Agung dapat mengalahkan bangsa Persia dan merebut Babel tahun 331 SM, dan kemudian menjadikannya menjadi ibukota.

Biografi :

Urutan peradaban diatas merupakan penilaian dari periode munculnya peradaban masyarakat mula-mula membentuk sebuah masyarakat dinamis.

Tidak ada yang tahu pasti kapan dan dimana awal mula manusia membentuk sebuah pola kehidupan kerukunan.

Namun berdasarkan peninggal sejarah, kita bisa sedikit banyak mengetahui perkembangan periode dari masa kemasa sampai sekarang.